Tips ini Bikin Perjalanan Anda Nyaman di Kala Hujan

Tips ini Bikin Perjalanan Anda Nyaman di Kala Hujan

Shared by Dapurpacu.id for IIMS

DAPURPACU – Musim penghujan memang belum sepenuhnya ‘berlaku’. Hanya di beberapa daerah saja yang sering diguyur hujan. Dalam kondisi tersebut sulit memperoleh kenyamanan berkendara.

Dibutuhkan pendukung agar tercipta kenyamanan dan juga aman atas semua kondisi tersebut. Persiapan juga harus dilakukan sebelum perjalanan dimulai.

Jangan sampai setelah kejadian atau terkena masalah di jalan, baru terpikirkan segala persiapan, khususnya pada kendaraan Anda. Berikut tipsnya:

1. Persiapan Mobil
Periksa karet wiper agar secara maksimal dapat menyapu air pada permukaan kaca depan, atau belakang. Jika kondisi karet sudah getas (keras) bisa berujung masalah di jalan dan membahayakan perjalanan Anda.

Periksa juga air pembersih kaca dan jangan sampai kosong karena akan menyulitkan saat kaca kotor. Perhatikan seluruh pencahayaan, mulai dari lampu utama, sein, fog lamp, hingga lampu belakang, agar tidak ada yang mati.

Saat hujan turun, sistem kelistrikan mobil akan bekerja keras karena seluruh perangkat listrik aktif beroperasi. Jangan tunggu bermasalah, cek kondisi aki mobil apakah masih layak pakai atau tidak.

Cek kondisi ban dengan memperhatikan tingkat keausan telapaknya, yaitu lewat Tire Wear Indicator (TWI) yang ada di alur ban mobil. Tingkat keausan ban yang tidak merata menandakan ada masalah di kaki-kaki mobil.

Periksa pula tekanan angin ban supaya sesuai dengan standarnya. Sembari itu, tidak ada salahnya memeriksakan sistem kemudi dan suspensi agar mobil dapat melaju dengan baik di genangan air.

Jangan lupakan rem mobil. Kondisi jalan yang licin membuat rem mobil bekerja lebih keras. Pastikan rem berfungsi baik dengan memeriksa kampas rem dan mengisi tabung minyak rem sesuai takaran.

Masuk ke dalam mobil, pastikan AC berfungsi baik dan dingin. Embusan AC yang tidak dingin akan membuat kaca depan mobil berembun dan mengganggu visibilitas.

2. Persiapan Diri
Dapat dipastikan dalam mobil ada payung yang akan digunakan kala keluar dari dalam mobil saat hujan atau panas. Lama tidak pakai, diyakini Anda lupa untuk menurunkan.

Cek kondisinya (payung) apakah masih berfungsi baik atau tidak. Kemudian siapkan juga sandal untuk dipakai keluar masuk mobil seperti ketika di pom bensin, sehingga tidak perlu pakai sepatu pantofel apalagi high heel yang menyulitkan.

Terlihat sepele, tidak ada salahnya jika Anda menyiapkan minimal satu set kaos untuk jaga-jaga bila kehujanan saat mau masuk mobil.

Pemilik mobil bisa memanfaatkan layanan Toyota Mobile Service, dengan melakukan booking service terlebih dahulu.

Auto2000 tetap memudahkan para konsumennya untuk tetap melakukan perawatan berkala selama di masa pandemi ini. Melalui Auto2000 Digiroom, pemilik mobil Toyota bisa melakukan booking service oleh tim mekanik THS – Auto2000 Home Service untuk servis berkala di rumah.

Saat servis berkala, seluruh komponen di atas akan diperiksa dan dicek dengan seksama oleh teknisi Auto2000. Jadwal kunjung mereka pun disesuaikan permintaan Anda.

“Auto2000 siap membantu konsumen yang ingin memeriksa kondisi mobilnya jelang musim hujan dengan melakukan servis berkala,” tutup Aftersales Division Head Auto2000, Ricky Martawijaya. [dp/MTH]

Original Article