Toyota Tunjuk Koperasi Batur Jaya Produksi Piston Ring di Indonesia

Toyota Tunjuk Koperasi Batur Jaya Produksi Piston Ring di Indonesia

[stm_post_title][stm_post_image][stm_post_info]

KLATEN – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), mengutus Koperasi Batur Jaya (KBJ) untuk memproduksi 200 cylinder sleeve setiap bulan, sebagai alat bantu untuk membuat piston ring.

Selain berkonsentrasi pada pendampingan terhadap KBJ, TMMIN turut mendonasikan lima mesin produksi berupa mesin Spectrometer, Core Making, Moulding, Small NC Milling, dan Small Milling2 kepada KBJ. Langkah ini sebagai upaya Toyota dalam membantu industri kecil menengah (IKM) dan meningkatkan lokalisasi komponen kendaraan.

“Batur Jaya memenuhi persyaratan tinggi dari sisi kualitas, produktivitas, teknologi, dan kontinuitas suplai. Proses yang tidak instan dan kerja keras yang konsisten ini menunjukkan semangat pantang menyerah dari IKM otomotif di Indonesia,” ujar Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur TMMIN.

Pemerintah beserta pelaku industri dan stakeholder, memberikan kepercayaan penuh kepada IKM untuk meningkatkan kapabilitasnya dalam menjalin kemitraan dengan industri otomotif lain. Tentunya dengan SDM yang mapan, teknologi mesin dan peralatan, teknis produksi, serta ketersediaan bahan baku.

Pengembangan IKM di Koperasi Batur Jaya (KBJ) Ceper, Klaten, Jawa Tengah sendiri melalui proses panjang sejak tahun 2016 dengan tanggung jawab penuh serta pengawasan dari TMMIN. Fokus pembinaan yang dilakukan oleh TMMIN meliputi 3 hal yakni penguatan fondasi struktur industri, pengembangan sumber daya manusia yang berkarakter industri, dan kontrol/Pengawasan Kualitas.

Ketiga fokus tersebut diimplementasikan dalam bentuk pemberian pemahaman ilmu & budaya industri berupa penanaman nilai 5R (Rajin, Rawat, Rapi, Resik, Ringkas), kemampuan dasar manufaktur, kedisiplinan, keamanan proses kerja, dasar-dasar produksi, metode casting, dan pengawasan kualitas yang ketat di semua produk.

Di awal Januari 2019, produk IKM KBJ telah memenuhi standar kualitas dan mulai masuk sebagai rantai suplai Toyota. Hasil yang dicapai oleh KBJ tidak lepas dari komitmen Toyota dalam memberikan pelatihan dan pendampingan yang tepat.

“Proses yang tidak instan dan kerja keras yang konsisten ini menunjukkan semangat pantang menyerah dari IKM otomotif di Indonesia,” ucap Warih Andang, Presiden Direktu TMMIN.

Dalam acara “Kick-Off IKM dalam Supply Chain Industri Otomotif” ini, TMMIN juga menghibahkan alat bantu praktikum pendidikan kepada SMK 1 Batur Jaya Ceper berupa 1 unit mobil dan 1 unit engine.

Pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, Toyota akan menampilkan berbagai paket promosi yang menarik. Sambangi boot Toyota di IIMS 2019 guna mendapatkan kendaraan berkualitas dari brand asal Jepang tersebut. Pameran otomotif sekaliber IIMS sendiri akan bergulir pada 25 April hingga 5 Mei 2019

[stm_sidebar sidebar=”651″]