Tips Merawat Vespa Lawas Biar Tetap Trengginas dari Tepepa Performance

Tips Merawat Vespa Lawas Biar Tetap Trengginas dari Tepepa Performance

Shared by Naikmotor.com for IIMS

NaikMotor – Merawat motor tua seperti Vespa memang gampang-gampang susah. Selain karena suku cadang yang sudah langka, pemilik Vespa juga harus punya “feeling” jika skuternya bermasalah. Tepepa Performance memberikan tips merawat Vespa lawas agar bisa tetap trengginas.

Memiliki Vespa lawas memang menjadi keasyikan tersendiri. Namun ternyata masih banyak pemilik Vespa utamanya yang baru suka dan memiliki Vespa belum mengetahui seluk beluk perawatannya. Akibatnya kinerja mesin mengalami gangguan saat dikendarai di jalan alias mogok.

Vespa Kongo menjadi buruan para pecinta dan kolektor Vespa di Indonesia. Foto: Rannu

Nah, untuk menghindari hal tersebut terjadi, yuk kita simak tips merawat Vespa Lawas dari Alfons selaku Dokter spesialis Vespa 2T di Tepepa Performance.

  1. Gunakan bahan bakar beroktan tinggi

Pastikan bahan bakar yang digunakan beroktan tinggi, seperti RON 92 seperti Pertamax atau Shell. Pasalnya, bahan bakar dengan kualitas oktan rendah akan menimbulkan kerak pada komponen-komponen pembakaran yang nantinya jika dibiarkan lama akan mengganggu kinerja mesin.

  1. Gunakan oli samping yang berkualitas bagus

Selain menggunakan bahan bakar yang berkualitas bagus, penggunaan oli samping dengan kualitas yang bagus juga sangat dianjurkan, sebab oli samping yang berkualitas biasa juga bisa menimbulkan kerak didalam ruang bakar yang akan berakibat buruk bagi kinerja mesin vespa. Untuk mencari tahu merk oli samping mana yang terbaik kalian bisa menanyakan teman yang sama sama menggunakan motor vespa di komunitas, sebab dipasaran banyak sekali dijual oli oli dengan kualitas bervariasi yang setiap penggunanya memiliki pengalaman yang berbeda.

  1. Ganti oli mesin dengan teratur

Baiknya jika Vespa sering digunakan apalagi untuk harian, ganti oli mesin sebulan sekali. Namun jika Vespa jarang digunakan atau hanya dikendarai saat weekend, baiknya ganti oli mesin setiap 2 bulan sekali. Jika belum mengetahui caranya dan peralatan dirumah terbatas, baiknya bawa Vespa ke bengkel langganan.

  1. Perawatan Busi

Melakukan perawatan rutin pada busi sangatlah dianjurkan, apalagi jika Vespa menggunakan bahan bakar beroktan rendah. Biasanya pada kepala busi akan timbul kerak dan jika jarang dibersihkan akan menganggu kinerja pengapian bahkan bisa menyebabkan mogok.

Mudah bukan melakukan perawatan sendiri Vespa lawas kesayangan?. Untuk lebih maksimal sebenarnya ada beberapa langkah perawatan lagi, seperti membersihkan karburator, setting platina, membersihkan keran bensin, serta mengecek kabel persneling. Namun beberapa hal tersebut tidak mudah dilakukan jika peralatan di rumah tidak mendukung serta belum terbiasa. Untuk itu sebaiknya dipasrahkan pada bengkel Vespa kepercayaan sobat naikmotor.com masing-masing. (Daus/Contrib/NM).

The post Tips Merawat Vespa Lawas Biar Tetap Trengginas dari Tepepa Performance appeared first on Naik Motor | Jurnal Pengendara Motor.