Review Samsung A51 Haze Crush Silver, Ada Penyempurnaan Fitur dari A51 Sebelumnya

Review Samsung A51 Haze Crush Silver, Ada Penyempurnaan Fitur dari A51 Sebelumnya

Shared by Mobitekno.com for IIMS

Mobitekno – Tahun 2020 ini Samsung memang mengeluarkan banyak varian smartphone untuk masyarakat Indonesia. Tidak hanya seri-seri baru yang keluar, tetapi juga varian yang menyempurnakan lini produk Samsung. Salah satunya Samsung Galaxy A51 dengan warna haze Crush Silver ini. Dari spesifikasinya tidak banyak yang berubah dari Galaxy A51 lainnya yang diluncurkan pada awal 2020.

Namun begitu, Smartphone ini tetap menarik untuk diulas. Samsung memang melengkapi Galaxy A51 Haze Crush Silver ini dengan beberapa fitur tambahan yang biasanya ditemukan di seri-seri atasnya. Salah satunya adalah fitrut Single Take pada bagian fotografi. Fitur ini bisa mengambil beberapa gabar sekaligus hanya dalam satu kali klik pada tombol shutter. Sebelumnya, fitur ini bisa ditemukan di Samsung S Series.

Tidak hanya fitur kamera saja yang mengalami penyempurnaan. Ada beberapa fitur lagi yang ditambahkan ke varian ini sehingga Galaxy A51 dengan warna baru ini layak untuk dibeli. Mobitekno pun mendapat kesempatan untuk mencoba dan mengulas Smartphone ini dalam beberapa minggu. Hasilnya bisa disimak dalam ulsan berikut ini.

Kelengkapan

Dalam boks kemasannya yang memiliki warna dominan putih, Samsung meletakkan berbagai item di dalamnya, selain tentu saja unit smartphonenya. Semua di susun rapi dan kompak serta padat. Untuk lebih jelasnya, berikut item-item yang ada pada kemasan Samsung Galaxy A51 Haze Crush Silver ini:

  1. Unit Samsung dengan warna haze Crush Silver
  2. Kabel USB Type C sebagai kabel charger dan kabel data
  3. Fast Adaptor AC to DC 15W
  4. SIM Card Ejector
  5. Soft Case transparan
  6. Buku petunjuk singkat dan kartu garansi
  7. Earphone standar

Desain

Sebenarnya tidak ada yang berubah dari sisi desain Samsung Galaxy A51 dengan opsi warna Haze Crush Silver ini yang keluar pada bulan Juli dibandingkan dengan galaxy A51 yang leluar pada Februari 2020. Dari sisi dessain semuanya sama. Kita perhatikan satu per-satu dari setiap sisi.

Mulai dari bagian layar. Samsung Galaxy A51 ini memiliki layar berukuran 6,5 inci Super AMOLED dengan resolusi 1.080 x 2.400 piksel. Screen to body ratio-nya kurang lebih 87,4%. Ini membuat layar terlihat luas. Sementara layar juga dibalut dengan lapisan Cornng Gorilla Glass 3.

Dengan desain Infinity O-Display, tersemat kamera kecil di atas layar ini, persis di tengah-tengah. Kamera selfie dengan model punch hole ini berkemampuan 32MP dengan bukaan F.22. Kamera depan ini juga dapat merekam video 1080p dengan 30fps.

Beralih ke sisi samping kanan dan kiri. Dua tombol, yaitu power dan volume terletak di sisi kanan. Tombol volume berada di atas tombol power. Sementara di sisi satunya lagi terdapat slot SIM Card. Slot ini mengadopsi dual Micro SIM ditambah microSD. Ketiganya memiliki slot terpisah sehingga bisa digunakan secara berbarengan. MicroSD yang ditambahkan mendukung hingga kapasitas 512GB. Sangat besar jika digabungkan dengan storage bawaannya yang sudah 128GB.

Di bagian bawah terdapat port USB type C untuk menghubungkan kabel charger atau kabel data. Persis di sampingnya terdapat lubang speaker. Dan di sisi satunya lagi terdapat port audio 3,5mm. Di sini juga terdapat lubang mikrofon, menemani lubang mikrofon lainnya yang berada di sisi atas layar.

