Toyota Fortuner dan Kijang Innova Facelift Kini Sudah Dijual!

Toyota Fortuner dan Kijang Innova Facelift Kini Sudah Dijual!

Shared by Autonetmagz.com for IIMS

AutonetMagz.com – Pada tanggal 15 Oktober 2020 ini, Toyota Astra Motor resmi memperkenalkan dan menjual 2 mobil baru yang berstatus facelift, yakni Toyota Fortuner facelift dan Toyota Kijang Innova facelift. Keduanya mengalami ubahan minor, dan mari kita mulai dari Toyota Fortuner dulu. Jika di Thailand ada Fortuner biasa dan Fortuner Legender, maka di Indonesia kita hanya mendapat Fortuner biasa dengan varian-varian seperti SRZ, VRZ dan TRD Sportivo, varian 4×4 juga masih ada.

Pada eksterior Toyota Fortuner baru, Toyota memberikan lampu depan-belakang berteknologi LED, namun tanpa lampu sein sekuensial ala Lexus atau Audi, melainkan lampu sein biasa. Bumper depan dan belakang baru berikut gril hitam, aksen merah dan tulisan TRD di depan, samping dan belakang. Pelek juga mengalami ubahan dan kita tetap mendapatkan pintu bagasi elektrik dengan sensor tendangan untuk membuka dan menutup pintu, meski motor pembuka bagasinya agak lambat.

Masuk ke dalam kabin Toyota Fortuner facelift 2020 ini, hal yang paling kami sukai adalah kehadiran wireless charging dan panel instrumen baru dengan latar belakang warna biru yang keren. Jok elektrik sudah hadir di depan, dan semua varian Toyota Fortuner sudah memiliki 7 airbags. Ada juga kamera 360 derajat yang bisa membuat kita melihat dari segala sisi, bahkan bisa dipindah ke tampilan 3 dimensi kalau kita ingin melihat dari sudut tertentu.

Pembaruan lainnya adalah adanya diagram posisi arah roda depan tergantung putaran setir yang muncul di layar MID-nya, berguna untuk yang masih agak kagok mengendarai SUV ladder frame ini. Bagi baris kedua, penumpang masih mendapatkan AC double blower, jok kulit, armrest, cup holder dan sebuah monitor di atap yang bisa memutar file dari USB. Penumpang baris ketiga tidak mendapat fasilitas ekstra dari sebelumnya, jadi tak ada yang bisa diceritakan.

Selanjutnya ke Toyota Kijang Innova facelift, kini Toyota kembali memperkenalkan varian “Luxury”, yakni di Innova G Luxury dan V Luxury meski yang jadi varian termahal tetaplah Venturer. Perubahan pada muka Toyota Kijang Innova baru ini ada pada gril baru, lampu sein baru berbentuk segitiga, bumper depan baru dan lampu kabut yang pindah posisi jadi lebih ke tengah. Khusus untuk Venturer, bumpernya memakai aksen hitam.

Pelek Kijang Innova facelift juga sudah berganti, dan desainnya berbeda-beda tergantung dari variannya masing-masing mulai dari tipe G, V hingga Venturer. Begitu memasuki kabin, varian G mendapat trim interor silver dengan pola wajik, sementara pada tipe V dan Venturer dihiasi trim kayu. Perbedaan lainnya adalah pada tipe G hanya mendapat 3 airbags, sementara tipe V dan Venturer mendapat 7 airbags.

Wajar saja, sebab tipe V dan Venturer memang diset sebagai varian yang menengah dan tinggi, bahkan di tipe V dan Venturer sudah mendapat AC digital, Ionizer untuk membersihkan udara, ambient light warna biru dan monitor untuk hiburan penumpang belakang. Semua varian Kijang Innova kini sudah mendapatkan VSC dan hill start assist. Mengenai mesin, mesin 2.400 cc 4 silinder turbo diesel dan 2.000 cc 4 silinder Dual VVT-i Innova tidak ada perubahan sama sekali.

Demikian juga pada Fortuner, Toyota tidak melakukan apa-apa terhadapa mesinnya. Untuk yang berminat terhadap Toyota Kijang Innova baru, rentang harganya mulai 337,6 juta Rupiah hingga 495,7 juta Rupiah. Kalau Toyota Fortuner, ia kini dibanderol mulai dari 504,9 juta Rupiah hingga 704,5 juta Rupiah. Apa opinimu mengenai keduanya? Sampaikan di kolom komentar!

Original Article