Suzuki S-Presso Dapat Bintang Nol di Global NCAP

Suzuki S-Presso Dapat Bintang Nol di Global NCAP

Shared by Autonetmagz.com for IIMS

AutonetMagz.com – Masih ingat dengan Suzuki S-Presso? Yap, mobil kompak yang merupakan produk dari Maruti Suzuki di India ini memang sedikit memiliki benang merah dengan pasar Indonesia. Apalagi, sosok Suzuki S-Presso juga pernah tertangkap kamera sedang ada di Tanah Air. Nah, kali ini kami akan membahas mengenai capaian Suzuki S-Presso dalam hal tes keselamatan, dalam hal ini dilakukan oleh Global NCAP. Sayangnya, hasilnya kurang menggembirakan.

Jadi, pihak Global NCAP baru saja mengunggah hasil dari tes tabrak Suzuki S-Presso yang dijual di India. Sayangnya, hasilnya cukup menyedihkan dengan mencatatkan bintang 0 untuk perlindungan dewasa dan bintang 2 untuk perlindungan anak – anak. Bisa kalian perhatikan dalam gambar terlampir, Suzuki S-Presso mencatatkan 0 poin dari poin maksimal 17 untuk perlindungan dewasa. Angka ini jelas menjadi pukulan telak bagi Maruti Suzuki yang pede dengan 75 ribu unit Suzuki S-Presso yang sudah terjual dalam tempo 1 tahun sejak mobil ini pertama kali dijual. Lantas, apa yang melatar-belakangi kondisi bintang nol di Suzuki S-Presso?

Jelas karena fitur keselamatannya yang minim. Jadi, unit Suzuki S-Presso yang dites adalah unit versi India (RHD), dengan tahun produksi 2020. Dalam diagram terlihat bahwa driver terlindungi dengan baik di area kepala, namun area dada ke bawah rentan cedera berat. Sedangkan untuk penumpang depan juga menghadapi ancaman di area dada dan leher. Sebagai catatan, unit yang dites tidak memiliki front seatbelt pretensioners, front passenger airbag maupun ISOFIX. Tercatat fitur keselamatan yang ada di mobil ini hanyalah driver airbag, dan ABS. FYI, Suzuki S-Presso ini adalah tipe base, alias paling standar. Global NCAP juga memberikan catatan bahwa struktur dari Suzuki S-Presso ‘tidak stabil’.

Sekjen Global NCAP, Alejandro Furas mengatakan, “Sangat mengecewakan bahwa Maruti Suzuki, sebagai pabrikan terbesar di India, menawarkan produk dengan peforma keselamatan yang rendah untuk konsumennya. Pabrikan lokal seperti Mahindra dan Tata telah menunjukkan level safety yang tinggi untuk proteksi konsumen, bahkan mendapatkan 5 bintang. Tentunya ini menjadi waktu yang pas bagi Maruti Suzuki untuk menunjukkan komitmennya untuk keselamatan penumpanya kan?”. Yap, ini adalah sindiran keras namun membangun bagi Maruti Suzuki. Tentunya Maruti Suzuki harus segera merespon dan memuktikan bahwa produk mereka bisa lebih aman.

Oiya, selain Suzuki S-Presso, KIA Seltos rakitan India juga diuji di Global NCAP, dan mendapatkan rating bintang 3. Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Original Article