Toyota Corolla Cross Terjepret Diuji Jalan, Untuk Asia Tenggara?

Toyota Corolla Cross Terjepret Diuji Jalan, Untuk Asia Tenggara?

Shared by Autonetmagz.com for IIMS

AutonetMagz.com – Toyota bisa dikatakan cukup mengejutkan publik pasca memperkenalkan sosok Toyota Yaris Cross yang secara bentuk berbeda dengan Toyota Yaris hatchback XP210. Nah, kali ini, Toyota kembali membuat publik kepo karena tertangkap kamera menguji jalan sebuah SUV baru lainnya. Dan dari rumor yang berkembang, SUV ini akan diberi nama Toyota Corolla Cross, yang mana sudah jelas merupakan versi SUV dari sedan yang kita kenal di Indonesia.

Pic by Passakorn Leelawat

Mengutip informasi dan foto via AutoDeft, ada sebuah SUV berkamuflase hitam yang tertangkap kamera diuji jalan di Thailand. Nah, awalnya kami mengira bahwa mobil ini adalah Toyota RAV4 untuk pasar ASEAN, apalagi baru – baru ini pihak Toyota Malaysia juga mengumbar teaser kehadiran RAV4 di negeri Jiran. Namun, sumber menyebutkan bahwa mobil ini diduga kuat adalah Toyota Corolla Cross, sebuah SUV berbasis Toyota Corolla untuk pasar Asia Tenggara. FYI, Toyota Corolla sendiri menggunakan basis TNGA-C, yang artinya Toyota Corolla Cross juga dipastikan menggunakan platform serupa. Menariknya, sudah ada beberapa SUV yang menggunakan platform tersebut.

Pertama, tentunya ada Toyota C-HR dan C-HR Hybrid, lalu ada Toyota Izoa dan juga terakhir ada Lexus UX. Nah, jikalau kita perhatikan body style-nya, nampaknya Toyota Corolla Cross akan masuk dalam jajaran compact SUV (C-SUV) yang akan bersanding dengan Mazda CX-5, Honda CR-V, dan Nissan X-Trail. Apalagi kalau kita perhatikan pilar D mobil ini yang tak selandai Toyota C-HR. Yap, bisa dikatakan ini adalah C-HR tanpa sentuhan Coupe. Toyota Corolla Cross sendiri nampaknya akan mengisi posisi diantara Toyota C-HR dan Toyota RAV4. Berhubung unit tes ini terjepret di Thailand, maka ada harapan Toyota Corolla Cross juga akan menuju Indonesia. Kapan? Entahlah.

Yang jelas, di segmen C-SUV atau compact SUV, bisa dikatakan hanya Toyota saja yang belum bermain dengan serius. Memang ada sosok Toyota RAV4 yang berbasis TNGA-K atau sebasis dengan Toyota Camry, namun bisa jadi harga jualnya akan terlampau tinggi. Selain itu, jikalau memanfaatkan basis TNGA-C, ada peluang Toyota Corolla Cross bisa diproduksi di Thailand, dimana Toyota Thailand sudah berpengalaman dengan platform tersebut dengan memproduksi Toyota C-HR, dan Toyota Corolla sedan. Kabarnya, Toyota Corolla Cross baru akan mengaspal di 2021 mendatang, jadi kita sabar – sabar saja menantikan mobil ini. Bisa jadi, wajahnya akan mirip dengan sang adik, Toyota Yaris Cross.

Jadi, bagaiman menurut kalian?

Original Article