Toyota Segera Pasarkan C-HR Hybrid di Indonesia

Toyota C-HR
16/04/2019
Posted by: IIMS-news

JAKARTA – PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan akan segera memasarkan C-HR berbasis hybrid di Indonesia.

Toyota C-HR pertama kali masuk ke Indonesia medio April 2018. Crossover Toyota satu ini memiliki tampilan bengis dan menjadi kendaraan pertama Toyota Indonesia, dengan platform TNGA (Toyota New Global Architecture). Setelah satu tahun dipasarkan, brand asal Jepang tersebut berencana untuk memasarkan versi terbarunya yakni hybrid.

Hal tersebut diungkapkan oleh Fransiskus Soerjopranoto selaku Executive General Manager PT TAM di Jakarta. Menurutnya varian hybrid dari C-HR akan diperkenalkan untuk pertama kalinya di hadapan umum pada pekan depan.

“Iya benar, kami akan meluncurkan C-HR Hybrid pada 22 April 2019 nanti,” kata Soerjo di bilangan Jakarta Pusat, Senin (15/4).

Menurutnya Toyota C-HR hybrid akan mulai dipasarkan di Tanah Air, dalam rangka mendukung langkah Pemerintah untuk program elektrifikasi. Produk terbaru yang segera masuk ke Indonesia tersebut merupakan salah satu kendaraan yang ramah lingkungan.

“Dari blueprint Kemenperin RI (Kementerian Perindustrian Republik Indonesia), sudah ditetapkan bahwa elektrifikasi mulai dari sepedamotor dulu. Setelah itu, baru roda empat. Jadi, kami harus sudah menyiapkan dan tidak perlu menunggu policy. Kalau dilihat, kami juga sudah mengenalkan mobil hybrid (Prius Hybrid) beberapa tahun lalu,” papar Soerjo.

Toyota C-HR Hybrid sejatinya akan datang dari Thailand, sama seperti produk terdahulunya. Jika pada C-HR versi bensin dipasarkan dengan harga nyaris Rp 500 juta. Maka untuk C-HR Hybrid, Toyota dikatakan akan mematok harga Rp 600 jutaan.

Jika berbasis kepada Toyota C-HR Hybrid versi Thailand, crossover ini mengandalkan mesin DOHC 4 silinder 16 valve berkapasitas 1.800 cc. Jantung pacu tersebut dikombinasikan dengan pengaplikasian motor generator berkapasitas 600 volt.

Jika tenaga mesin dan motor listrik digabungkan, maka Toyota C-HR Hybrid ini mapu mengeluarkan tenaga hingga 122 hp yang disalurkan melalui transmisi E-CVT. Pada tubuhnya juga terdapat baterai jenis Nickel-metal Hydride berdaya 201,6 volt.

Selain itu, beberapa fitur keselamatan pada C-HR Hybrid juga lebih banyak daripada versi bensin. Bisa dilihat pada varian teratasnya yaitu HV Hi di mana mobil ini sudah mendapatkan fitur seperti BSM (Blind Spot Monitor), RCTA (Rear Cross Traffic Alert), PCS (Pre-collision System), Cruise Control dengan sistem radar, AHB (Auto High Beams), LDA (Lande Departure Alert), VSW (Vehicle Sway Warning dan Navigation System

Toyota Indonesia akan menjadi salah satu peserta dari Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Pabrikan mobil asal Jepang tersebut akan menggelar program pembelian kendaraan yang memudahkan bagi konsumen. Telkomsel IIMS 2019 sendiri akan berlangsung mulai 25 April hingga 5 Mei 2019.