Review Samsung Galaxy Tab S7: Tablet Premium dengan Beragam Fitur dan Fleksibilitas Tinggi

Review Samsung Galaxy Tab S7: Tablet Premium dengan Beragam Fitur dan Fleksibilitas Tinggi

Shared by Mobitekno.com for IIMS

Mobitekno – Samsung Galaxy Tab S7 Series hadir di Indonesia di akhir Agustus 2020 kemarin. Tablet terbaru dari Samsung ini tentunya membawa berbagai keunggulan dan performa yang lebih kencang untuk menunjang produktivitas pengguna. Ada dua varian yang hadir di Indonesia, yaitu Galaxy Tab S7 dengan layar berukuran 11 inci dan Galaxy Tab S7+ dengan layar 12,4 inci. Layar yang cukup lebar dan luas ini tentunya membuat pengguna lebih leluasa dalam mengerjakan dan beraktivitas apapun, termasuk untuk hiburan dan bermain game.

Salah satu pembaruan yang hadir dan sempat diinformasikan oleh Samsung adalah pada S Pen dan S Note. Kedua fitur ini kini memiliki fungsi yang lebih advance. Dengan demikian, padauan keduanya membuat rutinitas pekerjaan menjadi lebih mudah dan nyaman.

Namun, fitur-fitur lainnya juga cukup menarik untuk dicoba. Sejak diperkenalkan pada Galaxy Unpacked Virtual pada awal Agustus 2020 dari Korea Selatan, Mobitekno sebenarnya sudah cukup penasaran untuk mencoba fitur-fitur yang dihadirkan dalam perangkat ini. Dan, pada akhirnya Mobitekno berkesempatan untuk menguji tablet Galaxy Tab S7 selama beberapa hari. Memang, varian Galaxy Tab S7 ini lebih murah dibandingkan dengan Galaxy Tab S7+. Ada beberapa perbedaan fitur yang membuatnya Galaxy Tab S7 lebih terjangkau dibandingkan Galaxy Tab S7+. Namun begitu, bukan berarti performanya juga jauh berbeda. Untuk lebih jelasnya, ikuti hasil pengujian Mobitekno berikut ini.

Kelengkapan

Mobitekno mendapatkan unit review berupa satu paket penjualan Samsung Galaxy Tab S7 dari Samsung Indonesia. Warna yang kami dapatkan adalah Mystic Black. Begitu paket datang, kami langsung membukanya untuk melihat apa saja yang ada di dalamnya.

Berikut ini item-item yang ada di paket penjualan Samsung Galaxy Tab S7:

  1. Tablet Samsung Galaxy Tab S7 Mystic Black dengan layar 11 inci
  2. S Pen berwarna hitam
  3. Adapter A to DC dengan fitur Fast Charging 15W
  4. Kabel charger USB type C
  5. SIM Card Ejector
  6. Buku petunjuh singkat dan garansi

kelengkapan galaxy tav]b s7

Desain

Setelah paket dibuka dan tablet diangkat, kesan mewah langsung terasa. Apalagi begitu tablet dinyalakan. Warna yang dihasilkan sudah terbilang jernih. Padahal Galaxy Tab S7 tidak menggunakan Super Amoled seperti di galaxy Tab S7+. Pada Galaxy Tab S7 menggunakan jenis layar LTPS IPS LCD. Namun, tampilan tetap terlihat jernih. Apalagi layarnya juga mendukung refresh rate yang tinggi, hingga 120Hz (dengan setting Adaptive). Ini membuat mata semakin nyaman melihat detail yang ada dalam Galaxy Tab S7.

Secara keseluruhan, Samsung Galaxy Tab S7 memiliki dimensi 254 x 165 x 6,3mm. Sementara bobotnya 495gram, cukup ringan untuk ukuran sebuah tablet. Desain yang terbilang tipis juga membuatnya tablet ini mudah untuk ditempatkan dimana pun, termasuk di tas komputer milik Anda. Terkecuali Anda membelinya dengan tambahan keyboard cover yang tidak hanya menyediakan keyboard fisik dengan koneksi bluetooth, tetapi juga sebagai perlindungan perangkat.

desain_galaxy tab S7
bobot ringan dan desain premium menjadi daya tarik Galaxy Tab S7

Salah satu yang membuat tablet ini terlihat mewah dan premium adalah penggunaan material metal di bagian bodi, baik di sisi belakang maupun di bezel. Ini mampu membuat tablet dtidak terlihat cepat kotor. Apalagi permukaannya bukan dari jenis glossy.

