Wahana: Cegah Pembegalan, Jangan Lakukan Hal Ini! 

Wahana: Cegah Pembegalan, Jangan Lakukan Hal Ini! 

Shared by Naikmotor.com for IIMS

NaikMotor – Karena pembegalan bisa terjadi kapan saja, di mana saja, dan menimpa siapa saja, ada baiknya kita menghindari hal-hal di bawah ini demi meminimalisir dan mencegah risiko tersebut.

Wahana kembali memberikan tips-tips bermanfaat seputar berkendara, terutama bagi yang menggunakan roda dua. Kali ini, WHM membagikan informasi mengenai upaya untuk mencegah pembegalan yang dikabarkan lebih sering menimpa pengguna motor.

  • Usahakan berkendara sebelum tengah malam.
    Begal sering terjadi larut malam dan dini hari saat jalanan sepi, karena itu sebaiknya Motoris tidak berkendara di jam yang rawan. Jika memang terpaksa pulang larut, usahakan melewati jalan yang ramai dan hindari melalui jalan sepi, apalagi yang berdekatan dengan area hutan atau perkebunan.
  • Kenali jalan yang dilalui.
    Mengenali rute perjalanan juga bisa membantu menyelamatkan diri, lho. Saat menyadari ada yang menguntit, Anda bisa pacu gas motor dan berbelok ke arah lingkungan atau jalanan yang lebih ramai, atau bisa juga berhenti di area yang ramai seperti pos polisi, cafe atau perumahan penduduk.
  • Tetap melaju meski ban pecah tiba-tiba.
    Meski berbahaya, bisa jadi ada begal yang sudah menunggu di suatu tempat. Oleh karena itu, usahakan untuk terus berjalan sampai tempat yang ramai, baru setelah itu cek kondisi ban Anda.
  • Jangan memainkan smartphone.
    Bermain smartphone di jalan selain melanggar aturan lalu lintas, juga bisa menarik perhatian orang jahat. Bahkan orang yang tadinya tidak memiliki niat apapun, bisa tergiur untuk merampas dan mencuri telepon pintar Anda. Selain itu, Motoris juga bisa terjatuh karena kehilangan keseimbangan.

Meski musibah tidak selalu bisa dihindari, Motoris bisa mencegah dan meminimalisir risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dengan selalu waspada dan berhati-hati kapan pun dan di mana pun. (Litha/Prob/NM)

The post Wahana: Cegah Pembegalan, Jangan Lakukan Hal Ini! appeared first on Naik Motor | Jurnal Pengendara Motor.