Tak Sembarangan, ini Teknik Menyalip Kendaraan Lain di Jalan Raya

Tak Sembarangan, ini Teknik Menyalip Kendaraan Lain di Jalan Raya

Shared by Naikmotor.com for IIMS

NaikMotor – Tahu gak sih kalau ternyata teknik menyalip kendaraan lain itu ada dan tentu saja fungsinya agar tidak membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Yuk simak caranya selap-selip yang baik dan aman dari Wahana Honda!

Menyalip kendaraan lain itu sudah sering banget dijumpai di jalanan. Tapi sayangnya masih banyak pula yang main selap-selip tanpa pertimbangan, sehingga otomatis bisa berakibat fatal dan membahayakan baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Untuk menyikapinya, Wahana Honda pun membagikan tips berupa cara atau teknik menyalip kendaraan lain di jalan raya. Apa saja tipsnya? Yuk simak di bawah ini!

  • Hindari menyalip kendaraan dari sebelah kiri.

Biasanya, jalur kiri diperuntukkan khusus bagi mereka yang berkendara dengan kecepatan rendah atau lambat. Selain itu, sisi kiri juga identik dengan blind spot atau area yang tidak terjangkau pengelihatan pengemudi, oleh karena itu, gak heran kalau sering terjadi laka lantas karena seseorang menyalip kendaraan lain dari jalur kiri.

  • Bunyikan klakson saat akan menyalip

Teknik ini berfungsi untuk memberitahu pengendara lain kalau Motoris akan mendahuluinya. Beberapa pengendara biasanya peka, tapi ada juga yang mungkin tidak tahu sama sekali mengenai hal ini.

Agar lebih aman, jadi pastikan kendaraan tersebut agak menepi setelah Motoris membunyikan klakson, karena dengan demikian, maka jalur depan akan terbuka sedikit lebih luas dan memberi ruang bagi kendaraan Motoris untuk melaju mendahuluinya.

  • Pertahankan posisi kendaraan

Saat akan menyalip, kendaraan tentu harus memiliki kecepatan lebih tinggi. Untuk itu, Motoris harus bisa mempertahankan posisi kendaraan sekaligus menjaga kestabilan saat berkendara dengan kecepatan tinggi.

  • Perhatikan kondisi jalanan di depan

Jika akan menyalip mobil atau truk dengan sepeda motor, pastikan sudah memperhatikan bagaimana kondisi jalanan di depan mobil/truk tersebut, seperti apakah padat atau malah cukup luang untuk Motoris mengambil alih posisi di depannya. Selain itu, pastikan juga tetap menjaga jarak agar tidak terserempet.

  • Perkirakan waktu yang tepat

Jangan sampai salah perhitungan waktu saat akan menyelip karena bisa menyebabkan kejadian fatal. Motoris juga harus memperhatikan lampu belakang kendaraan tersebut. Jika lampu sein kanan menyala, tunda dulu niat untuk menyalip, tunggu ia berbelok, dan Motoris bisa lanjutkan perjalanan. Begitu juga jika lampu sein kiri menyala, tunggu kendaraan tersebut menepi, dan barulah Motoris bisa menyalipnya.

Itu tadi beberapa teknik menyalip kendaraan saat di jalan raya. Jangan lupa perhatikan hal-hal tersebut saat berkendara agar Motoris bisa berkendara dengan aman, nyaman, dan selamat hingga sampai ke tempat tujuan. (Litha/Prob/NM)

The post Tak Sembarangan, ini Teknik Menyalip Kendaraan Lain di Jalan Raya appeared first on Naik Motor | Jurnal Pengendara Motor.