Yamaha Indonesia Ikut Kembangkan Mesin 250cc 3-Silinder Baru?

Yamaha Indonesia Ikut Kembangkan Mesin 250cc 3-Silinder Baru?

Shared by Motovaganza.com for IIMS

JAKARTA, Motovaganza.com – Rumors tentang Yamaha yang tengah merancang mesin 3-silinder crossplane crankshaft untuk motor sport 250 cc kembali merebak. Berita tentang ini sebenarnya sudah pernah muncul 2 tahun silam. Disebut-sebut Yamaha menyiapkan mesin untuk menghadapi Kawasaki Ninja ZX-25R berkonfigurasi 4-silinder dan Honda CBR250RR yang kabarnya akan menggunakan mesin V-Twin.

Informasi kian panas. Gosip yang beredar, Yamaha Indonesia diikutsertakan dalam pengembangan mesin baru ini. Proyek ini tentu hal yang lumrah, sebab di Asia Tenggara pabrik Yamaha di Pulo Gadung, Jakarta, dipercaya memproduksi motor sport 250 cc maupun 300 cc. Selain Eropa, pasar Asia masih menjadi target utama dalam penjualan motor sport seperempat silinder. Kabarnya, mesin yang dikembangkan itu memiliki tenaga maksimum sebesar 50 Hp hingga 60 Hp. Angka yang sesuai dengan lembar data teknis dari Ninja ZX-25R.

Kabar baru ini tentu membuat persaingan motor sport fairing makin ketat. Berita ini juga membuat segmen sport 250 cc bakal naik kelas. Pasalnya, saat ini kita mengenal sport seperempat silinder menggunakan konfigurasi satu silinder dan dua silinder.

Baca juga: Aksesoris Yamaha XSR 155, Mau Café Racer atau Tracker Tinggal Pilih

Yamaha FZR 250

Gunakan FZR 250?

Melansir Gazzetta, Yamaha ingin mengembangkan mesin baru untuk 250 cc. Digadang mereka mengambil basis dari FZR 250, motor legendaris yang sempat terkenal di era 80-an. Mesin 4 silindernya bakal disusutkan menjadi 3 silinder dengan penambahan teknologi terkini.

Sebenarnya bukan hal sulit bagi Yamaha dalam mengembangkan mesin ganjil. Pabrikan Jepang ini sudah memiliki produk dengan konfigurasi silinder ganjil itu, seperti XSR900, MT-09 dan Tracer 900. Yamaha beralasan, tipe mesin itu dipilih lantaran punya torsi yang padat setiap bukaan gas. Selain itu, dikenal memiliki power tergolong dahsyat. Putaran bawah dan menengah lebih prioritas sehingga pas ketika melalui kondisi jalan stop and go.

Baca juga: Yamaha Mekar Service Center, Bengkel Premium dengan Fasilitas Modern

Sementara media asal Vietnam, Motosaigon, menyebut untuk bersaing lawan Kawasaki Ninja ZX-25R, Yamaha R3 2021 memberi serangkaian komponen mumpuni. Sebut saja upside down berkelir emas, dikombinasikan double cakram yang diapit dengan 8 kaliper berjenis radial. Sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System) Dual Channel juga siap digunakan.

Dari rumor yang beredar ini, motor sport baru Yamaha tersebut amatlah menjanjikan. Mesin berkonfigurasi 3-silinder paling bertenaga, sistem pencahayaan full LED, mode berkendara serta quickshift. Ia juga bakal dilengkapi layar TFT modern yang mirip dengan saudaranya Yamaha R1M 2020. Oke lah, kita tunggu saja.

Sumber: Gazzetta, Motosaigon

ZENUAR YOGA | RAJU FEBRIAN

The post Yamaha Indonesia Ikut Kembangkan Mesin 250cc 3-Silinder Baru? appeared first on Motovaganza.

Original Article