Review Galaxy A71 Haze Crush Silver, Smartphone dengan Fitur Terbaik Lini A-Series di 2020

Review Galaxy A71 Haze Crush Silver, Smartphone dengan Fitur Terbaik Lini A-Series di 2020

Shared by Mobitekno.com for IIMS

Mobitekno – Samsung Galaxy A71 dengan varian warna Haze Crush Silver hadir bersamaan dengan Samsung Galaxy A51 dengan varian warna yang sama. Namun, seri ini sudah hadir pertama kali di awal tahun 2020. Sama seperti pada Galaxy A51 Haze Crush Silver yang pernah kami review juga, pada Galaxy A71 Haze Crush Silver juga terdapat penambahan fitur pada sisi kamera.

Samsung Galaxy A71 Haze Crush Silver sendiri merupakan salah satu smartphone di lini A Series yang menggunakan prosesor Snapdragon, bukan Exynos. Oleh sebab itu, smartphone ini masuk di segmen menengah. Dibekali juga dengan memori dan storage yang cukup besar, samrtphone ini pun mendukung aktivitas esport.

Upgrade yang terjadi di Galaxy A71 Haze Crush Silver juga membuat fleksibilitas smartphone ini bertambah. Dengan begitu, seri Galaxy A71 ini masih menawarkan daya tarik bagi para konsumen Samsung di Indonesia. Tidak perlu berlama-lama, berikut ini ulasan Mobitekno untuk Samsung Galaxy A71 Haze Crush Silver.

Kelengkapan

Paket Samsung Galaxy A71 Haze Crush Silver ini memiliki boks yang cukup kompak dengan dominasi warna putih. Tidak ada keterangan spesifikasi di dalam boksnya, kecuali nomor seri dan informasi storage serta memori saja.

Untuk lebih detailnya, berikut ini item-item yang ada pada paket kemasannya:

  1. Satu unit Samsung Galaxy A71 Haze Crush Silver
  2. Softcase transsparan
  3. Kabel USB type C to USB type C untuk proses pengisian daya dan kabel data
  4. Adapter AC to DC
  5. SIM Card ejector
  6. Buku panduan dan kartu garansi
  7. Earphone standar

Desain

Dari sisi desain, Samsung Galaxy A71 Haze Crush Silver ini hampir tidak ada bedanya dengan Galaxy A51 dengan varian warna yang sama. Hanya saja, ukuran layar lebih besar. Samsung Galaxy A71 ini memiliki layar berukuran layar 6,7 inci. Namun, Galaxy A71 ini menggunakan tipe layar Super AMOLED Plus. Jenis layar ini memiliki ukuran yang sangat tipis. Oleh sebab itu, hal ini membuat ketebalan seluruh smartphone juga bertambah tipis. Padahal Galzxy A71 Haze Crush Silver ini memiliki kapasitas baterai besar, yaitu 4.500mAh

Kita bahas dulu bagian layar ini. Resolusi yang didukung layar Galaxy A71 ini adalah 2.400 x 1080 piksel Full HD+. Desain layar yang digunakan untuk smartphone ini adalah Inninty-O Display. Hal ini karena di bagian atas tersemat kamera depan yang tampil dengan model punch hole. Layarnya ini memiliki screen to body ratio sebesar 87,2%. Jadi, terlihat lega. Rasio layarnya sendiri adalah 20:9. Menariknya layar Super AMOLED Plus ini juga sudah dilindungi Cornng Gorilla Glass 3.

Sekarang beralih ke bagian kanan dan kiri. DI bagian kanan terdapat dua tombol fisik, yaitu volume dan power. Sama seperti Galaxy A51, posisi tombol volume ada di atas tombol power. Sementara di sisi kiri terdapat slot SIM Card. Galaxy A71 ini mengadopsi dual Micro SIM ditambah MicroSD. Keduanya memiliki slot tersendiri. Jadi, semua bisa diaktifkan secara bersamaan.

Di bagian bawah terdapat port USB type C untuk koneksi ke kabel charger atau kabel data. Sementara di sisi kanannya terdapat lubang speaker. Port audio 3,5mm terdapat di sisi satunya lagi. Terdapat juga lubang mikrofon diantara port USB type C dengan lubang speaker. Mikrofon ini juga terdapat di bagian atas smartphone.

Dimensi total dari Galaxy A71 haze Crush Silver ini adalah 163,6 x 76,0 x 7,7mm. Sementara bobotnya 179 gram. Beda sedikit dengan Galaxy A51 yang berbobot 172 gram. Padahal, Galaxy A71 memiliki baterai dan ukuran layar lebih besar. Dengan bobot yang ringan ini, Galaxy A71 dapat dioperasikan dengan nyaman. Namun, ukuran yang agak besar membuatnya agak sulit diletakkan di kantung baju atau celana, apalagi celana dengan tipe bahan Jeans.

