SOP Internasional Touring Yang Mesti Diketahui

SOP Internasional Touring Yang Mesti Diketahui

Shared by Zonabikers.com for IIMS

SOP Intenasional Touring

Touring bagi kebanyakan komunitas bikers, merupakan kegiatan paling banyak dilakukan. Touring juga bukan perkara riding bareng saja Sob! Setidaknya ada beberapa aturan SOP Internasional untuk touring yang mesti Sobat Zonbie ketahui.

Aturan SOP Internasional Touring ini, dibuat oleh Motorcycle Safety Foundation (MSF). Beberapa poin dalam SOP (Standart Operational Procedure) ini, sangat penting untuk diketahui dan dijalankan dalam setiap perjalanan touring.

Apa saja aturan tersebut? zonabikers.com akan mengulas 3 aturan penting sebelum melakukan perjalanan touring.

Tentukan titik kumpul (checkpoint)

Menentukan lokasi titik kumpul (checkpoint) sangat penting dan wajib dilakukan. Hal ini bertujuan untuk memastikan dan memantau para peserta berada dalam kondisi kesehatan yang fit.

Checkpoint ini juga bisa menjadi titik istirahat sementara agar terhindar dari kelelahan dalam perjalanan touring.
Di tiap checkpoint ini nantinya PIC wajib mengecek kondisi kesehatan dan juga memastikan tidak ada peserta yang tertinggal dalam perjalanan.

Setelah semua peserta dipastikan tidak mengalami kendala berarti, maka kegiatan touring bisa dilanjutkan kembali menuju ke titik checkpoint berikutnya hingga sampai ke tempat tujuan.

Baca juga : Indonesia di Mata Bikers Malaysia

Supporting Team

Sebelum melakukan perjalanan touring secara berkonvoy, ada baiknya bentuk Reliable Supporting Team (RST). Tim ini yang akan membantu keselamatan dan kesehatan peserta touring selama perjalanan.

Pilih orang-orang yang memang sudah memahami betul melakukan tindakan Pertama Pertama Pada Kecelakaan (P3K), untuk masuk dalam tim ini. Disarankan untuk petugas tim pendukung ini tidak membawa motor sendiri, sebaiknya petugas tim ini berboncengan.

Tim pendukung tidak hanya soal kesehatan dan keselamatan tapi juga harus ada petugas yang ahli dalam soal mekanik motor. Hal ini penting, untuk membantu peserta touring yang motornya mengalami kendala selama dalam perjalanan.

Tim Officer

dalam perjalanan touring sangat penting sekali untuk menunjuk petugas yang masuk dalam tim officer. Biasanya dalam perjalanan touring kita harus menentukan petugas Siapa yang menjadi road captain dan sweeper.

Road Captain (RC) bertugas sebagai pemimpin dalam perjalanan. RC harus paham betul mengenai rute perjalanan dan juga lokasi cek poin. Selain itu RC juga harus memeriksa kondisi setiap peserta sebelum melakukan perjalanan touring.

Sweeper bertugas sebagai pemantau kondisi peserta touring. Selain itu, swiper juga berfungsi sebagai penyambung informasi dari peserta touring kepada RC. Apabila ada peserta touring yang lelah atau mengantuk sweeper harus menginformasikan hal tersebut kepada RC, agar RC bisa menentukan lokasi untuk beristirahat sejenak.

Nah, itu tadi tiga aturan penting sebelum melakukan perjalanan touring yang mesti sobat zombie ketahui. Buat touring Sobat Zonbie se-asyik mungkin dan hindari hal buruk yang bisa saja terjadi diperjalanan dengan mengaplikasikan 3 aturan diatas sebelum perjalanan.

The post SOP Internasional Touring Yang Mesti Diketahui appeared first on Zonabikers.com.

Original Article