Samsung galaxy A51 ini juga memiliki bodi yang terbilang tipis. Ketebalannya hanya 7,9mm. Sementara lebar dan panjangnya adalah 73,6mm x 158,5mm. Bobotnya juga cukup ringan yaitu 172 gram. Dengan begitu, sangat nyaman saat dibawa dan digenggam di tengah kesibukan Anda.

Seperti produk-produk Samsung lainnya. Di Galaxy A51 ini juga dilengkapi dengan soft case transparan. Jadi, Anda tidak perlu lagi membeli soft case tambahan untuk melindungi bodi smartphone. Terkecuali, Anda mengingnkan case dengan desain lainnya yang lebih premium atau dengan pola warna yang unik.

Fitur dan Performa

Samsung galaxy A51 Haze Crush Silver ini awalnya menggunakan User Interface One UI 2.0. Namun kini sudah mengalami update sehingga meningkat menjadi One UI 2.1. Baik One UI 2.0 maupu One UI 2.1 sudah berbasis Android 10. UI ini cukup simpel tampilannya. Pergerakannya antar halaman dengan UI ini juga sangat lancar, tidak ada lag.

Melengkapi One UI 2.1, Samsung juga menyematkan fitur keamanan Samsung Knox. Fitur ini dapat melindungi data pribadi berupa foto, dokumen, audio, hingga video-video penting. Adanya Samsung Knox membuat fitur keamanan di Galaxy A51 ini menyamai fitur yang ada di kelas flagship.

One UI 2.1 ini juga memiliki halaman Samsung Daily yang memuat update-update terkini mengenai info yang terkait dengan kesukaan Anda. Untuk mengakses Samsung Daily ini, cukup mengusap layar ke kanan dari Home Screen. Laporan cuaca, update tangga lagu terkini di Spotify, hasil pertandingan olahraga, hingga adanya aplikasi yang sedang tren di Galaxy Store bisa Anda dapatkan. Namun, jika Anda tidak menginginkannya, fitur Samsung Daily ini bisa dinonaktifkan.

Untuk urusan performa, Samsung menggunakan Exynos 9611 yang mendukung dunia game. Selain itu, Samsung juga melengkapinya dengan memori sebesar 8GB RAM dan storage internal 128GB. Kapasitas memori ini juga menjadi pembeda dari gaaxy A51 sebelumnya. Jika di varian Galaxy A51 yang hadir di Februari, Samsung memiliki opsi memori 6GB, di varian haze Crush Silver hanya ada kapasitas memori 8GB saja.

Untuk sisi kamera, Samsung membekali kamera utamanya dengan 4 buah kamera, yaitu kamera 48MP, kamera bokeh 5MP , kamera makro 5MP, dan kamera ultra wide 12MP. Fitur-fiturnya sebagian sama dengan galaxy A51 sebelumnya. Namun ada tambahan fitur menarik dari Samsung. Samsung menyematkan fitur Pro Mode di Varian ini. Dengan fitur ini, Anda bisa meningkatkan kemampuan kamera untuk mengambil foto dan video. Kini Anda bisa menyesuaikan ISO, Aperture, shutter sspeed, fokus, white balance, hingga besaran exposure.

Satu lagi yang menarik di sisi fitur kamera ini adalah hadirnya Single Take. Fitur ini kini tidak lagi menjadi fitur di flagship saja. Di Galaxy A51 haze Crush Silver, Anda bisa menikmati dan merasaakan Single Take ini. Dengan satu klik saja, Anda bisa mendapatkan banyak hasil foto dengan tampilan yang berbeda-beda.

Satu fitur lainnya yang ada di varian Haze Crush Silver ini adalah Music Share dan Quick Share. Fitur ini merupakan solusi untuk berbagi file dengan perangkat Samsung lainnya (yang juga sudah mendukung Quick Share). Teknologi Wi-Fi Direct berperan dalam Quick Share ini. Jadi, Anda tidak perlu repot saat ingin mentransfer file atau dokumen ke perangkat Samsung lainnya. Hal inibisa dilakukan dengan sangat cepat.

Sementara fitur Music Share memungkinkan Anda untuk berbagi playlist dengan pengguna lainnya saat mendengarkan musik. Fitur ini sangat berguna jika ada dua sumber musik dalam satu perangkat Wireless Audio Speaker. Saat teman Anda ingin memutar playlist-nya di speaker, Anda yang sedang terhubung ke speaker tidak perlu lagi melakukan unpair.

