Triumph Rilis 5 Motor Baru Sekaligus di Indonesia, Semuanya Limited

Triumph Rilis 5 Motor Baru Sekaligus di Indonesia, Semuanya Limited

Shared by Motovaganza.com for IIMS

JAKARTA, Motovaganza.com – Semester kedua tahun 2020 diwarnai oleh PT Garda Andalan Selaras (GAS) sebagai distributor resmi Triumph Motorcycle dengan membawa produk baru. Tidak tanggung-tanggung, lima produk baru Triumph langsung diluncurkan di Indonesia oleh PT GAS.

Lima model baru itu adalah Bonneville T100 dan T120 Special Edition Bud Ekins, New Rocket 3R, New Tiger 900 GT Pro dan Tiger 900 Rally. Semua unit telah tersedia namun dalam jumlah terbatas. Jadi, siap-siap untuk berebut slot untuk memilikinya.

“Kehadiran beberapa produk baru pada tahun ini merupakan bentuk komitmen kami untuk pecinta motor Triumph di Indonesia. Kami berharap unit anyar ini bisa menjadi pilihan untuk mereka yang ingin merasakan berkendara dengan motor legendaris asal Inggris,” kata Sapta Hariaji, Sales Distribution & Marketing Director GAS Motorcycles.

Semua produk anyar tersebut memiliki kelebihan dari model sebelumnya, seperti edisi spesial “Bud Ekins” untuk model Bonneville T100 dan Bonneville T120. Keduanya sengaja dihadirkan sebagai opsi baru bagi para pecinta motor bertampang retro. Kuda besi bergaya klasik ini terinspirasi dari sosok pembalap legendaris era 60-an bernama Bud Ekins. Ia merupakan legenda stuntman profesional Hollywood yang memerankan Steve McQueen saat menerbangkan Triumph Bonneville di film “The Greates Escape”.

Kalau dibanding dengan versi Bonneville reguler, keduanya terdapat logo spesial di bagian tangki serta emblem unik ala Triumph klasik. Identitas lainnya selain kombinasi warna merah dan putih yakni ada penempatan logo Bud Ekins di panel samping. Menariknya, setiap pembelian unit bakal disertai sertifikat dan kisah sejarah perjalanan sang stuntman tersebut.

Untuk mesin tidak ada ubahan, masih sama dengan versi reguler. Triumph Bonneville T100 dibekali mesin liquid-cooled, 8 valve, SOHC, parallel-twin berkapasitas 900 cc yang mampu menghasilkan tenaga 54 Hp dan torsi 76,73 Nm. Sedangkan Bonneville T120 berbekal mesin liquid-cooled, 8 valve, SOHC parallel-twin berkapasitas 1.200 cc yang mampu menghasilkan power 78 Hp dan torsi 105 Nm. Masing-masing unit dilepas ke pasar dengan harga Rp 390 juta dan 445 juta off the road (Jakarta).

Produk berikutnya yang ditawarkan yakni New Rocket 3R. Tidak seperti versi GT, ia justru menawarkan gaya berkendara roadster. Posisi kaki sedikit menekuk ke belakang dan setang lebih rendah, sehingga pengendara sedikit menunduk kala mengendarainya. Meski begitu, varian ini masih mewarisi sedikit DNA Rocket lama.

Rocket 3R dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 2.458 cc, DOHC, tiga silinder segaris, berpendingin cairan. Motor ini mampu menghasilkan daya maksimal sebesar 164 Hp pada 6.000 rpm dengan kekuatan puntir hingga 221 Nm di 4.000 rpm. Dengan banderol Rp 750 juta (off the road), Rocket 3 R tersedia dalam dua pilihan warna; Korosi Red dan Phantom Black.

Model anyar selanjutnya yaitu New Tiger 900 GT Pro dan Rally. Untuk versi GT Pro ditujukan untuk penyuka motor sport touring. Sementara varian Rally dirancang buat menaklukan medan offroad yang berat. Setiap varian memiliki perbedaan, salah satunya dari pelek yang digunakan. Triumph Tiger 900 Rally menggunakan model jari-jari aluminium, sedang tipe GT Pro pakai jenis alumunium cor.

Untuk GT Pro sudah dilengkapi dengan mode berkendara Rain, Road, Sport dan Off-Road serta tambahan yang bisa disetel secara manual. Sementara versi Rally hadir dengan pilihan mode berkendara lebih lengkap lagi, yakni diberi sematan mode manual dan offroad pro. Mesinnya sama, mengusung tiga silinder segaris, DOHC, 888 cc berpendingin cairan dan sanggup menyemburkan tenaga hingga 94 Hp di 8.750 rpm dan torsi 87 Nm di 7.250 rpm.

Untuk fiturnya kenyamanan diberikan cruise control, heated grip, pemantau tekanan ban, serta layar informasi TFT 7 inci. Tak lupa juga sistem ABS dan kontrol traksi (dikontrol IMU) yang menjadi fitur standar. Pembeda lainnya yakni ukuran velg. Untuk GT Pro memakai diameter 19 inci di depan dan 17 inci di belakang. Sementara Rally menggunakan 21 inci di depan dan 17 indi di belakang.

Soal harga, kedua motor adventure ini dibanderol Rp 545 juta buat Tiger 900 GT Pro dan Rp 498 juta untuk tipe Rally. Masing-masing dilego berstatus off the road Jakarta.

ZENUAR YOGA | WAHYU HARIANTONO

The post Triumph Rilis 5 Motor Baru Sekaligus di Indonesia, Semuanya Limited appeared first on Motovaganza.

Original Article