Tanpa Ford, VW Amarok Dipastikan Tinggal Kenangan

Tanpa Ford, VW Amarok Dipastikan Tinggal Kenangan

Shared by Autonetmagz.com for IIMS

AutonetMagz.com – Sedikit membuka informasi lawas, Ford dan Volkswagen tahun lalu sempat mengumumkan bahwa keduanya akan bekerja sama untuk mengembangkan segmen komerisal, dan salah satunya adalah mengembangkan generasi terbaru dari VW Amarok. FYI, VW Amarok adalah sebuah double cabin yang dijual oleh pabrikan asal Jerman tersebut, tapi tidak di Indonesia.

Jadi, pangsa pasar dari VW Amarok ada di Amerika Latin, Australia, Afrika Selatan, dan Amerika Utara. Mobil ini dipasarkan mulai tahun 2010 silam dan sampai saat ini masih bertahan di generais pertamanya tersebut. Awalnya, pihak Volkswagen tidak akan memperpanjang usia dari VW Amarok, namun kehadiran Ford sebagai mitra kerja mereka di segmen komersial berhasil memperpanjang usia dari VW Amarok. Thomas Sedran, Chairman of the Board of Management dari Volkswagen Commercial Vehicles menyebutkan bahwa konsumen Amarok akan merasakan banyak benefit dari kerjasama dengan Ford, karena tanpa Ford VW tidak akan mengembangkan Amarok generasi kedua.

Nah, Thomas juga menyebutkan bahwa nantinya Ford akan mengambil peran sebagai leader dalam pengembangan proyek Ranger-Amarok. Jadi, VW Amarok generasi kedua akan diproduksi di pabrik Ford, yaitu di Solverton Plant, Afrika Selatan. VW Amarok sendiri akan hadir dalam generasi kedua pada tahun 2022 mendatang, atau 12 tahun sejak dijual resmi di generasi yang ada saat ini. Thomas menambahkan bahwa kolaborasi antara Ford dan VW akan bersifat long term alias jangka panjang. Dan keduanya menerapkan konsep step by step yang mana terbukti bisa mewujudkan kerjasama hingga detik ini.

VW sendiri berniat untuk memanfaatkan kolaborasi ini untuk memperkuat segmen komersial di kawasan Eropa. Sedikit mengenal sosok VW Amarok, jadi mobil ini menggunakan nama yang berarti ‘Serigala’. VW Amarok adalah sebuah double cabin dengan suspensi double wishbone di depan dan per daun di belakang. Mobil ini diproduksi di 3 pabrik perakitan VW yaitu di Argentina, Jerman, dan Algeria. Kehadiran VW Amarok di tahun 2010 silam juga menempuh jalan yang panjang dan terjal sejak tahun 2005. Kala itu, VW ingin membangun sebuah double cabin yang bisa menandingi eksistensi dari Toyota Hilux. Nah, di generasi kedua, VW Amarok akan menggeser posisi Mazda BT-50 sebagai kembaran dari Ford Ranger.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Original Article