Sukses Garap Segmen Hybrid, Toyota Indonesia Bidik Mobil Listrik!

Sukses Garap Segmen Hybrid, Toyota Indonesia Bidik Mobil Listrik!

Shared by Autonetmagz.com for IIMS

AutonetMagz.com – Kalau kami meminta kalian menyebutkan produk hybrid apa yang paling sering kalian temui di jalanan Indonesia, maka merk apa yang akan kalian sebut? Yap, Toyota. Bukan sekedar karena merk ini menjadi pemimpin pasar di Indonesia dalam hal penjualan, namun juga karena Toyota sudah meniti jalan panjang mereka sebelum sampai di titik ini. Nah, kini pihak Toyota sedang mempersiapkan langkah mereka untuk masuk di segmen pasar baru lagi dalam hal elektrifikasi, dan kali ini adalah BEV alias Mobil listrik murni.

Kalian tidak salah baca, karena memang benar Toyota sedang bersiap dengan produk mereka yang menggunakan teknologi EV murni. Dalam virtual press conference yang dihelat Toyota Astra Motor (TAM) kemarin, pihak TAM membeberkan bahwa ada 1 model BEV (Battery Electric Vehicle) yang sedang dipersiapkan dalam waktu dekat ini. Nah, namun jangan berharap produk ini akan berlogo Toyota.

Sama seperti cara TAM masuk ke segmen hybrid 10 tahun lalu, kali ini TAM akan memulai segmen BEV dengan produk dari Lexus. Dan produk tersebut adalah Lexus UX EV. Kami sudah sempat membahas mobil ini di artikel lain dalam wujud Lexus UX300e. “Pendekatan yang sudah kami lakukan lebih dari 10 tahun yang lalu ini kami lakukan agar teknologi elektrifikasi makin populer, dikenal, dan diterima oleh masyarakat Indonesia. Dengan begitu, masyarakat juga turut berkontribusi dalam membangun lingkungan hidup yang sehat dengan mengurangi emisi CO2,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy.

Lalu, mengapa Lexus terlebih dahulu? Kenata tidak menjual C-HR EV saja? TAM menyadari bahwa menjual kendaraan elektrfikasi khususnya Full Battery EV baru dapat menyasar sebagian kecil lapisan pelanggan yang secara finansial cukup mampu. Seiring berjalannya waktu, segmen ini akan populer dan TAM akan menjual di segmen yang lebih merakyat. Langkah ini sama persis dengan yang dilakukan di segmen Hybrid dengan Toyota Prius HEV di 2009 dan Lexus LS HEV di 2010. Keduanya bisa dikatakan sangat niche, dan hanya kalangan tertentu yang bisa menjangkau.

Namun, saat ini hybrid Toyota sudah menyentuk segmen compact SUV dan Sedan dengan Toyota Corolla Cross HEV dan Corolla Altis HEV. Selain itu, TAM juga tengah bekerjasama dengan ITDC Nusa Dua untuk mempersiapkan dan membangun konsep EV Ecotourism di kawasan Nusa Dua Bali. Jadi, kalau kalian ingin merasakan sensasi EV sekaligus liburan, kalian bisa meliriknya sebagai destinasi. Tapi, kerjasama ini baru akan direalisasikan di 2021 mendatang.

Melalui kerjasama ini, Toyota akan menyediakan layanan mobilitas yang terintegrasi bagi semua masyarakat dan turis yang ingin mencoba menggunakan kendaraan BEV di Bali. Harapannya agar masyarakat dapat mencoba dan semakin terbiasa menggunakan kendaraan berbasis teknologi BEV serta dapat semakin mendukung daya tarik pariwisata di Bali dan Indonesia secara keseluruhan.

Pendekatan yang sama juga digunakan dengan menyediakan teknologi PHEV untuk kendaraan Fleet Taxi, dimana harapannya semakin banyak lagi orang yang dapat merasakan pengalaman dengan kendaraan elektrifikasi. Jadi, menarik untuk melihat manuver TAM di segmen ini. Kalau menurut kalian bagaimana? Yuk sampaikan pendapat kalian, kawan.

Original Article