Simpan Busi Motor di Bagasi, Aman Ngga Si?

Simpan Busi Motor di Bagasi, Aman Ngga Si?

Shared by Gilamotor.com for IIMS

Gilamotor.com – Siapa dari Gilmoters yang selalu menyediakan busi motor di dalam bagasi kalian? Pasti kalian dari bikers yang tidak mau merepotkan orang lain, dan tetap pertahankan ya.

Menyediakan busi motor di bagasi bukan hanya berlaku di motor lawas aja loh Gilmoters, kalian pengguna motor baru juga harus menyediakan busi dan toolkit motor. Ketersediaan ini tentunya untuk motor sendiri atau menolong orang lain, terlebih kalau sudah musim hujan Gilmoters. Pasalnya busi juga tidak memiliki masa kadaluarsa selama tidak digunakan.

(Baca juga: Tiga Faktor Yang Bikin Harga Motor Jadi Murah)

Tetapi jangan salah penyimpanan busi motor juga ada caranya agar busi bisa kalian gunakan sewaktu dibutuhkan. Hal ini diungkapkan oleh Diko Oktaviano selaku Technical Support PT NGK Busi Indonesia.

“Penyimpanan busi motor di dalam bagasi jok yang penting aman dari benturan, yang rawan kan benturannya. Karena bagian sensitif busi ada pada elektroda dan resistor di dalam keramik,” kata Diko.

Kerusakan busi motor pada resistor atau keramik tentunya tidak dapat terlihat, sementara jika dari fisik bisa kalian observasi mulai dari tumpukan kerak hitam di insulator dan elektroda, ada cacat dan celah antar elektroda membesar.

Sementara jika kalian melakukan pengetesan dapat terlihat ketikan sudah tidak ada api diantara kedua elektrodanya atau percikan yang sudah tidak fokus lagi Gilmoters.

Sekarag sudah ada bayangan dong bagaimana penyimpanan busi di bagasi motor seharusnya, kalo Bang Gilmot sih menyimpan dalam kemasan dan di balut kain agar tidak ada guncangan keras pada busi cadangan. Sudah sesuai dong apa yang dikatakan bro Diko.

Original Article