Suzuki GSX Tunjukan Ketangguhan Dalam Dua Kompetisi Dunia

Suzuki GSX Tunjukan Ketangguhan Dalam Dua Kompetisi Dunia

Shared by Gilamotor.com for IIMS

Gilamotor.com – Usai mendapatkan podium dalam ajang balap MotoGP akhir pekan lalu, kini nama Suzuki kembali disebut sebagai juara dunia dalam ajang ketahanan dunia 2020.

Suzuki Endurance Racing Team (SERT), tim Suzuki yang berkompetisi di ajang FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme) Endurance World Championship (EWC). Kali ini tim Suzuki finish ke-empat di putaran balap final musim 2019-2020 yang diadakan di Estoril, Portugal pada (26/9) lalu.

(Baca juga: Usai 2 Dekade Prestasi Tim Suzuki Berhasil Dipecahkan Joan Mir)

Perolehan total poin selama satu musim, SERT telah memenangkan gelar kejuaraan untuk pertama kalinya semenjak gelar juara dunia empat tahun sebelumnya Gilmoters. Hasil ini turut menjadi gelar kemenangan ke-16 bagi tim SERT.

Wajib Gilmoters tau nih EWC merupakan perlombaan ketahanan sepeda motor yang dipertandingkan dengan sepeda motor berbasis produksi yang diubah menjadi spesifikasi balap ketahanan. Dan kali ini tim SERT menggunakan GSX-R1000.

Dan untuk kelas MotoGP Suzuki juga mengandalkan basis mesin GSX dengan tipe GSX-RR berkapasitas mesin 1.000 cc. Tentunya kedua model ii memiliki perbedaan Gilmoters.

SERT mendapatkan dukungan teknis dari Yoshimura Jepang musim ini, dan memenangkan putaran pertama Bol d’Or 24 Jam. Setelah finish ketiga di putaran ketiga Le Mans 24 Hours, tim memiliki keunggulan 40 poin dalam gelar juara. Di babak keempat terakhir, SERT finish keempat, yang memberi tim total 167,5 poin di musim ini, unggul 18 poin untuk memenangkan gelar kejuaraan.

Prestasi tersebut diperoleh dari kualitas dan performa terbaik produk sepeda motor yang diciptakan oleh Suzuki Gilmoters, hal serupa juga dibuktikan oleh pabrika Suzuki di Indonesia yang memasarkan motor GSX-R150, GSX-S150 dan Bandit 150 dengan basis mesin yang sama denga pengujian melalui touring.

Original Article