Yamaha Cygnus X, Skutik Laris yang Mirip FreeGo

Yamaha Cygnus X, Skutik Laris yang Mirip FreeGo

Shared by Motovaganza.com for IIMS

TOKYO, Motovaganza.com – Yamaha menyegarkan skutik Cygnus X versi 2020 untuk pasar Jepang. Motor ini hadir dengan dua warna anyar. Harga yang diusulkan sebesar ¥ 335.500 atau setara Rp 49 jutaan. Banderol ini jauh lebih mahal dibanding model 125 cc yang ada di Indonesia. Siap dirilis April tahun ini.

Kedua warna baru yang ditawarkan adalah Deep Purplish Blue Metallic yang identik dengan tim motor sport Yamaha. Ada grafis sporty di bagian fairing depan dan tiap sisi bodi belakang. Kelir gres lainnya ada Blueish White Cocktail, menekankan cita rasa kemewahan. Sisanya Vivid Red Metallic yang serbamerah, tampak pada pelek dan suspensi ganda belakang. Sedang Black Metallic X masih tersedia seperti biasa, seluruhnya berkelir gelap.

Selain di Jepang, skutik mungil ini juga digemari di Taiwan. Secara bentuk, ia tampak mirip dengan FreeGo yang ada di Indonesia. Wujudnya kompak dan penggunaan pelek berdiameter 12-inchi. Di kedua negara itu, skutik model begini sangat diminati karena lincah kala diajak bermanuver di tengah kemacetan. Beda dengan pasar Indonesia yang lebih didominasi skutik gambot.

Sistem pencahayaan utama, stoplamp dan DRL sudah LED. Cuma sinyal belok saja masih menggunakan lampu bohlam. Lampu depannya unik, bentuk bumerang. Mirip punya Majesty S atau SMax. Sementara sein depan menyatu dengan cover setang. Tampilan buritan justru mirip punya XMax, namun versi mini.

Penampil informasi dilengkapi dengan panel meter multi-fungsi. Isinya informasi lengkap dalam format digital seperti spidometer, takometer, penunjuk BBM, odometer, tripmeter, dan waktu. Bentuknya segi enam dengan lampu latar berwarna biru, memberikan kesan canggih dan berkualitas tinggi.

Baca juga: Masalah di Lampu Rem, Yamaha Recall Aerox 155 dan FreeGo

Bagasi Besar

Ruang penyimpanan besar karena tangki bahan bakarnya berada di bawah. Dan letak pengisiannya persis di samping kompartmen depan. Mirip punya FreeGo di Indonesia dan Majesty S ataupun SMax. Deknya pun rata dan luas, bikin kaki bergerak lebih leluasa. Footpeg belakang bisa dilipat, meningkatkan dari segi estetika.

Suspensi depan masih konvensional dan belakang pakai peredam kejut ganda. Ukuran ban 110/70-12 di depan dan 120/70-12 di belakang. Selaras dengan bodi yang kompak nan stylish. Untuk pengereman, bagian depan pakai cakram berdimensi 245 mm yang dijepit piston ganda, dan belakang 200 mm dengan kaliper tunggal.

Baca juga: Yamaha Majesty S 155 2020 Meluncur, Lebih Keren dari NMax

Mesin

Yamaha menggunakan mesin SOHC 4-tak, kapasitas 124 cc, fuel injection, berpendingin udara dengan sistem penggerak V-Belt. Menghasilkan daya 9,7 hp pada 7.500 rpm dan torsi 9,9 Nm di putaran 6.000 rpm. Skuter kecil bergaya sport ini mampu menjaga konsumsi bahan bakar hingga 43,3 km/liter pada kecepatan rata-rata 60 km/jam. Angka itu didapat berkat sematan Bluecore. Teknologi yang mampu menyempurnakan proses pembakaran, hingga dapat menghemat bahan bakar sampai 50 persen.

Keunggulan Cygnus X ialah dalam hal kepraktisan. Sama seperti saudaranya, SMax. Bagasi yang sangat luas, cukup untuk menyimpan helm full face dan banyak item lain. Ada juga kompartemen penyimpanan di bagian depan. Dilengkapi dengan soket pengisian daya 12V serta tambahan pengait untuk meletakkan barang bawaan. Namun sayang, rumah kunci masih konvensional, belum keyless.

Sumber: Yamaha JP, Techz VN

Baca Juga: Yamaha Cygnus X, Skutik 125 cc Seharga Rp 49 jutaan

ZENUAR YOGA | RAJU FEBRIAN

The post Yamaha Cygnus X, Skutik Laris yang Mirip FreeGo appeared first on Motovaganza.

Original Article