Volkswagen Sulap Pulau di Yunani Jadi Surga EV

Volkswagen Sulap Pulau di Yunani Jadi Surga EV

Shared by Autonetmagz.com for IIMS

AutonetMagz.com – Menurut kalian, apa tantangan utama dari pabrikan mobil untuk mewujudkan penjualan mobil listrik yang masif dalam waktu cepat? Baterai? Harga? Sebenarnya ada banyak faktor yang menghambat populasi EV bertumbuh pesat. Namun, satu yang paling kentara adalah susahnya menghadirkan ekosistem EV di tengah ekosistem mobil ICE yang sudah mendarah daging. Dan VW pun menyadari hal ini sebagai sebuah tantangan, dan mencoba mengatasinya.

Jadi, Volkswagen dan Pemerintah Yunani mengumumkan kerjasama mereka untuk mengubah sebuah pulau kecil di kawasan Yunani, yaitu Pulau Astypalea sebagai percontohan untuk ekosistem kendaraan listrik dan layanan mobilitas terkoneksi. Keduanya menanda-tangani MoU yang isinya adalah menyulap pulau kecil tersebut menjadi surga untuk kendaraan listrik. VW akan bertugas untuk mengganti seluruh kendaraan di pulau tersebut yang asalnya masih ICE menjadi kendaraan listrik. Total, ada 1.500 unit kendaraan ICE yang akan diangkut keluar dari Astypalea. Sebagai gantinya, ada 1.000 unit kendaraan listrik yang akan masuk ke pulau tersebut.

VW juga akan menyediakan layanan ridesharing bertenaga listrik untuk pulau ini. FYI, pulau Astypalea memiliki populasi sebesar 1.300 orang, dan setiap tahunnya selalu ada pengunjung alias turis yang mendatangi pulau kecil ini. Kalau mau dijumlahkan, setidaknya ada 72 ribu turis yang melancong ke pulau ini setiap tahunnya. Oiya, sebagai catatan, VW tidak hanya menyediakan mobil listrik saja di pulau ini, namun juga sejumlah kendaraan listrik lainnya. Salah satunya adalah skuter listrik milik SEAT yang baru saja diperkenalkan. Yap, SEAT masih bagian dari VW AG juga. Tak berhenti sampai disana, kendaraan umum juga akan menggunakan teknologi listrik.

Mulai dari mobil komersial, mobil polisi, dan banyak kendaraan yang digunakan untuk layanan publik juga akan menjadi EV. Nah, dengan beralihnya kendaraan di pulau ini menjadi EV, maka jelas infrastruktur pun akan berubah. VW akan membangun 230 charging point baik yang sifatnya publik maupun private. Herbert Diess, CEO VW Group menyatakan, “Politik, bisnis dan masyarakat memiliki tanggung jawab yang sama untuk mengurangi perubahan iklim. Tujuan jangka panjang kami adalah mobilitas yang climate neutral untuk semua orang. Dan dengan proyek Astypalea, kami akan mengekplorasi bagaimana visi tersebut bisa direalisasikan”

Nah, jelas ini adalah ide yang cemerlang. Setidaknya, ada percontohan tentang bagaimana nantinya ekosistem EV akan terbentuk. Bagaimana menurut kalian?

Original Article