Suzuki Jimny 5 Pintu Siap Rilis Tahun Depan?

Suzuki Jimny 5 Pintu Siap Rilis Tahun Depan?

Shared by Autonetmagz.com for IIMS

Autonetmagz.com – Suzuki Jimny generasi terbaru merupakan salah satu nama legendaris yang kembali menarik perhatian para offroader enthusiasts sejak debutnya pada awal 2018 lalu. Sayangnya salah satu negara yang belum mencicipi mobil tersebut adalah India, dimana offroader mungil ini baru muncul sekali pada acara Auto Expo India bulan Januari lalu. Tapi tenang karena sekarang ada berita bagus bagi kalian yang tinggal di India, sebab Suzuki bakal merilis offroader andalannya pada tahun 2021 mendatang.

Ditambah varian Suzuki Jimny untuk India akan lebih praktis ketimbang versi globalnya. Kenapa varian Suzuki Jimny di India dibilang lebih praktis? Jawabannya berada pada jumlah pintunya dan dimensi yang lebih panjang ketimbang versi globalnya. Yap, Suzuki Jimny akhirnya mendapatkan varian lima pintunya dan mobil ini akan dirakit secara lokal lewat pabrik Maruti Suzuki. Walaupun Maruti Suzuki merupakan nama besar dalam pasar otomotif India, Suzuki Jimny five door akan bertemu kompetitor-kompetitor berat dalam bentuk Mahindra Thar dan Force Gurkha. Mengingat India memiliki salah satu pasar otomotif paling kompetitif di dunia apalagi pada segmen SUV dan crossover.

Suzuki tidak hanya berencana untuk memproduksi Jimny five door saja di India namun kembaran tiga pintunya juga. Suzuki mendapatkan banyak pesanan untuk offroader mereka namun pabrikan asal Jepang tersebut kewalahan untuk memenuhi target produksinya. Inipun tidak dibantu dengan adanya pandemi COVID-19 yang menghambat produksi global Suzuki Jimny. Dengan merakit kedua varian Suzuki Jimny di India, Suzuki mulai perlahan bisa meningkatkan kembali tingkat produksinya.

Untuk varian dua pintunya, Suzuki akan membawa suku cadang dari Jepang kemudian merakitnya di India. Sayangnya varian dua pintu ini tidak akan dijual di India namun bakal diekspor ke Eropa dan pasar-pasar Suzuki Jimny lainnya. Kemudian buat versi lima pintunya, semuanya akan dibangun dan dirakit secara lokal untuk menekan harga mobilnya supaya bisa tetap kompetitif. Penjualan Suzuki Jimny lima pintu akan dimulai tahun depan dan varian ini bakal dijual melalui diler premium Maruti Suzuki yakni Nexa, dimana mereka akan mengembangkan portofolio-nya mulai dari Suzuki Jimny serta produk mid-size SUV baru.

Bagaimana menurut kalian mengenai Suzuki Jimny versi lima pintu dijual ekslusif di India? Apakah varian ini bakal sukses di pasar lain? Tulis di kolom komentar ya.

Original Article