Untuk melihat fitur apa saja yang menempel pada bodinya, kami memposisikan Galaxy Tab S7 ini dalam posisi portrait, sama dengan saat kami me-review sebuah smartphone. Di bagian layar yang LTPS IPS LCD ini, Samsung juga menempatkan sebuah kamera kecil. Jika tablet diposisikan landscape, posisi kamera persis di tengah-tengah, di atas layar. Kamera ini memiliki resolusi 8MP 1080p dan 30fps. Letaknya yang persis di tengah membuatnya mudah untuk menggunakan kamera saat melakukan video conference. Mata akan fokus menatap ke tengah. Layar Galaxy Tab S7 juga memiliki screen to body ratio sebesar 83,6% dan memiliki rasio layar 16:10.

galaxy tab S7
Posisi kamera depan yang ada di tengah membuat mata menjadi fokus saat melakukan aktivitas dengan video

Beralih ke sisi kanan. Di sini terdapat tombol power dan volume. Menariknya, tombol power juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari. Ini berbeda dengan Galaxy Tab S7+ yang memiliki fitur pemindai sidik jari di bawah layar. Turun ke bawah, terdapat slot SIM Card untuk koneksi menggunakan kartu SIM dari operator.

Sementara di sisi berlawanan terdapat konektor magnet untuk menempelkan perangkat ini dengan berbagai case, seperti book cover dan Keyboard cover.

tombol power galaxy tab s7
Tombol volume dan power yang juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari.

Di bagian atas dan bawah terdapat masing-masing dua lubang speaker. Jika tablet diposisikan landscape, posisi speaker ini berarti ada di kanan dan kiri. Ini membuatnya suara yang dihasilkan tablet lebih nyaman di dengar. Khusus di bagian bawah, tentunya terdapat port USB type C untuk koneksi saat menggunakan kabel charger atau kabel data. Posisi port USB type C ini juga tidak akan mengganggu saat tablet digunakan dalam mode desktop, lengkap menggunakan keyboard.

Tidak ada port audio 3,5mm, koneksi audio,mengandalkan port USB Type C ini

Lalu, dimana area untuk menempelkan S Pen, jika tablet ditak memiliki book cover atau keyboard cover? Pada sisi kanan, di bawah tombol volume hingga slot SIM Card, terdapat magnet memanjang. Ini berguna untuk menempelkan S Pen di sisi tersebut. Jika ditempelkan, S Pen cukup melekat erat pada bodi Galaxy Tab S7.

Sekarang beralih ke bagian belakang. Jika diposisikan secara landscape, ada dua kamera di bagian atas kanan. Kamera utama ini memiliki resolusi 13MP Wide dan 5Mp Ultra Wide. Dua kamera ini didesain menarik dengan frame memanjang yang dilanjutkan dengan logo Samsung. Samsung mendesain frame berwarna hitam memanjang ini tentunya tidak sekadar menempel di bodi begitu saja. Di baliknya terdapat magnet juga, sehingga S Pen bisa diletakkan di bagian belakang Galaxy Tab S7.

galaxy tab s7
Kamera belakang yang frame-nya bisa berfungsi sebagai area menempatkan S Pen

Sementara untuk S Pen Galaxy Tab S7 yang berwarna hitam. Teknologi S ini telah diperbarui sehingga kini tampil dengan latensi yang sangat rendah, hanya 9ms.S Pen dilengkapi dengan baterai 0,35mAh di dalamnya dengan proses pengisian daya secara wireless. Saat S pen menempel di bodi Galaxy Tab S7, secara otomatis pengisian daya S Pen akan berlangsung.

S Pen
S pen Galaxy Tab S7 dengan latensi rendah, 9ms

Fitur dan Performa

Samsung Galaxy Tab S7 hadir dengan membawa beragam fitur menarik di dalamnya. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, fitur—fitur ini bertujuan untuk menunjang produktivitas penggunannya. Namun begitu, layar yang luas, didukung dengan performa andal, membuat tablet ini nyaman untuk diajak bekerja, tetapu juga bermain dan menikmati hiburan. Oleh sebab itu mari kita bahas satu persat dari fitur yang ada di Galaxy Tab S7 ini.

Samsung Galaxy Tab S7 ini juga sudah menggunakan One UI 2.5 berbassi Android 10. Oleh sebab itu, fitur bawaan Android 10 pun disediakan lengkap di tablet ini. Contohnya seperti fungsi keamanan Parental Control melalui Family Link, Digital Wellbeing, hingga Device Care.

