Walah, Speedometer Digital Bisa Mengalami Sunburn Jika Sering Terpapar Matahari

Walah, Speedometer Digital Bisa Mengalami Sunburn Jika Sering Terpapar Matahari

Shared by Naikmotor.com for IIMS

NaikMotor – Beberapa sepeda motor lansiran terbaru sudah mengadopsi speedometer digital. Namun, speedometer digital bisa mengalami sunburn akibat paparan sinar matahari

Beberapa sepeda motor lansiran anyar sudah mengusung spidometer digital. Para produsen otomotif beralasan agar motor terlihat lebih moderen. Namun, motor yang sudah menggunakan speedometer jenis digital ternyata rawan mengalami kerusakan jika sering terpapar sinar matahari secara langsung.

“Motor yang sudah menggunakan speedometer jenis digital disarankan tidak parkir di luar ruangan yang langsung terkena paparan sinar matahari secara langsung, karena imbasnya speedometer dipastikan akan mengalami sunburn. Yaitu menghilangnya angka atau petunjuk-petunjuk yang ada di layarnya,” terang Iman selaku mekanik diler Honda di kawasan Ciputat.

Speedometer digital CBR250RR. Foto: Istimewa

Sunburn adalah penyakit yang mengintai panel instrumen atau speedometer motor digital yang sering terpapar sinar matahari secara langsung.

“Biasanya ditandai dengan layar speedometer menjadi buram, kemudian beberapa indikator akan mulai menghilang. Hal tersebut diakibatkan karena cairan liquid yang ada di LCD mengalami penguapan atau berubah sifat secara kimiawi,” imbuh Iman.

Beberapa motor Honda yang sudah mengadopsi speedometer digital antara lain CB250RR, Vario 150 eSP, BeAT Street, CB150R, CRF 150, serta CRF 250. (Daus/Prob/NM).

The post Walah, Speedometer Digital Bisa Mengalami Sunburn Jika Sering Terpapar Matahari appeared first on Naik Motor | Jurnal Pengendara Motor.