Vyrus Alyen, Superbike Fiksi dari Italia dengan Komponen dari Ducati

Vyrus Alyen, Superbike Fiksi dari Italia dengan Komponen dari Ducati

Shared by Naikmotor.com for IIMS

NaikMotor – Vyrus dari Italia membuat superbike yang futuristik dengan memasukan komponen Ducati ke dalamnya. Vyrus Alyen dengan desain seperti dari film fiksi ini menggunakan mesin Superquadro 1285 cc.

Motor dengan desain yang visioner dan inovatif ini berasal dari Italia. Dilansir dari auto HindustanTimes, Vyrus Alyen yang tubuh dan rodanya dibuat dari serat karbon ini mampu menghasilkan tenaga 205 hp/10.500 rpm dari mesin V-Twin Ducati Superquadro berkekuatan 1285 cc yang dikawinkan dengan 6-speed gearbox. Bukan hanya mesin, rodanya juga menggunakan roda Ducati. Mesin pada motor Vyrus ini merupakan mesin yang digunakan dalam Ducati Panigale 2-silinder.

Foto: Vyrus

Vyrus Alyen memiliki sasis magnesium balok ganda dengan desain Double Omega, lalu bukan menggunakan fork konvesional tetapi kemudinya menggunakan sistem hub-centre, serta konfigurasi suspensi yang disebut Hydraulic Wired Steering System. Dengan sistem hubungan pusat di kemudi, hal tersebut akan membuat motor menjadi lebih gesit di tikungan dan pada saat pengereman.

Foto: Vyrus

Hal seru lainnya dalam motor ini adalah Vyrus memberikan seri Alyen handguard komposit yang mampu memberikan sinyal terintegrasi saat belok. Untuk sistem pembuangannya, menggunakan sistem dari seri Vyrus yang lain, yaitu 982 M2. Sistem pengeremannya dipercayakan pada Brembo GP4, lalu suspensi depan-belakang dari Vyrus Push Rod Twin Pivot. Untuk menjaga agar bobot motor tetap rendah, rodanya dari unit karbon Bullet dari Rotobox.

Proyek motor futuristik dari Vyrus ini dipimpin oleh Ascanio Rodorigo. Pengembangan sistem pertama kali dilakukan pada tahun 2004 untuk superbike Bimota Tesi 2D. Sampai saat ini belum ada informasi dari Vyrus tentang berapa unit motor yang akan mereka buat, begitu pula dengan harganya. (Litha/Prob/NM)

Spesifikasi Vyrus Alyen:

Engine type: Ducati 4 stroke 2 cylinders L shaped 90° Desmo drive
Bore: 116 mm
Stroke: 70.8 mm
Displacement: 1285 cc
Compression ratio: 11,3 : 1
Lubrication system: forced by gear pump
Cooling system: Watercooled
Power: 205 cv @ 10.500 rpm
Gearbox: 6 speed
Clutch: wet clutch
Fuel injection: Electronic Injection
Front suspension: Push Rod Twin Pivot Vyrus
Rear suspension: Push Rod Twin Pivot Vyrus
Frame: Vyrus Magnesium double omega design combined with a self supporting composite Body
Steering System: Vyrus Hydraulic Wired Steering System
Caster angle: 17° to 25°
Trail: 84 mm to 112 mm
Front tire: 120/70 ZR 17
Rear tire: 200/60 ZR17
Fuel tank capacity: 11 lt
Wheelbase: 1575 mm

The post Vyrus Alyen, Superbike Fiksi dari Italia dengan Komponen dari Ducati appeared first on Naik Motor | Jurnal Pengendara Motor.