Prosesor dan RAM yang lebih bertenaga

Baik Samsung Galaxy Tab S7 dan Galaxy Tab S7+ menggunakan prosesor yang sama, yaitu Snapdragon 865 Plus. Prosesor dengan fabrikasi 7nm ini tentunya dapat mengangkat performa keseluruhan proses yang terjadi di dalam tablet. Dengan prosesor ini, kinerja CPU meningkat hingga 30% dari Galaxy Tab S6 yang menggunakan Snapdragon 855. Selain itu, penggunaan Adreno 650 jugamampu mengangkat kinerja grafis hingga 35%. Apalagi performa ini masih ditunjang oleh memori 6GB RAM dan storage internal sebesar 128GB.

S pen dan S Notes:

Kedua fitur ini kami ulas menyatu karena memang fungsinya saling berkaitan. S pen di Galaxy Tab S7 ini kini memiliki latensi yang sangat rendah. Dengan begitu, corat-coret dengan S pen ini rasanya seperti menggunakan pensil atau pena sungguhan di atas selembar kertas. Fungsi S Pen juga cukup luas. Selain dapat menjadi perangkat untuk mencatat, S Pen juga dapat difungsikan untuk mengontrol Galaxy Tab S7 dengan fungsi Air Actions. Hal ini berkat adanya dukungan beberapa gesture yang sudah ada di dalamnya. Misalnya, menggerakkan S Pen dengan gesture seperti membuat huruf C, akan menjalankan fungsi back. Sementara menggerakkan dengan gesture seperti huruf U terbalik akan membuat tampilan kembali ke Home Screen.

Menariknya, gesture-gesture ini bisa difungsikan ke berbagai aplikasi di dalam tablet. Misalnya saja untuk aplikasi kamera. Anda bisa menggerakkan beberapa gesture untuk membuka aplikasi, mengambil gambar, hingga mengontrol musik, tanpa harus menyentuh layarnya. Ini tentunya memudahkan pengguna. Bahkan, jika Anda sedang melakukan presentasi, gesture ini dapat membantu Anda.

Sementara untuk S Notes, ada beberapa peningkatan fitur, termasuk fitur baru di dalamnya. Salah satu fitur terbaru tersebut adalah Audio Bookmark. Fitur ini sangat membantu saat Anda ingin mereka sebuah perbincangan dalam rapat. Hasil rekaman bisa dipadukan dengan hasil tulisan dengan S Pen. Dengan demikian, hasil sinkronisasi ini memudahkan Anda jika Anda ingin menganalisis satu hal penting di dalam catatan.

Samsung Notes (S Notes) juga memiliki fungsi yang lebih luas. Kini aplikasi ini bisa mengolah berbagai format dokumen, termasuk PDF dengan cepat. Bahkan, file-file dokumen tersebut bisa ditambahkan catatan khusus di area yang sama. S Notes juga memiliki fitur untuk memperbaiki bentuk tulisan dari hasil corat-coret S Pen. Jadi, jangan khawatir tulisan Anda jelek, karena tablet ini bisa memperbaikinya menjadi bentuk teks yang rapi.

Samsung DeX

Salah satu keunggulan tablet keluaran Samsung dibandingkan tablet lainnya adalah adanya fitur Samsung Desktop Experience atau lebih dikenal dengan Samsung DeX. Melalui fitur ini, perangkat tablet bisa diubah dalam bentuk desktop mode. Anda akan disuguhkan UI seperti komputer desktop, bukan tampilan perangkat mobile. Contohnya, Anda bisa menemukan taskbar di bagian bawah. Mode ini bisa dijalankan dengan mengaktifkan DeX Mode dari notification bar.

Kurang puas dengan luasnya layar tablet? Anda bisa menggunakan layar monitor yang lebih luas lagi dengan Samsung Wireless DeX. Anda bahkan bisa menggunakan smart TV terkini yang sudah mendukung mirroring. Berbeda dengan Samsung DeX sebelumnya, pada Samsung Galaxy Tab S7, Samsung sudah menggunakan Wiireless DeX. Jadi, tidak diperlukan lagi docking station dan kabel. Cukup menekan lama icon Samsung DeX, lalu cari perangkat monitor yang terdeteksi. Sambungkan dengan perangkat monitor atau Smart TV tersebut. Caranya kini lebih mudah dan sederhana.

Dengan layar yang besar tentunya, tablet Samsung Galaxy Tab S7 sepeti menjadi sebuah CPU, dimana layar dan perangkat pendukungnya seperti keyboard dan mouse merupakan perangkat tambahan. Dalam mode ini, bermain, presentasi, atau bekerja bersama tim, menjadi lebih nyaman. Kami bahkan sempat bermain game Asphalt dengan layar dari Smart TV ini. Cukup menyenangkan. Oiya, saat sedang tersambung dengan monitor yang lebih besar, tablet bisa berfungsi sebagai trackpad.

