Tergiur Pasar, Aprilia Rancang Motor Sport 300 cc

Tergiur Pasar, Aprilia Rancang Motor Sport 300 cc

Shared by Motovaganza.com for IIMS

NEW DELHI, Motovaganza – Tak mau kalah dengan pabrikan lain, Aprilia menyiapkan senjata barunya untuk bermain di segmen motor sport berkapasitas 250-500 cc. Merek asal Italia ingin memasuki pasar sepeda motor kelas menengah di India. Mereka rupanya terguir dengan pasar yang kini dikuasai Royal Enfield. Pasalnya, merek milik Eicher Motors memiliki hampir 99 persen pangsa pasar dalam kategori itu.

Pasar segmen ini terbilang cukup besar untuk India. Data situs Economictimes India menyebutkan jika Motor sport 250 – 300 cc terjual sebanyak 773.855 unit pada 2019. Royal Enfield pegang kendali di segmen itu, dengan raupan 764.012 unit. Melihat angka yang besar, Aprilia tergiur untuk ikut menawarkan produk di segmen itu.

Meski demikian langkah mereka masih panjang. Kemungkinannya baru siap melakukan debut pada tahun depan. Untuk tahun ini, ada kemungkinan model konsep atau pra produksi dikenalkan di acara akbar EICMA.

Rencana ini sepertinya terkait dengan strategi Piaggio, Induk perusahaan Aprilia. Mereka mengatakan mengurangi fokus bermain di segmen kelas 150 cc. Hal ini diungkap oleh Managing Director Piaggio, Diego Graffi. Ia mengatakan segmen sepeda motor 150 cc tidak terlalu berkembang. Pasar di India sudah bergerak ke arah kelas lebih tinggi. Hanya bermain di segmen 150cc tentu bukan keputusan bisnis yang baik. Sementara pasar sport menengah berkembang pesat di negara Bollywood itu.

Baca Juga: Mengupas Teknologi Baru Aprilia Shiver 900
Baca Juga: Skuter Murah Vespa Meluncur Tahun Ini, Primavera 125?

DNA Sport

Seperti kita tahu, DNA Aprilia memang kental nuansa sport. Nah rencananya produk baru nanti bakal membawa DNA sport itu. Kemungkinan masih membawa label RS atau Tuono, seperti RS 150 dan Tuono 150 yang sudah dikenalkan. Jantung pacu yang digunakan bisa memakai 2-silinder, dengan bentuk bodi naked dan juga fairing.

Tentu tak cuma di India Aprilia fokus pada pengembangan produk baru itu. Kabarnya, wilayah Asia Timur juga bakal menjadi target untuk memasarkan model anyar 300 cc. Berarti Indonesia, Malaysia dan Thailand juga termasuk. Namun Aprilia harus siap tahan banting, karena persaingan di segmen itu tidaklah mudah. Saat ini merek-merek Jepang menguasai pasar. Ada Honda CBR250RR, Yamaha YZF-R3, Suzuki GSX-250R dan Kawasaki Ninja 250.

Pabrikan besar non-Jepang tak ketinggalan. Misal dari KTM, Benelli, dan terbaru MV Agusta. Ia mengumumkan kemitraan dengan pabrikan motor asal Cina dan dikabarkan tengah merancang motor berkubikasi 300 – 500 cc. Belum lagi, dalam waktu dekat Kawasaki siap meluncurkan motor 4-silinder dengan kapasitas 250 cc secara global. Tentu pasar motor sport bakal kembali ramai.

Sumber: Auto.Economictimes, Indiatimes, Bikedekho
Baca juga: Hadapi Royal Enfield, Aprilia Rancang Motor Sport 300 cc

ZENUAR YOGA | RAJU FEBRIAN

The post Tergiur Pasar, Aprilia Rancang Motor Sport 300 cc appeared first on Motovaganza.

Original Article