Wah, Mitsubishi Outlander Baru Pinjam Mesin Nissan X-Trail

Wah, Mitsubishi Outlander Baru Pinjam Mesin Nissan X-Trail

Shared by Autonetmagz.com for IIMS

AutonetMagz.com – Untuk yang belum tahu, Nissan sekarang jadi pemegang saham terbesar di Mitsubishi. Hal ini otomatis membuat Mitsubishi Motors resmi bernaung di bawah atap milik Nissan dan jadi satu rumah dengan merek-merek seperti Renault, Datsun, Infiniti dan Dacia. Makanya jangan heran kalau Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina baru jadi kembar bak Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Mesin Livina saja pinjam punya Mitsubishi.

Namun di dunia sekarang ini, kerjasama antar merek mobil bukan sesuatu yang aneh. Malah, Nissan dan Mitsubishi akan saling bantu ke depannya untuk produk dan teknologi baru. Contoh terbaru adalah Mitsubishi Outlander (Outlander tok, bukan Outlander pakai Sport) generasi baru yang akan dijadwalkan meluncur sekitar tahun 2022. Mobil ini sudah diperlihatkan konsepnya lebih dulu melalui Mitsubishi Engelberg Concept.

Sekarang Mitsubishi sedang menguji unit tesnya, dan melalui dokumen terbaru NHTSA alias Administrasi Keselamatan Transportasi dan Jalan Raya Amerika menunjukkan bahwa Mitsubishi Outlander baru akan meminjam mesin 2.500 cc 4 silinder dari Nissan Rogue, atau yang kita kenal juga sebagai Nissan X-Trail. Mesin Nissan X-Trail punya tenaga sekitar 188 hp, sementara mesin Mitsubishi Outlander biasa adalah mesin 2.400 cc 166 hp. Lumayanlah, naik 22 hp.

Kami paham jika ada yang ingin bilang,”Bikin mesin sendiri dong,” tapi perlu diketahui alasan Mitsubishi meminjam mesin Nissan adalah untuk menghemat biaya pembuatan mobil. Mitsubishi sekarang sedang fokus mengembangkan teknologi mesin listrik, dan bahkan dengan kemajuan teknologi dewasa ini, bikin mesin biasa dari baru tetap mahal. Kala sebagian besar dana Mitsubishi akan dihabiskan untuk membuat mobil listrik, meminjam mesin dari merek lain dirasa masuk akal.

Namun untuk teknologi PHEV, Mitsubishi tetap yakin pada pengetahuannya sendiri. Mitsubishi Outlander generasi baru tetap akan dapat teknologi PHEV dengan mesin 2.400 cc, baterai, 2 motor listrik dan penggerak AWD dengan jarak tempuh lebih dari 600 km. Nah, ada gosip juga bahwa Nissan akan pinjam teknologi PHEV Mitsubishi untuk membuat Nissan X-Trail PHEV yang tentunya bakal jadi hal baru untuk Nissan. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Original Article