Tampilan New Fortuner dan New Kijang Innova Makin Premium

Tampilan New Fortuner dan New Kijang Innova Makin Premium

Shared by Dapurpacu.id for IIMS

DAPURPACU – Toyota Astra Motor (TAM) terus menggelontorkan produk baru dan penyegaran, meski tahun ini dapat dikatakan menjadi masa yang sulit di tengah pandemi ini.

Nah untuk kali ini, TAM meluncurkan facelift New Kijang Innova dan New Fortuner. Kehadiran kedua produk baru ini kian melengkapi series produk Innovative International Multipurpose Vehicle (IMV), setelah sebelumnya dirilis new Hilux.

Minor change pada keduanya dapat dikatakan membuat tampilan pada eksteriornya semakin mewah, sementara pada interior mampu menciptakan kenyamanan saat berkendara makin maksimal.

Fortuner sebagai SUV dibuat semakin sporty dan modern yang meningkatkan kesan gagahnya. Sementara Kijang Innova menegaskan kelasnya yang semakin ke arah premium, termasuk melalui varian Venturer.

Henry Tanoto, Vice President Director TAM mengatakan, penyegaran pada kedua model Toyota ini untuk lebih menyesuaikan dengan karakteristik masyarakat Indonesia, seiring berubahnya zaman.

Karakter calon konsumen untuk keduanya pun terus bergulir, yang tidak lagi didominasi ‘kaum’ keluarga saja, melainkan keluarga muda di era modern.

“Untuk itu kami melakukan pembaruan pada keduanya, dengan tetap mempertahankan DNA-nya, namun juga menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan saat ini serta tren yang senantiasa berkembang,” kata Henry, disela peluncuran Kamis (15/10).

New Fortuner
DNA New Fortuner tampil lebih kuat berkat desain eksterior yang memberikan kesan lebih tangguh dan prestisius. Melirik perkembangannya, ini merupakan penyegaran perdana sejak generasi kedua dirilis di Indonesia pada 2016 lalu.

Penyegaran paling menonjol jelas pada fascia depannya, mulai dari grille dibalut chrome hitam dan garnish pada lampu LED dibuat lebih besar dengan desain baru lebih segar.

Ornamen chrome juga terlampir pada fog lamp dan bumper. Kesan sporti ditunjukkan oleh lis merah persis di atas grill, plus desain intake bersudut tajam.

Untuk varian TRD Sportivo, selain garnish chrome berkelir dark, dipasangkan velg berukuran besar 18 inci dual tone, ‘rumah’ spion dibalut warna hitam, serta step cover TRD Sportivo.

Pada varian reguler, rumah spion ini dibalut warna senada dengan bodi. Pada buritan, LED bar disematkan pada kombinasi lampu belakang. Sisi kepraktisan dimunculkan via power tailgate yang didukung kick sensor, yang tersedia pada semua varian.

Sedangkan di dalam, head unit layar sentuh 9 inci mampu terkoneksi Miracast dan SDL, voice command, dan surround monitor. Disematkan juga fitur wireless charging pad untuk smartphone.

Surround monitor tak hanya dapat membantu ketika parkir saja, juga menghadirkan beberapa fitur lain diantaranya Blind Spot Detection, Lane Departure Warning, Moving Object Detection, dan Headway Monitoring Warning untuk memantau jika ada mobil lain masuk ke dalam area safety New Fortuner.

Seluruh fitur tersebut akan memberikan peringatan dini pada pengemudi ketika mobil tidak dalam posisi aman saat menggunakan Surround Monitor.

Mengadopsi fitur Corolla Cross, head unit Fortuner baru telah dilengkapi NFC dan smartphone connection untuk semua varian.

Mesin diesel 2GD-FTV 2.400 cc masih terbenam di balik bonnet New Fortuner, yang juga dipasangkan pada tipe penggerak 4×2 dan 4×4. Konfigurasi tersebut menghasilkan tenaga 147 hp dan torsi 400 Nm.

Efisiensi kerja mesin ditingkatkan lewat teknologi electronically controlled commn-rail injection system, dengan tekanan 250 MPa yang diklaim irit konsumsi BBM-nya.

New Kijang Innova
Untuk facelift Kijang Innova model 2020 ini, ditanamkan beragam kenyamanan dan juga fitur pendukung sebagai mobil keluarga Indonesia sejak diluncurkan pertama kali pada 1977.

Tampilan model penyegaran kali ini membuat MPV hasil karya bangsa tersebut semakin ‘prestige premium’ dan ‘cool tough’. Konsep desain yang makin mewah, diperkuat aspek kesehatan yang dibutuhkan di masa pandemi saat ini.

Pada sisi eksterior, seluruh varian mendapat beberapa sentuhan baru seperti grille, bumper depan dan velg berkelir two-tone baru. Aksen sporty sengaja dipasangkan pada new Innova reguler, sedangkan tipe Venturer mendapatkan imbuhan mewah.

Untuk varian V mendapat sentuhan tambahan New Day-time Running Light, New Front Bumper with New Illuminating LED Fog Lamp, New Rear Combination Lamp with Black List, New Backdoor Black Paint Ornament, dan New Rear License Garnish.

Sementara pada varian G terdapat ubahan berupa New Front Bumper with Halogen Fog Lamp. Pada New Venturer tampil begitu dominan berkat New Dynamic 17” Alloy Wheel yang menguatkan tampilan cool dan tough.

Khusus Luxury Grade, New Innova dibekali ubahan yang ditujukan untuk memberikan kenyamanan lebih baik pada sisi interiornya, melalui New Black Color Captain Seat, New Seat Table, New Instrument Panel with Wooden Ornament, dan New Luxury Emblem pada sisi belakang eksterior.

Sementara Venturer, captain seat sudah menjadi opsi default sejak awal mobil ini diperkenalkan tahun 2017 lalu. Peningkatan infotainment menggunakan head unit serupa New Fortuner, yaitu berukuran 9 inci pada varian tertinggi didukung NFC.

Selain itu, Toyota menyematkan fitur yang dibutuhkan di masa pandemi ini yakni Integrated Air Purifier (car ionizer) baik pada new Kijang Innova maupun New Venturer.

“Kami tidak mengklaim adanya fitur ini untuk mengusir virus corona, tapi meningkatkan kualitas udara di dalam kabin menjadi lebih bersih,” tutur Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy, disela temu media.

Fitur akan aktif saat indikator menunjukkan terjadinya penurunan kualitas udara di kabin. Healthy feature ini sangat pas untuk menambah kenyamanan bagi anggota keluarga saat bermobilitas.

Banderol Makin ‘Fantastis’
Dengan adanya sejumlah penyegaran untuk kedua model tersebut, tentunya diikuti perubahan harga. Untuk New Fortuner dibanderol mulai dari harga Rp504,9 juta 4×2 G M/T DSL, hingga yang tertinggi varian 4×4 SRZ A/T DSL seharga Rp704,5 juta.

Sementara pada lini New Kijang Innova, versi facelift ini dipasarkan mulai dari Rp337,6 juta untuk tipe 2.0 G M/T BSN sampai Rp440,9 juta pada varian 2.4 V A/T DSL.

Sementara untuk Venturer, harga dimulai dengan Rp433,5 juta pada tipe 2.0 M/T BSN hingga Rp495,7 juta untuk varian 2.4 A/T DSL. Seluruh harga dalam status OTR Jakarta. [dp/MTH]

Original Article