Baterai

Samsung Galaxy Tab S7 memiliki baterai berkapasitas 8.000mAh. Baterai sebesar itu tentunya dapat menunjang pengoperasian tablet dengan durasi yang cukup lama. Kami memang tidak spesifik menguji baterai ini. Namun, saat digunakan untuk bekerja, tidak dibarengi bermain game, tablet Samsung yang kami uji ini mampu bertahan lebih dari sehari.

Kamera

Untuk bagian ini, Samsung Galaxy Tab S7 juga bisa terlihat berbeda dengan tablet-tablet lainnya. Seperti sudah disebutkan sebelumnya, Samsung menyematkan dua kamera di bagian belakang, dan satu kamera selfie di bagian depan. Namun begitu, fitur kamera yang disertakan tidak asal ada saja. Sama seperti produk smartphone-nya, fitur kameranya terbilang cukup lengkap. Bahkan disediakan juga fitur single take untuk proses pengambilan gambar yang banyak hanya dengan sekali menekan tombol shutter. Selain itu, ada juga mode-mode pengambilan gambar lainnya, termasuk mode pro.

Untuk kamera ini, kami menyertakan contohnya berikut ini.

Kami juga mengukur kemampuan tablet Samsung Galaxy Tab S7 ini dengan beberapa aplikasi benchmark.

3DMark

Spesifikasi

Semua keunggulan tadi tentunya tidak bisa dilakukan dengan baik tanpa dukungan hardware yang baik juga. Penggunaan spesifikasi hardware yang baik ini membua tablet Samsung Galaxy Tab S7 terlihat mewah dan premium. Berikut spesifikasi yang ada di dalam Samsung Galaxy Tab S7.

Fitur Galaxy Tab S7
Layar 11” 2560 x 1600 LTPS PLS
OS Android 10 (One UI 2.5)
Warna Mystic Black, Mystic Silver
Dimensi & Berat 253.8 x 165.3 x 6.3 mm, 500 gr
Camera Depan: 8 MP

Belakang:

13 MP (Utama)

5 MP (Ultra Wide)

Memori/ Penyimpanan 6GB RAM

128GB ROM

Internal Storage Micro SD Slot (Up to 1TB)

Chipset SM 8250-1, Octa core (1x 2.8 GHz+ 3×2.4 GB + 4×1.8 GB)
Prosesor Snapdragon 865+
Kapasitas Baterai 8.000mAh (Typical)
Konektivitas WiFi, LTE
Konektor USB Type C
Sensor Accelerometer, Gyroscope, RGB, Hall Sensor
GPS GPS + GLONASS
Audio Quad Speakers sound by AKG, Dolby Atmos®
Video UHD 4K (3840 x 2160) | 30fps
S pen Included, BLE (9 ms latency)

Kesimpulan:

Samsung Galaxy Tab S7 memang termasuk tablet premium yang beredar di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari penggunaan prosesor terbaru, memori yang besar, materual bodi yang tidakmurahan, hingga S Pen yang memiliki super low latency. Penggunaan prosesor Snapdragon juga menjadi nilai tambah dan bisa jadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Ini berbeda dari produk-produk sebelumnya yang masih banyak menggunakan prosesor Exynos.

Faktor daya tarik lainnya adalah fitur dan fungsi yang terbilang banyak. Tentu saja fitur-fitur ini bisa menunjang aktivitas penggunanya. Hal ini tentunya cocok di tengah kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini, dimana banyak masyarakat yang masih melakukan pekerjaan dari rumah. Fitur yang beragam dan pintar ini juga tidak menghalangi pengguna untuk tetap berkreasi walau hanya dari dalam rumah. Apalagi Samsung juga membawa aplikasi-aplikasi untuk mendukung kreativitas penggunanya, seperti Clip Studio Pen, Canva, dan Noteshelf.

Samsung Galaxy Tab S7, performa kencang dapat menunjang produktivitas

Kualitas audio yang digunakan dari AKG juga cukup berkualitas. Sayangnya, Galaxy Tab S7 ini tidak memiliki port audio 3,5mm. Jadi, jika Anda ingin mendengarkan audio menggunakan headphone, sebaiknya pilih yang sudah memiliki fitur koneksi bluetooth. Atau Anda bisa menambahkan konektor USB type C to Audio Jack 3,5mm yang dapat dibeli di toko aksesori.

Samsung Galaxy Tab S7 juga menjadi pilihan alternatif yang baik jika dana yang Anda miliki tidak cukup untuk membeli Samsung Galaxy Tab S7+. Performanya tidak jauh berbeda. Hanya ada perbedaan-perbedaan fitur di luar sisi performa.

Original Article