Vinfast President : SUV Mewah 2,9 Miliar Asli Vietnam

Vinfast President : SUV Mewah 2,9 Miliar Asli Vietnam

Shared by Autonetmagz.com for IIMS

Autonetmagz.com – Setiap tahun segmen pasar Sports Utility Vehicle (SUV) semakin ketat dimana hampir setiap pabrikan mobil mengeluarkan model SUV baru ataupun memperbarui model lama mereka. Dengan banyaknya pilihan, pasar SUV sudah tersaturasi dan tiap manufaktur harus bisa membuat sesuatu yang unik untuk menarik pelanggan.

Salah satu perusahaan yang ingin menapakkan kaki mereka dalam pasar kompetitif ini adalah Vinfast, manufaktur mobil asal Vietnam. Vinfast baru saja merilis SUV flagship terbarunya yakni Vinfast President. Dengan harga 4,6 juta Dong Vietnam atau sekitar hampir 3 Miliar, dan status limited production run sebanyak 500 unit, apa saja yang ditawarkan Vinfast Presiden untuk para calon pembeli? Yuk kita bahas.

Mulai dari eksteriornya terlebih dahulu, mobil ini menggunakan bahasa desain yang cukup sporty untuk sebuah Luxury SUV. Beberapa ornamen seperti hood scoop, air intake dan velg berukuran besar menegaskan aksen sporty-nya. Untuk bagian fascia, Vinfast memberikan lampu LED DRL (Daytime Running Light) yang terintegrasi dengan grille, memanjang dari satu sisi kanan hingga kiri kemudian membentuk huruf V ditengahnya. Lampu utamanya terletak dibawah DRL-nya, kemudian lampu kabutnya bisa ditemukan dibawah aksen plastik front bumper.

Pindah kesamping, jika kalian sekilas melihat mobil ini, garis bodinya hampir mirip dengan BMW X5. Dan memang benar karena Vinfast President adalah versi mewah dari Vinfast LUX SA 2.0 yang menggunakan platform BMW X5 generasi F15. Terakhir, mari bahas bagian belakang mobil ini dimana Vinfast menerapkan desain lampu sama dengan fascia yakni menggunakan lampu LED yang memanjang dari kanan ke kiri kemudian membentuk huruf V ditengah. Oh iya, untuk eksteriornya, kalian bisa memilih secara custom warna trim mobil seperti warna seperti emas, bronze copper, gunmetal ataupun silver untuk logo, roof rail, running boards, door exterior garnish dan front and rear bumper trim. Kalian juga bisa memilih antara lima warna bodi mulai dari Sunset (orange), Deep Ocean (dark green), Gun Metal, Competition Red dan Purple Rain.

Sekarang kita masuk kedalam interior, kalian akan disambut dengan nuansa kabin premium mulai dari kursi dengan jahitan kulit Nappa Premium dan aksen kayu pada door trim beserta dashboard, membuat kabin Vinfast President terasa mewah setara dengan kompetitor-kompetitornya dari Eropa. Untuk aspek hiburan, Vinfast Presiden memiliki layar infotainment touchscreen sebesar 12,3 inci yang menyalurkan suara ke sound system yangterdiri dari 13 speaker. Instrument cluster-nya terdiri dari layar digital tujuh inci yang menyediakan informasi berkendara kepada sang pengemudi. Beberapa ornamen tambahan untuk melengkapi kabin mewah ini diantaranya ada UV-Resistant Panoramic Glass dan Wireless Charging.

Sekarang kita bahas fitur keselamatan, Vinfast totalitas dengan memberikan fitur seperti brake assist, ABS, EBD, stability control, traction control, hill descent control, hill start assist and roll-over mitigation, blind spot warning, lane departure warning dan kamera 360 derajat. Dan hal terakhir yang patut dibahas adalah dapur pacu si Vinfast Presiden, karena mobil ini menggunakan mesin V8 6.200 cc Naturally Aspirated yang menghasilkan tenaga 420 hp dan torsi sebesar 624 nm. Yap, kalian tidak salah dengar SUV ini menggunakan mesin V8. Vinfast sendiri menyatakan bahwa mobil ini bisa melaju dari 0-100 km/jam dalam waktu 6,8 detik dan memiliki kecepatan maksimum 300 km/jam, cukup impresif untuk sebuah SUV besar.

Semua tenaga mesin ini disambungkan kesemua empat roda melalui sistem full time 4WD menggunakan transmisi otomatis delapan percepatan. Secara keseluruhan, Vinfast Presiden menjadi opsi menarik bagi kalian yang mencari SUV premium diluar merk BMW, Audi ataupun Mercedes-Benz. Dengan bodi yang di desain oleh Pinninfarina, mesin V8 besar, kabin mewah dan jumlah unit terbatas, mobil ini bisa memberikan kalian rasa ekslusifitas tersendiri saat berada di jalan. Bagaimana opini kalian terhadap si Vinfast President? Tulis di kolom komentar ya.

Original Article