Xpander Rally Team Sabet Juara Umum di Ajang Meikarta Sprint Rally 2020

Xpander Rally Team Sabet Juara Umum di Ajang Meikarta Sprint Rally 2020

Shared by Autos.id for IIMS

Xpander Rally Team mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak, terutama untuk Mitsubishi, Ralliart, kru serta engineer yang terlibat

Jakarta, Autos.id – Xpander Rally Team (XRT) sukses meraih gelar juara umum pada ajang Meikarta Sprint Rally 2020 di Kawasan Meikarta, Cikarang, Jawa Barat, 31 Oktober – 1 November 2020. Posisi yang tercepat dari 73 starter itu diraih setelah berhasil membukukan catatan waktu total 12 menit 23,7 detik. Jarak dengan peringkat kedua mencapai hampir 7 detik. Mitsubishi XpanderAP4 yang menjadi andalan XRT benar-benar mendominasi 5 special stage (SS) yang digelar selama dua hari itu.

Sejak hari pertama, pasangan pereli Rifat Sungkar dan navigator M. Redwan memacu XpanderAP4 dengan maksimal. Mereka mampu mengatasi tantangan lintasan tanpa kendala. Hanya saja, di hari kedua, hujan lebat yang mengguyur Kawasan Meikarta Central Park membuat laju mobil mereka tertahan. Kendati demikian, secara keseluruhan catatan waktu pereli XRT yang turun di kelas M1 itu tidak dapat dikejar pereli lainnya.

“Kami sangat senang dengan hasil yang diperoleh di Meikarta Sprint Rally ini. Mobil tampil prima, tim bekerja dengan kompak, demikian juga dengan kedua pereli kami. Gelar juara umum ini sekaligus menjadi bukti kehebatan Mitsubishi XpanderAP4 yang kami kembangkan sejak tahun lalu,” ungkap Julian Johan, Manajer XRT.

Rifat Sungkar, pereli sekaligus founder XRT juga mengutarakan rasa puasnya. “Sangat-sangat senang dengan hasil yang kami peroleh. Ini event yang kami tunggu-tunggu setelah sempat tertunda sejak awal tahun ini. Dan hasilnya sangat memuaskan. Kami sudah bekerja keras menyiapkan mobil XPANDER AP4 dan semua itu terbayar lunas,” papar Rifat.

Menurut Rifat perfoma XPANDER AP4 yang ia tunggangi benar-benar mumpuni. Waktu tercepat selalu diraih sejak SS1. Hanya saja, hujan lebat yang mengguyur membuat laju tertahan karena lintasan tanah di Meikarta menjadi sangat licin.

“Mobil-mobil di kelas M1 atau penggerak roda empat, start setelah mobil-mobil berpenggerak roda dua. Sayangnya, di satu SS terakhir hujan lebat turun sesaat sebelum kelas M1 dilepas. Akibatnya bagian trek tanah menjadi sangat licin. Agak sulit untuk meraih waktu yang bagus seperti sebelum hujan lebat turun,” tutur Rifat.

Selain itu Rifat Sungkar yang juga pengurus PP IMI untuk Komisi Rally dan Sprint Rally sangat puas dengan terlaksananya ajang motorsport di Meikarta ini. “Event ini sudah ditunggu-tunggu oleh insan motorsport Tanah Air, khususnya roda empat. Menjadi unik dan menarik karena melombakan tiga cabang balap mobil yaitu Sprint Rally, Drifting dan Slalom atau gymkhana. Ini belum pernah terjadi sebelumnya,” ungkap Rifat.

Di akhir event, Rifat Sungkar juga sempat melakukan tandem battle di lintasan drifting bersama drifter Akbar Rais dengan menunggangi Mitsubishi XPANDER AP4.

Original Article