TIPS: 4 Langkah Merawat Aki Motor Tetap Prima saat PSBB

TIPS: 4 Langkah Merawat Aki Motor Tetap Prima saat PSBB

Shared by Motovaganza.com for IIMS

JAKARTA, Motovaganza.com – Pemberlakuan #WorkFromHome #DiRumahAja dan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat banyak dari kita tidak kemana-mana. Sepeda motor yang kerap digunakan sebagai alat transportasi andalan untuk berbagai keperluan penting hanya nongkrong di garasi.

Meski demikian, kondisinya harus tetap terjaga kendati tidak sering digunakan, agar tidak mengalami masalah saat akan digunakan. Salah satu komponen utama yang perlu dijaga adalah aki pada sepeda motor. Accu punya tugas penting yaitu menyimpan energi listrik dan digunakan untuk menghidupkan mesin sepeda motor.

Semakin tua usia motor Anda, semakin menurun pula kualitas aki yang ada di dalamnya. Itu mengapa, merawat aki mobil merupakan salah satu hal yang harus dilakukan terus-menerus. Jika tidak telaten, potensi aki soak dan rusak pun dapat jadi ancaman bagi beberapa komponen motor. Mengisi ulang dayanya (charging) akan sia-sia, sebab kemampuan aki untuk menyimpan daya listrik jadi hilang.

Agar Anda tidak perlu merogoh kantong untuk membeli aki baru, berikut 4 saran dari PT Astra Honda Motor (AHM) dalam melakukan perawatan agar lebih awet:

1. Panaskan Motor

Cukup memanasi mesin sepeda motor dirumah tanpa harus dikendarai, hal ini dapat dilakukan secara berkala yakni sehari sekali dan ini sangat penting untuk menjaga kualitas aki maupun mesin sepeda motor. Menurut Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) “Dengan kondisi sekarang, para pemilik sepeda motor sebaiknya memanaskan sepeda motornya selama 3-4 menit untuk menjaga kualitas aki sehingga tetap memberikan suplai arus listrik ke part komponen kelistrikan sepeda motor dan menyimpan energi listrik dengan baik”

2. Gunakan Sekring

Apabila adanya pemasangan aksesoris atau part modifikasi yang menggunakan energi listrik, perlu diperhatikan saat melakukan pemasangan dengan memastikan sumber arus listrik yang akan digunakan. “Jika ingin memodifikasi seperti lampu, klakson ataupun part yang membutuhkan kelistrikan, perlu menambahkan sekring tersendiri untuk menghindari korsleting atau terputusnya arus listrik pada sepeda motor.”

3. Perhatikan Debit Air Aki

Bagi pada pemilik sepeda motor yang menggunakan aki basah, perlu dilakukan pengecekan secara berkala terhadap jumlah debit air aki. Pada komponen aki, terdapat tanda batas jumlah debit air aki atau yang disebut upper lower.“Periksa jumlah debit air aki, jika debit air kurang maka diharuskan melakukan penambahan air aki sebatas garis upper yang tertera pada aki basah” ujar Endro.

4. Periksa Sistem Pengisian

Aki yang mengalami masalah seperti soak bukan berarti harus memutuskan membeli aki yang baru, namun perlu juga dicek sistem pengisian daya listriknya. “Sering terjadi anggapan bahwa aki soak harus diganti dengan yang baru, namun bisa saja penyebabnya ada masalah di pengisian daya listrik yang masuk ke dalam aki. Oleh karena itu, penting untuk memastikan sistim pengisisanya disepeda motor,” lanjut Endro.

Dengan melakukan hal-hal tersebut, masalah pada sepeda motor yang akan ataupun yang telah lama tidak digunakan dapat terhindari, serta tentunya tetap memberikan kenyamana dan performa optimal seperti sediakala.

Jika ada kendala pada sepeda motor Honda, jangan kuatir. AHM siap memberikan pelayanan di seluruh Indonesia melalui jaringan bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS). Jika ada kendala di tengah jalan, dapat segera kontak Call Center di nomor 1-500-989 atau melalui SMS 0811-9-500-989 dan dapat melalui email customercare@astra-honda.com. Layanan juga hadir melalui media social facebook Fanpage Astra Honda Care dan Twitter @astrahondacare (setiap hari pukul 08.00-00.00 WIB).

RAJU FEBRIAN

The post TIPS: 4 Langkah Merawat Aki Motor Tetap Prima saat PSBB appeared first on Motovaganza.

Original Article