Viral Lelang Motor Listrik Jokowi, Seperti Apa Spesifikasi Gesits?

Viral Lelang Motor Listrik Jokowi, Seperti Apa Spesifikasi Gesits?

Shared by Motovaganza.com for IIMS

JAKARTA, Motovaganza.com – Beberapa hari terakhir viral berita tentang motor listik Gesits dengan tanda tangan Presiden Joko Widodo. Motor buatan lokal yang resminya dibanderol Rp 24,95 juta itu laku seharga Rp 2,55 miliar dalam sebuah lelang. Hanya saja kemudian ada masalah. Belakangan baru ketahuan jika pemenang lelang, M Nuh, hanyalah buruh bangunan asal Sungai Asam, Kecamatan Pasar Jambi, Kota Jambi. Okelah. Terlepas dari berita heboh ini, apa sebenarnya keunggulan Gesits?

Nama Gesits menyita perhatian publik otomotif Tanah Air. Diperkenalkan pada 2017 lalu, motor listrik rakitan Indonesia ini sebenarnya alternatif yang menarik. Sosoknya siap menggantikan kelas 110 cc bermesin bakar. Dari segi dimensi dan komposisinya pun bahkan serupa. Namun punya kemampuan plus lantaran performa ekstra dan tidak menghembuskan emisi.

Sumber tenaga datang dari baterai berkapasitas 5 kWh. Baterai mengisi daya generator serta menerjemahkannya ke roda belakang, lewat tarikan belt. Yang agak berbeda dengan roda dua EV lain, Gesits meletakkan motor listrik di tengah, bukan menyatu dengan roda. Dari situ torsi puncak sebesar 30 Nm bisa muncul sejak awal momentum. Sementara dalam hitungan daya kuda, tercatat tenaga maksimal 6,7 Hp.

Torsi memang jadi titik unggul, tapi kecepatan puncak tak seimpresif mesin bensin. Klaimnya, ia bakal mentok di 70 km/jam. Tapi toh segitu juga sudah cukup untuk mobilitas dalam kota.

Soal jarak tempuh, satu baterai sanggup memberi energi sejauh 50 km. Sebenarnya cukup. Kalaupun kuran, masih ada dua slot baterai di balik jok, sehingga proses pertukaran saat habis begitu mudah. Masing-masing memiliki kemampuan sama. Butuh waktu empat jam sampai daya penuh.

Baca juga: Gesits Terima 1.200 SPK di Telkomsel IIMS 2019

Fitur RBW

Menariknya lagi, Gesits sudah pakai ride-by-wire. Yang tentu memungkinkan motor diset dalam beberapa mode berkendara. Mulai dari Eco, Urban, serta Sport. Tak perlu repot lagi mengatur putaran throttle, demi mengirit konsumsi daya. Komputasi elektronik bakal menerjemahkan tenaga sesuai mode yang dipilih.

Rancang bangunnya sendiri tak berbeda jauh dengan skutik umum. Ditopang struktur tulang belakang, serta didukung fork teleskopik pada bagian depan. Namun peredam belakang memang agak unik. Titik suspensi tunggal justru dipasang di tengah, seperti motor sport. Berikut bisa diatur tingkatan preload-nya. Beda sekali dengan spesies sejenis, yang kerap memasang shock tunggal di salah satu sisi belakang saja, tanpa pengaturan.

Dimensinya tak beda jauh dengan skutik bermesin 150 cc. Panjangnya 1.947 mm, lebar 674 mm dan tinggi 1.135 mm. Sementara sumbu roda berjarak 1,290 mm. Tak ada yang perlu dikhawatirkan. Besarannya tidak terlampau besar maupun kecil. Relevan untuk keseharian. Bobotnya juga cukup ringan, hanya 94,8 kg.

Baca juga: Kelebihan GESITS dan Spesifikasi Lengkapnya

Desain

Secara desain, sosoknya mirip satu skutik laris dari Jepang. Tapi ada identitas khas. Semisal desain fasad, benar-benar modern, dengan tekukan tajam dan detail alur yang mereka buat sendiri. Lampu split LED-nya juga menerjemahkan cahaya dari proyektor, bukan reflektor biasa. Dipermanis DRL dan sein yang jadi satu kesatuan di atas headlight tadi.

Di bagian samping, terdapat kisi-kisi angin di singgungan cover dek hitam dan panel warna bodi. Yang ternyata berguna untuk mendinginkan controller di balik jok. Sedangkan bagian belakang, terlihat stoplamp yang tak lumrah. Dua mika terpisah mengalir hingga ke panel samping. Berani tapi sekaligus harmonis dengan bentuk bodi. Tampak atraktif sekaligus futuristis. Senada dengan jargon niremisi yang mereka jual.

Kelengkapan fitur pun tak kalah modern. Semua informasi dan indikator dirangkum dalam layar digital berwarna. Kecepatan, odometer, suhu ruang kontrol elektrik, petunjuk baterai dan waktu, terpampang di situ. Ditambah lagi data soal jarak tempuh dari sisa daya, serta konektivitas gawai. Sinkronisasi ini memerlukan aplikasi lagi, yang nantinya bisa menampilkan navigasi.

Baca juga: 2 Sepeda Motor Listrik Singapura Siap Masuk Indonesia

Spesifikasi Lengkap Gesits

Drivetrain Throttle Control: Ride-by-wire Electric
Drive Mode: EcoMode/UrbanMode/Sport Mode
Motor: Permanent Magnet Synchchronous Motor 2KW rated 5KW
Tenaga: 6,7 hp @3.600 rpm
Torsi: 30 Nm @0-2.125 rpm
Akselerasi (0-50 km/jam): 5 detik
Kecepatan maksimum: 70 km/jam
Jarak tempuh: 50 km untuk satu baterai, 100 km untuk dua baterai
Dimensi (PxLxT): 1.947 mm x 674 mm x 1.135 mm
Jarak Sumbu Roda: 1.290 mm
Berat: 94,5 kg
Sasis: rangka baja
Suspensi depan: Teleskopik
Suspensi belakang: Alumunium Multi-Link
Rem: cakram depan-belakang
Roda: 80/80 Ring 14/100/80-R14
Lampu utama: HID
Lampu belakang: LED
Hazard: LED

Baca juga OTO: Membedah Spesifikasi Gesits, Motor Listrik Jokowi yang Viral Saat Lelang

HELMI ALFRIANDI | RAJU FEBRIAN

The post Viral Lelang Motor Listrik Jokowi, Seperti Apa Spesifikasi Gesits? appeared first on Motovaganza.

Original Article