Suzuki Berikan Tips Merawat Tangki Bensin

Suzuki Berikan Tips Merawat Tangki Bensin

[stm_post_title][stm_post_image][stm_post_info]

JAKARTA – Salah satu cara menghindari serangan karat pada tangki bensin adalah dengan tidak membiarkannya kosong tanpa BBM (bahan bakar minyak) dalam waktu lama.

Sering kali pemilik sepedamotor sengaja mengisi BBM ketika tangki bensin dalam sudah sedikit atau benar-benar kosong. Hal ini ternyata beresiko menimbulkan kondensasi dan bahkan menjadi penyebab adanya kandungan air di dalam tangki.

Dengan begitu, tangki akan rentan berkarat. Ditambah lagi, karat terbilang mudah mengendap dengan bensin. Bayangkan jika bahan bakar itu tercampur, maka serpihan karat akan turut masuk ke fuel pump atau pompa bensin. Apabila sudah seperti ini, proses pembakaran menjadi terhambat dan tak jarang membuat motor mogok.

Selain itu, pastinya pula turut memengaruhi usia pakai dari spare part lain seperti busi. Kalau tangki bensin berkarat, solusinya adalah melakukan pengurasan total. Lantaran membutuhkan waktu lama, disarankan pemilik motor melakukannya di bengkel terpercaya.

Proses itu tidak berlaku ketika karat sudah terlalu parah. Jalan terakhir yang harus ditempuh adalah membelah tangki dan membersihkannya secara menual menggunakan sikat kawat.

Oleh karena itu, pihak PT Suzuki Indomobil Sales menyarankan kepada konsumen agar tidak membiarkan tangki bensin kosong. Sebaiknya, lakukan pengisian ulang bensin sampai penuh saat indikator bensin sudah sekitar 50 persen. Menurut mereka, kejadian ini banyak dialami pada motor sport. Tapi, tidak menutup kemungkinan terjadi pada motor jenis lainnya.

Jangan ketinggalan untuk mendapatkan produk-produk terbaru dari Suzuki baik mobil maupun motor dengan beragam program menarik di Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Pameran otomotif akbar ini akan berlangsung pada 25 April – 5 Mei 2019 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta.

[stm_sidebar sidebar=”651″]