Toyota Indonesia Tegaskan Kesiapannya Sambut Era Elektrifikasi di Indonesia

Toyota Indonesia Tegaskan Kesiapannya Sambut Era Elektrifikasi di Indonesia

Shared by Drivenhype.com for IIMS

Drivenhype – PT Toyota Astra Motor (TAM) terus memperluas pasar mobil elektrifikasi nasional dengan menyiapkan berbagai model kendaraan Hybrid Electric Vehicle (HEV) dalam beberapa model yang bisa disesuaikan kebutuhan konsumen di Indonesia. Sebagai bentuk komitmennya, pada Maret 2020 lalu, TAM telah meluncurkan teknologi Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Sukses di pasar HEV, kini PT TAM juga memperluas pasar mobil elektrifikasi nasional dengan menyiapkan line-up kendaraan Battery Electric Vehicle (BEV). BEV Toyota merupakan unit mobil yang sepenuhnya menggunakan sumber energi listrik sebagai tenaga penggerak, dan melengkapi pilihan kendaraan elektrifikasi bagi masyarakat Indonesia.

Secara global, Toyota memulai era elektrifikasi sejak 1990-an. Perhatian Toyota pada elektrifikasi ini lebih pada munculnya kebutuhan dan keinginan untuk melestarikan lingkungan. Selain itu, Toyota juga berkomitmen untuk menghadirkan berbagai pilihan mobilitas yang lengkap sesuai kebutuhan masyarakat modern.

“Sesuai kebutuhan tersebut, kami terus mengembangkan dan melengkapi berbagai pilihan kendaraan elektrifikasi. Baik dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Battery Electric Vehicle (BEV), hingga Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV),” kata President Director PT TAM, Susumu Matsuda pada Zoom Webinar tentang kendaraan elektrifikasi Toyota di Indonesia, Rabu (18/11).

Menurut Matsuda, Toyota menjadi pionir dan market leader kendaraan elektrifikasi di dunia otomotif global. Terhitung sejak peluncuran Prius sebagai mobil elektrifikasi pertama yang dipasarkan di dunia, Toyota telah meluncurkan lebih dari 40 model kendaraan elektrifikasi dengan total penjualan lebih dari 15 juta unit.

Penggunaan kendaraan elektrifikasi Toyota di berbagai negara di dunia setidaknya telah mengurangi produksi emisi CO2 sebanyak 125 juta ton atau setara dengan konsumsi 47 miliar liter bahan bakar.

Sejalan keinginan positif pemerintah Indonesia untuk mengakselerasi kendaraan elektrifikasi dan juga infrastuktur yang mulai dibangun, Toyota melangkah lebih maju lagi di mana Toyota akan menghadirkan teknologi elektrifikasi yang terlengkap.

“Setelah sebelumnya kami menghadirkan HEV dan PHEV, kini TAM melengkapinya dengan menghadirkan teknologi BEV, sehingga masyarakat bisa memilih kendaraan elektrifikasi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan mobilitas masing-masing,” ujar Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.

Untuk pasar Indonesia, Toyota pertama kali menghadirkan kendaraan elektrifikasi pada 2009, ketika PT TAM mulai memasarkan Toyota Prius HEV. Kemudian pada 2010, melalui brand Lexus sebagai merek kendaraan premium, Toyota memasarkan Lexus LS HEV untuk segmen high-end.

Sampai saat ini, tidak kurang 8 model kendaraan elektrifikasi sudah dipasarkan di Indonesia baik sedan, MPV maupun SUV. Dari tahun ke tahun penerimaannya juga makin baik. Hingga Oktober 2020, total penjualan elektrifikasi TAM sudah melebihi angka 3.300 unit.

Original Article