Toyota Pamer GR Super Sport, Toyota Termahal di Alam Semesta!

Toyota Pamer GR Super Sport, Toyota Termahal di Alam Semesta!

Shared by Autonetmagz.com for IIMS

AutonetMagz.com – Pada ajang World Endurance Championship (WEC) Le Mans 24 Hours di Prancis, Toyota memamerkan mobil balap hybrid mereka yang sempat hadir sebagai Toyota GR Super Sport. Dihadirkan sebagai prototipe, Toyota GR Super Sport akan didasarkan pada mobil balap baru Toyota yang akan bersaing di Kelas hypercarLe Mans. Mobil ini akan dijual dalam jumlah terbatas dan memiliki teknologi turunan Le Mans.

Menurut isu, Toyota GR Super Sport versi jalanannya ditenagai oleh mesin V6 2.4 liter twin-turbo hybrid yang menghasilkan 986 hp. Sangat bertenaga bukan? Nah, laporan lain dari The Supercar Blog mengklaim bahwa mesin yang akan dipasang adalah mesin dengan spek “Competition” plus 3 motor listrik. Saat dikawinkan, mobil ini malah diklaim bisa menghasilkan tenaga yang lebih besar lagi, yakni sekitar 1.400 hp. Beuh… Lebih dari 20 kali lipat tenaga Toyota Agya.

Berkat angka segila itu, mobil ini diklaim sanggup lari dari 0-100 dalam waktu kurang dari 2,5 detik. Kita belum tahu berapa kecepatan maksimalnya, tapi melalui angka-angka itu saja sudah cukup menggetarkan ya. Untuk mematuhi peraturan homologasi, Toyota akan diminta untuk membangun setidaknya 20 versi legal dari hypercar Le Mans terbarunya untuk bisa dibeli oleh konsumen biasa. Oh ya, mobil yang kita lihat itu atapnya dipotong supaya bisa membawa piala, versi aslinya tetap punya atap.

Lalu, bagaimana dengan harganya? Jumlah produksi terbatas dan punya tenaga yang cukup untuk menghancurkan aspal, bisa ditebak kalau Toyota yang satu ini tidak akan murah, tidak ada program DP ringan, cicilan ringan atau bahkan program berlangganan mobil. Paling tidak, harga minimum Toyota GR Super Sport ini ada di angka 1 juta Dollar AS atau sekitar 14,8 M Rupiah. Beuh… Itu bisa buat beli 100 Daihatsu Ayla ya.

Ngomong-ngomong, nampaknya Toyota GR Super Sport akan ganti nama saat ia resmi lahir dan dijual. Menurut dokumen di European Union Intellectual Property Office (EUIPO) pada 23 September, merek dagang dengan nama “GR 010” telah diajukan oleh Toyota untuk penggunaan pada mobil dan suku cadangnya. Nampaknya angka “010” itu mengacu pada mobil lama mereka, yakni Toyota TS-010.

Selain karena harga dan ketersediaan yang masih misterius, Toyota GR Super Sport mungkin bakal jadi salah satu kendaraan paling luar biasa yang dijual oleh Toyota sepanjang sejarah. Mobil ini adalah saingan sempurna untuk Aston Martin Valkyrie dan Mercedes-AMG One. Selain itu, ia akan menjadi Toyota termahal sedunia dan Toyota terkencang sedunia. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Original Article