Xpander Rally Team Optimis Hadapi Kejuaraan Sprint Rally Perdananya

Shared by Drivenhype.com for IIMS

Drivenhype – Xpander Rally Team (XRT) menyambut optimis pelaksanaan Meikarta Sprint Rally Drifting & Slalom Series 2020 yang akan diadakan di Meikarta, Cikarang, Jawa Barat pada 31 Oktober – 1 November 2020 mendatang. Event yang menggabungkan tiga jenis motorsport itu menjadi pelepas rindu bagi insan motorsport dalam negeri khususnya roda empat.

Bagi tim XRT sendiri, meski bukan sebuah kejuaraan nasional, event tersebut menjadi event balap yang ditunggu-tunggu. Karena sejak selesainya pesiapan kendaraan yang menjadi andalan Tim XRT yaitu Xpander AP4 pertengahan tahun lalu, belum sekalipun mobil tersebut menunjukkan giginya di sebuah kejuaraan.

“Awalnya kami berencana menurunkan Xpander AP4 pada Kejuaraan Nasional Rally di 2020, namun pandemi Covid-19 membuat semua kejuaraan nasional olahraga di 2020 terpaksa ditiadakan,” ungkap Manajer Tim XRT Julian Johan. “Kehadiran event Meikarta Sprint Rally ini akhirnya menjadi event perdana bagi XRT juga Xpander AP4.”

Menurut Jeje, sapaan akrabnya, Meikarta Sprint Rally 2020 menjadi event penting bagi XRT. Sebab di event inilah Xpander AP4 yang telah menjalani pengembangan sejak akhir tahun silam akan menunjukkan pembuktian yang sesungguhnya dalam ajang kompetisi.

“Meski bukan Kejuaraan Nasional, lintasan di Meikarta cukup unik dan menarik karena terdiri dari dua macam lintasan yaitu gravel dan aspal. Untuk menghadapi tantangan yang ada, performa mobil dan perelinya benar-benar harus prima. Ini event pembuktian bagi XRT. Oleh karena itu XRT sangat serius dalam menghadapi event ini,” ujar Jeje.

Menurut Jeje, event perdana ini juga penting karena dapat memberikan input data bagi pengembangan sebuah mobil MPV yang diubah menjadi mobil reli. Komunikasi dengan pihak Ralliart Selandia Baru sebagai pengembang Mitsubishi Xpander AP4 cukup intens dilakukan dalam menghadapi event Meikarta. Bahkan komunikasi dan pengiriman data tetap akan dilakukan di saat kejuaraan berlangsung.

“Tim Ralliart Selandia Baru akan stand by sepanjang kejuaraan berlangsung. Kami juga akan mengirimkan semua data performance dari Xpander AP4 ke Selandia Baru. Tim di Selandia Baru juga akan siap jika dibutukan untuk melakukan penyetingan secara jarak jauh,” ungkap Jeje.

Sementara itu pereli yang juga founder Xpander Rally Team Rifat Sungkar mengaku gembira menghadapi Meikarta Sprint Rally 2020.

“Event yang ditunggu-tunggu insan motorsport roda empat di tanah air sepanjang 2020 ini akhirnya terlaksana. Event ini banyak keunikannya. Pertama, event ini diadakan dengan menjalani protokol Covid-19, di mana semua pebalap diperiksa kesehatannya secara ketat. Kedua, akan ada tiga jenis motorsport yang dilombakan yaitu Sprint Rally, Drifting, dan Slalom. Ketiga, untuk lintasan reli terdiri dua jenis permukaan gravel dan tarmac atau aspal,” ucap Rifat Sungkar.

Menurut Rifat, adanya dua jenis permukaan berbeda dalam satu lintasan menghadirkan tantangan berbeda, baik bagi mobil maupun perelinya. Hal tersebut yang mendorong dirinya untuk segera berlaga di Meikarta.

Dengan semua persiapan yang dilakukan, baik Jeje maupun Rifat Sungkar optimistis Xpander Rally Team bersama mobil andalan Mitsubishi Xpander AP4 dapat memberi penampilan terbaik di Meikarta. “Dengan persiapan dan uji coba yang sudah dilakukan, saya optimis dapat memberi hasil memuaskan pada event perdana XRT maupun Xpander AP4 ini,” ujar Rifat.

“Saya berterima kasih ke berbagai pihak yang mengupayakan pelaksanaan event ini terutama untuk Pak Fredi Rostiawan sebagai penyelenggara dan pihak Meikarta yang menyediakan areal lintasan balap. Sebagai insan motorsport saya memberi apresiasi tinggi,” pungkas Rifat.

Original Article