TVS Motor Caplok Norton Motorcycle, Dijual Rp 203 Miliar

TVS Motor Caplok Norton Motorcycle, Dijual Rp 203 Miliar

Shared by Motovaganza.com for IIMS

LONDON, Carvaganza.com — Perusahaan India, TVS Motor Company akhirnya resmi mengabil merek legendaris asal Inggris, Norton Motorcyles. Kesepakatan ditandai dengan pembelian Norton seharga 16 juta pound sterling atau setara Rp 309 miliar. Norton memang tengah mengalami kesulitan keuangan. Perusahaan yang berdiri pada 1898, kemudian relaunch pada 2008 itu, tengah diselidiki terkait masalah pajak.

Salah satunya penyebabnya karena Stuart Garner, pemilik Norton dari tahun 2008 salah urus dan dituduh menumpuk utang serta dana pensiun.

Pindahnya Norton di bawah kendali TVS Motor membuat makin banyak merek Inggris yang kini dikuasai India. Sebelumnya ada Royal Enfield yang kini dimiliki korporasi India, Eicher Motors Limited. TVS Motor ingin mengembalikan kejayaan Norton di peta sepeda motor dunia. Sekaligus memperbaiki reputasi Norton yang sempat redup dan tergerus oleh sesama merek Inggris lain, yakni Royal Enfield dan Triumph.

Norton akan menjadi entitas baru yang disebut Project 303 Bidco. Disebutkan jika KN Radhakhrisnan TVS CEO and President, akan duduk sebagai direktur. Ia akan Bersama Sharad Mohan Mishra, yang juga menduduki jabatan RVS President, Group Strategy di TVS Motor Company.

Direktur pelaksana TVS Motor, Sudarshal Venu mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan karyawan dan pelanggan Norton. “Ini adalah saat yang penting bagi kita. Norton adalah merek ikonik Inggris yang dirayakan di seluruh dunia, dan memberi kami peluang besar untuk berkembang secara global,” kata Sudarshal mengutip Visordown, Sabtu (19/4/2020).

Terkenal di Balapan

Tidak ada kabar apakah produksi Norton akan tetap dilakukan di Inggris atau pindah ke India. Sebelumnya, beberapa model Norton telah dijual di India lewat Kinetic Motorcycle. Hal ini seperti tidak akan berlanjut katena TVS Motor akan membangun jaringan penjualan sendiri.

“Kami akan memperluas dukungan penuh kami untuk Norton untuk mendapatkan kembali kejayaan penuh dalam lanskap motor internasional,” kata Sudarshal. Pabrikan ini tengah menyiapkan generasi baru Commando, Dominator, dan V4RR.

Norton pertama kali didirikan di Birmingham, Inggris pada 1898 sebelum menjadi manufaktur pada 1902. Motor ini menjadi salah satu merek legendaris di kancah balap. Mereka terkenal di ajang balap seperti Isle of Man TT. Sementara TVS Motor merupakan korporasi besar di India. Naik daun di dunia internasional setelah bermitra dengan BMW membuat motor kecil. Model TVS diberi nama Apache RR sedangkan BMW disebut G310R.

DI Indonesia sendiri TVS memiliki model Apache RTR 200, TVS Max, TVS Max 125, TVS Dazz, TVS Dazz F1, TVS Neo XR, TVS Rockz, dan Kargo.

RAJU FEBRIAN

The post TVS Motor Caplok Norton Motorcycle, Dijual Rp 203 Miliar appeared first on Motovaganza.

Original Article