Toyota Crown Facelift Dirilis : Layar Sentuh Makin Besar!

Toyota Crown Facelift Dirilis : Layar Sentuh Makin Besar!

Shared by Autonetmagz.com for IIMS

AutonetMagz.com Sudah dua tahun lalu semenjak debut Toyota Crown generasi ke-15 di pasar global. Nah, sekarang Toyota memberikan sedikit penyegaran kepada mobil sedan mewah yang namanya sempat akrab dengan pejabat di Indonesia ini, bahkan untuk unit mobilnya sendiri sudah tersedia di seluruh dealer di Jepang. Lantas apa saja sih perubahan Toyota Crown untuk model 2021? Yuk kita bahas.

Pada pandangan pertama, pasti kalian sulit untuk melihat apa perbedaan Toyota Crown facelift ini. Mobil ini tampak seperti tidak menampilkan perubahan apapun pada eksterior maupun mesinnya kecuali beberapa tampilan warna baru. Yap memang betul, mobil dengan tampilan elegan yang debut pada 2018 ini, tidak berubah dari sebelumnya. Di bawah kap mesin juga masih terdapat pilihan dua powertrain ramah lingkungan.

Yang pertama adalah mesin V6 3.5 liter yang menghasilkan tenaga 295 hp dan torsi 356 Nm. Sedangkan pilihan lainnya adalah 2.5 liter empat silinder dengan tenaga 181 hp dan torsi sebesar 221 Nm. Keduanya memiliki motor listrik dan baterai lithium-ion atau nickel-metal hydride. Tak tertarik dengan versi ramah lingkungan? Tenang saja, karena ada juga opsi mesin berkapasitas 2.0 liter non-hybrid dengan daya 241 hp dan torsi 350 Nm.

Lanjut ke interior, disinilah baru banyak hal yang telah berubah. Dimana pengaturan layar terbagi menjadi dua, yang digunakan sebelumnya telah dibuang dan digantikan dengan layar sentuh 12,3 inci yang besar. Pada unit layar baru ini dilengkapi dengan layanan T-Connect Toyota serta berbagai opsi pemutaran media, termasuk dukungan untuk Android Auto dan Apple CarPlay. Dengan sistem infotainment baru tersebut, Toyota Crown mendapat ventilasi AC horizontal di tengah dasbor, dengan sistem climate-control ditempatkan di bawahnya.

Dimana pengaturan sebelumnya memiliki layar tujuh inci yang lebih rendah untuk penempatan climate-control, kenop, dan penggunaaan layar yang lebih kecil diatasnya. Maka dari itu, penataan layar beserta dimensinya diubah dengan tujuan untuk mempermudah pengaturan seperti suhu AC dan kecepatan hembusan AC, tanpa pengemudi harus mengalihkan pandangan dari jalan. Namun, sebenarnya masih dapat menyesuaikan sistem climate pada layar 12,3 inci melalui pemisahan vertikal, jika sudah terbiasa dengan pengaturan model layar sebelumnya.

Selain itu Toyota Crown mendapatkan peningkatan sistem keselamatan dan sistem bantuan pengemudi. Dan yang terakhir ini, mencakup fungsi Curve Speed Reduction untuk sistem Dynamic Radar Cruise Control, meningkatkan deteksi pejalan kaki serta pengendara sepeda yang lebih baik untuk sistem AEB, dan Emergency Steering Avoidance. Untuk harga, Toyota Crown generasi ke-15 facelift di pasar Jepang dijual mulai dari 4,899 juta yen hingga 7,393 juta yen, dengan berbagai level trim dan dua jenis pilihan penggerak, yakni RWD atau AWD.

Bagaimana pendapat kalian? Sampaikan di kolom komentar!

Original Article