Tommi Makinen Bakal Rancang Mobil Baru Buat Toyota!

Tommi Makinen Bakal Rancang Mobil Baru Buat Toyota!

Shared by Autonetmagz.com for IIMS

AutonetMagz.com – Salah satu alasan utama suksesnya tim Toyota kembali ke World Rally Championship (WRC) adalah pimpinan timnya. Siapa lagi kalau bukan legenda WRC Tommi Makinen yang juara dunia sebanyak 4 kali berturut-turut bersama Mitsubishi Lancer yang jadi andalannya. Setelah pensiun, dia memilih bergabung dengan Toyota Gazoo Racing WRC pada tahun 2017; memimpin tim ke kejuaraan konstruktor pada 2018 dan gelar juara dunia pembalap serta co-driver pada 2019.

Namun pada akhir tahun 2020 ini, Makinen akan mengemban tanggung jawab baru di bawah bendera Toyota. Ia akan mundur dari jabatan kepala tim, namun sebagai gantinya, dia akan membantu mengembangkan mobil sport baru yang akan dibuat oleh Toyota dan merencanakan aktivitas motorsport di masa depan. Ya, bayangkan ke depannya mobil-mobil kencang Toyota merupakan hasil racikan sang legenda reli. Seru nih…

Hal ini diungkapkan resmi oleh Toyota sendiri. Mulai 2021 dan ke depannya, jabatan Tommi Makinen adalah Penasihat Motorsport Toyota Motor Corporation. Agenda kerjanya termasuk perencanaan strategis kegiatan motorsport, dan pengembangan bakat pengemudi junior. Menang banyak nih yang jadi pembalap junior Toyota, bakal dapat materi bimbingan dari salah satu mantan pembalap jagoan lho.

Tidak disebutkan model GR jenis apa yang akan diawasi oleh Makinen. Bisa jadi hanya satu model, bisa jadi banyak model atau bahkan semuanya. So, bisa jadi dia memberikan evaluasi pada model seperti hypercar GR Super Sport di masa yang akan datang untuk memastikan performa handal, baik itu di sirkuit maupun di jalanan. Dia juga bisa mengawasi perkembangan GR Supra ke depan, bahkan bukan tak mungkin ada GR Yaris Tommi Makinen Edition seperti Mitsubishi Lancer Evolution 6,5 TME.

Karena dukungan Makinen, kami bisa menang di WRC. Selain itu, dengan keahliannya, kami mampu menciptakan GR Yaris, sebuah mobil sport 4WD. Ke depannya, dia akan menjadi penasihat motorsport kami. Selain memberikan saran ahli tentang cara memenangkan balapan, seperti yang selama ini dia lakukan, kami berharap dia dapat memberikan berbagai saran agar Toyota dapat menghasilkan mobil yang lebih baik,” ungkap Akio Toyoda, presiden Toyota. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Original Article