Shared by Motovaganza.com for IIMS

VIETNAM, 22 Oktober 2019 – Yamaha sedang bergerak cepat. Selepas MT-25, kini mereka merilis satu lagi motor bergenre naked. Motor tersebut bernama Yamaha FZ-S. Dari desainnya, kita bisa lihat penggunaan tangki bahan bakar besar, dengan lampu depan LED serupa dengan MT-25, saudara tuanya. Terlihat pula aksen air intake di ujung tangki mirip dengan MT-09. Tampak pula shroud yang membuatnya lebih gagah.

Di sektor kaki-kaki, bagian depan menggunakan garpu depan teleskopik. Di belakang menggunakan monoshock. Pengereman sudah menggunakan cakram di depan dan belakang disertai ABS satu kanal. Panel instrument tak berwarna (negative display) dipakai untuk menyampai informasi kecepatan, putaran mesin, bahan bakar, dan odometer.

Beralih ke sektor mesin. Yamaha FZ-S memakai mesin 149 cc air-cooled, fuel-injected, SOHC, 2-valve. Dipadankan dengan transmisi 5-kecepatan, mesin ini menghasilkan tenaga 13,2 ps dengan torsi 12,8 Nm.

Memang tenaga dan torsi tersebut tidak besar, namun cukup untuk komuter. Selain itu, bobotnya cukup ringan sehingga perbandingan tenaga-bobot, dan torsi-bobot terbilang baik.

Sayang, motor ini baru diluncurkan untuk pasar Vietnam saja. Andai Yamaha memasukkannya di Indonesia, maka segmen naked bike 150 cc akan semakin semarak. Apalagi segmen ini sangat berkembang di Indonesia.

Original Article