Tips Cara Membuka dan Memasang kembali Busi Motor dengan Benar!

Tips Cara Membuka dan Memasang kembali Busi Motor dengan Benar!

Shared by Autos.id for IIMS

Jakarta, Autos.id – Busi adalah satu bagian kecil namun sangat penting bagi motor karena keberadaannya akan memastikan kinerja sebuah motor. Sebagai penghantar pengapian bahan bakar ke mesin, keadaan sebuah busi menjadi sangat krusial. Busi yang haus akan berpengaruh langsung pada fungsi motor tersebut. Sayangnya, meskipun begitu, masih ada saja yang suka membongkar pasang busi dengan seenaknya.

Berangkat ke bengkel tentu saja menjadi pilihan paling aman bagi pengendara motor. Pengguna hanya duduk menunggu dan motor pun siap dipakai kembali. Namun tak semua keadaan bisa memberi kesempatan yang sama. Ada kalanya pengendara terjebak di sebuah keadaan di mana pertolongan dari lain pihak sangat tidak memungkinkan.

Bagi pemotor yang mencoba memahami atau berusaha mandiri dalam merawat kuda besinya, inilah beberapa tata cara membuka dan memasang busi motor yang bermanfaat.

Pertama: dan utama, kunci busi dan obeng yang pas adalah dua hal yang wajib ada. Tanpa ini, langkah-langkah selanjutnya tak mungkin bisa dijalani.

Kedua: Setelah itu, pengguna harus memastikan bahwa mesin dalam kondisi dingin. Kemudian masukkan besi atau obeng ke antara lubang kunci busi lalu putar ke arah yang berlawanan jarum jam.

Ketiga: Jika terasa berat, putar secara perlahan terlebih dulu agar tidak slek. Apabila sudah terlepas, periksa busi tersebut apakah masih layak digunakan atau tidak. Busi yang dalam keadaan sudah haus ujungnya berwarna hitam pekat atau terdapat kerak disekitarnya.

Keempat: Sebelum memasukkan busi yang baru, bersihkan terlebih dulu menggunakan kain kering agar bersih dari kotoran maupun air.

Kelima: Masukkan busi ke dalam rumahnya dan putar searah jarum jam. Agar semakin rapat, gunakan kunci busi dan obeng di lubangnya lalu putar secara perlahan hingga pas.

Keenam: Pastikan semuanya sudah terpasang dengan baik dan benar. Gunakan kick starter sebanayak lima kali tanpa memutar kunci, lalu gunakan starter tangan. Setelah itu, barulah motor bisa dinyalakan kembali.

Begitulah cara singkat yang bisa dipraktekkan sendiri. Sekarang semuanya bisa dikerjakan tanpa bantuan orang lain. [cel/ech]

Original Article