Fitur menarik lainnya tentu saja Near Field Communication (NFC). Fitur ini tampaknya sudah semakin populer, seiring meningkatnya penggunaan kartu elektronik untuk pembayaran non tunai. Bahkan, NFC yang dipadukan dengan Samsung Pay ini bisa melakukan transaksi keuangan. Hal ini karena Samsung telah bekerjasama dengan dompet digital DANA.

Dari sisi baterai, kapasits 4.000mAh sudah cukup membuat perangkat smartphone bekerja lebih dari seharian penuh. Bahkan dalam penggunaan standar, tanpa bermain game dan tidak terlalu banyak mengakses media sosial, kami bisa mengoperasikan smartphone sampai hari kedua. Proses pengisian pun bisa dilakukan dengan cepat karena sudah mendukung Fast Charging. Dalam paket standarnya Samsung membekali Adaptor 15W.

Jangan lupakan juga fitur Dolby Atmos untuk apra pencinta film dan audio. Jika Anda memiliki perangkat headset premium, fitur ini sangat membantu dalam menambah kenyamanan mendengarkan audio. Fitur ini bisa diatur di bagian Settings.

Untuk sisi keamanan, selain adanya Samsung Knox, Samsung juga melengkapinya dengan face recognition dan Fingerprint. Keduanya bisa diakses dari menu settings. Fitur Fingerprint-nya sendiri sudah menggunakan teknologi On-Screen alias dilakukan di atas layar. Samsung tampaknya telah mengembangkan fitur sidik jari di atas layar ini dengan serius. Kini fitur ini tampil cukup responsif.

Kami juga menguji smartphone ini dalam tiga aplikasi benchmark. Hasilnya sebagai berikut:

Sementara untuk hasil-hasil foto dari kamera, bisa dilihat berikut ini:

Spesifikasi

Berikut spesifikasi yang ada di Samsung Galaxy A51 varian Haze Crush Silver

Jenis Smartphone Galaxy A51
Layar 6,5-inch, Full HD+ (1080 x2400), Super AMOLED, Infinity-O Display
Kamera belakang Main: 48MP, F2.0
Depth: 5MP, F2.2
Macro: 5MP, F2.4
Ultra Wide: 12MP, F2.2
Kamera Depan Selfie: 32MP, F2.2
Dimensi dan bobot 158,5 x 73,6 x 7,9mm / 172g
Prosesor Octa Core (Quad 2,3GHz + Quad 1,7GHz)
Sistem operasi Android 10
User Interface Samsung One UI 2.0
Memori 8 GB RAM
Storage Internal 128GB Internal Storage
Memori Tambahan Micro SD slot (up to 512 GB)
SIM Dual SIM (3 slot)
Baterai 4.000 mAh (typical)
15W Fast Charging
Keamanan On-Screen Fingerprint, Face Recognition
Warna Haze Crush Silver
Fitur Lainnya NFC, Samsung Pay, Dolby Atmos,
AI Gaming Boster

CPU-Z:

Kesimpulan

Melalui Samsung Galaxy A51 dengan opsi warna Haze Crush Silver, Samsung ingin meningkatkan pengalaman pengguna A51 sebelumnya. Ada beberapa fitur tambahan yang bagi sebagian orang cukup berarti. Salah satunya adalah single take. Dengan fitur ini, beberapa hasil foto bisa didapat hanya dengan sekali klik di tombol shutter. Jadi, selain bisa mendapatkan foto dengan mode standar, Anda juga bisamendapatkan foto dengan hitam putih atai portrait. Anda bahkan bisa mendapatkan video boomerang di dalamnya.

Sementara fitur kamer Pro Mode juga bermanfaat jika ingin melakukan foto dengan pengaturan yang sesuai keinginan Anda. Beberapa bagian oenting dalam setting foto bisa diatur sendiri. Tentunya cara ini, jika dilakukan dengan tepat akan menghasilkan foto yang lebih oke.

Selain fitur-fitur tambahan dan warna, memang tidak ada hal berarti yanng membedakan Galaxy A51 haze Crush Silver dengan Galaxy A51 sebelumnya. Jadi, feeling penggunaan smartphone masih tetap sama. Pilihan RAM yang Cuma 8GB juga membuat smartphone ini lebih bertenaga karena di pilihan sebelumnya masih ada yang menggunakan RAM 6GB.

Original Article