Tiga Hal Ini Jadi Pertimbangan Dalam Memilih Sarung Tangan

Tiga Hal Ini Jadi Pertimbangan Dalam Memilih Sarung Tangan

Shared by Gilamotor.com for IIMS

Gilamotor.com – Sarung tangan menjadi salah satu perlengkapan berkendara yang sangat penting, fungsinya untuk melindungi tangan saat berkendara.

Saat ini banyak wilayah di Indonesia yang sudah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), walaupun begitu banyak juga yang harus tetap berkendara untu memenuhi kebutuhan sehari hari.

(Baca juga: Pembeli Honda PCX 150 Dan Honda ADV150 Diganjar Motor Honda Forza)

Sarung tangan menjadi salah satu syarat pengendara motor saat program PSBB berlangsung, padahal tanpa adanya program ini Gilmoters harus sadar akan pentignya fungsi sarung tangan.

Jika kalian sudah tersadar dan akan memasukan sarung tangan sebagai perlengkapan berkendara ada tiga hal yang harus kalian perhatikan dalam memilih sarung tangan.

“Banyak sekali jenis sarung tangan untuk berkendara. Para bikers perlu memperhatikan masing-masing fungsinya agar tidak salah pilih,” ujar Johannes Lucky Safety Riding Manager PT Astra Honda Motor (AHM).

Berikut tips dari AHM dalam memilih dan merawat sarung tangan:

– Pilih Bahan yang Sesuai

Ada dua bahan utama yang sering digunakan untuk pembuat sarung tangan yaitu kulit dan kain. Masing-masing tentunya memiliki karakter berbeda, bahan kain cocok digunakan saat udara panas sehingga bisa menyerap keringat di tangan, namun saat udara dingin disarankan untuk menggunakan sarung tangan berbahan kulit.

“Karakteristik yang paling menonjol dari kedua bahan ini yakni untuk sarung tangan berbahan kain memiliki karakteristik yang lebih lentur. Sarung tangan berbahan kulit memiliki karakter yang lebih kaku,” tambah Lucky.

Sarung tangan kulit juga akan mengurangi sensifitas di jari sehingga perlu penyesuaian lebih. Namun, bahan ini lebih aman dalam melindungi tangan dari gesekan.

– Nyaman Dipakai

Selain bahan, Gilmoters juga harus memastikan bahwa sarung tangan tidak terlalu ketat. Hal ini bertujuan agar sirkulasi udara bisa berjalan dengan baik saat berkendara.

Sarung tangan juga harus melindungi bagian tangan mulai dari ujung jari hingga pergelangan tangan. Johannes juga menyarankan agar Gilmoters memilih sarung tangan yang memiliki pelindung tulang, sehingga mampu melindungi tangan secara maksimal.

– Mudah Dibersihkan

Dalam hal perawatan Gilmoters harus rajin mencucinya, caranya rendam sarung tangan di dalam campuran air hangat dengan sabun cuci tangan atau sabun bayi.

Usai merendam beberapa menit bersihkan perlahan menggunakan tangan agar tidak merusak lapisan protectornya. Jika sudah selesai bilas dengan air bersih. Ingat ya, jangan gunakan sikat untuk mencuci karena bisa merusak.

Untuk bahan kulit tidak perlu direndam daam air Gilmoters, sarung tangan bahan kain bisa dikeringkan hanya mengandalkan sinar matahari. Sedangkan bahan kulit dikeringkan dengan hembusan angin hingga benar-benar kering.

Pastikan kedua sisi bagian luar dan dalam benar-benar kering, dan jangan kalian peras agar kualitas bahan tetap terjaga. “Perawatan sarung tangan sangatlah penting untuk menjaga kualitas sarung tangan, mencegah bau dan berkembangnya kuman di dalam sarung tangan,” tutup Lucky.

Original Article