Yamaha Crypton Tangguh, Namun Underbone 4 Tak Pertama Yamaha ini Hanya Sekejap Ketenarannya

Yamaha Crypton Tangguh, Namun Underbone 4 Tak Pertama Yamaha ini Hanya Sekejap Ketenarannya

Shared by Naikmotor.com for IIMS

NaikMotor – Yamaha Crypton merupakan motor bebek 4-tak pertama yang diproduksi oleh pabrikan berlogo garpu tala. Crypton hadir pada tahun 1997 dan hanya mampu bertahan 2 sampai 3 tahun di Indonesia.

Berhasil di segmen motor bebek 2-tak, Yamaha mencoba peruntungannya di segmen bebek 4-tak dengan meluncurkan Yamaha Crypton pada tahun 1997, namun sayang, underbone 4-tak di Indonesia sudah tertutup dominasi Honda.

Mengusung kapasitas mesin 101,8 cc, Crypton sudah menggunakan elektrik stater. Volume tersebut hampir 5 cc lebih besar dari kompetitor (Honda) yang saat itu menggunakan mesin 97cc (C100). Tujuan Yamaha adalah menciptakan bebek 4-tak dengan akselerasi cepat.

Selain kapasitas mesin yang lebih besar dari keluarga bebek Honda, Crypton juga sudah mengadopsi teknologi Engine Balancer. Suatu teknologi untuk meredam vibrasi dari mesin sehingga motor menjadi minim getaran.

Sadar akan ketatnya bersaing dengan bebek 4-tak Honda, pada 1998, Crypton mengalami peningkatan kapasitas mesin menjadi 102 cc serta mencabut rem tromol bagian depan dan menggantinya dengan rem cakram. Namanya juga berubah menjadi Crypton R.

Di bagian “tubuh” Crypton menggunakan body Force-1 dengan piihan warna hitam dan merah. Banyak kalangan berpendapat ini merupakan strategi Yamaha untuk menekan harga jual dengan mengadopsi body yang sama dengan kakaknya. Imbasnya membuat harga menjadi lebih murah dari kompetitor karena minim riset. (Daus/Contrib/NM).

The post Yamaha Crypton Tangguh, Namun Underbone 4 Tak Pertama Yamaha ini Hanya Sekejap Ketenarannya appeared first on Naik Motor | Jurnal Pengendara Motor.