Sama seperti produk Samsung lainnya. DI Galaxy A71 Haze Crush Silver ini, Samsung juga menyertakan soft case transparan untuk melindungi bodi smartphone dari kejadian tak terduga.

Fitur dan Performa

Samsung Galaxy A71 Haze Crush Silver ini mengusung OS Android 10 dengan user interface One UI 2.1. Tampilan One UI ini cukup sederhana dengan navigasi yang mudah. Bahkan, beberapa pengaturan untuk berbagai hal, seperti icon, animasi transisi, hingga tema, dapat dilakukan dengan sangat mudah. Cukup menekan home screen dalam waktu lama, Anda sudah dibawa ke pengaturan layar.

Ciri khas One UI adalah keberadaan halaman Samsung Daily. Fitur ini bisa diakses dari home screen dengan menggeser layar ke kanan. Di sana terdapat bermacam-macam informasi menarik, mulai dari kondisi cuaca terkini, hasil akhir klasemen olahraga, rekomendasi musik untuk Anda, rekomendasi Youtube, hingga tema-tema terbaru yang menarik untuk di-download.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Samsung menggunakan prosesor Snapdragon 730G yang mendukung dunia gaming. Prosesor ini dilengkapi dengan kartu grafis Adreno 618. Kekuatan prosesor dan kartu grafis ini masih ditambah dengan memori sebesar 8GB RAM. Dilihat dari spesifikasi ini saja, tentunya performa Galaxy A71 bisa diandalkan, baik untuk menemani aktivitas harian, bermedia sosial, menonton, hingga mendengarkan musik.

Untuk sisi kamera, Samsung menyematkan empat kamera belakang yang disusun dalam model “L”. Keempat kamera tersebut adalah kamera utama 64MP, kamera Ultra Wide 12MP, kamera Makro 5MP, dan kamera bokeh 5MP. Sementara kamera depannya juga tidak kalah menarik, karena memiliki resolusi 32MP.

Nah, di mode kamera ini, Samsung meng-upgrade fungsi kamera dengan penambahan Pro Mode. Ini berguna untuk para Anda yang gemar fotografi karena komposisi kamera bisa diatur sesuai keinginan meraka. Mulai dari ISO, kecepatan tombol shutter, fokus, white balance, hingga besara exposure kini bisa diatur dengan lebih mudah, mengikuti keinginan Anda. Hasil kamera pun bisa dioptimalkan.

Di sisi kamera ini, Samsung juga menambahkan mode kamera Single Take ke dalam Galaxy A71 Haze Crush Silver. Fitur ini biasanya ada di smartphone flagship dengan harga yang cukup mahal. Dengan Single Take, Anda cukup melakukan satu kali penekanan tombol shutter. Selanjutnya, smartphone akan mengambil beberapa gambar dan video, lalu menampilkannya kepada Anda. Jadi, dengan satu kali tekan shutter, Anda bisa mendapatkan banyak gambar.

Fitur lainnya yang ada di Galaxy A71 Haze Crush Sulver adalah Music Share dan Quick Share. Dengan Quick Share, Anda bisa saling share untuk melakukan koneksi wireless saat mendengarkan musik di perangkat audio yang terhubung dengan smartphone. Dengan cara ini, salah satu Anda tidak perlu melakukan unpair saat Anda Samsung lainnya ingin memutar playlist-nya di perangkat audio yang sama.

Sementara Quick Share sangat membantu Anda terutama dalam proses transfer dokumen, foto, hingga video. Proses transfer ini menggunakan fungsi Wi-Fi Direct yang ada di smartphone. Dengan demikian, proses transfer bisa lebih cepat. Fitur yang sebelumnya hanya ada di smartphone flagship ini kini masuk ke ekosistem A-Series, terutama di Galaxy A51 dan A71.

Selain fitur-fitur baru tadi, fitur lainnya juga tampil menarik dan menjadi pembeda dari smartphone sejenis lainnya. Salah satunya adalah NFC. Dengan fitur ini, Anda bisa memeriksa saldo kartu elektronik melalui smartphone. Mereka juga tidak perlu repot lagi pergi ke ATM atau minimarket untuk menambah saldo.

Untuk sisi hiburan, Samsung Galaxy A71 Haze Crush Silver, selain dibekali layar yang jernih dari Super AMOLED Plus, Anda juga dimanjakan dengan dukungan audio Dolby Atmos. Suara dari film bisa terdengar lebih heboh dan menggelegar dengan sistem audio ini. Anda seperti mendengarkan audio di dalam theater. Namun, ada baiknya gunakan headphone yang juga mendukung sistem audio ini agar suara bisa didengar dengan lebih optimal.

Urusan baterai, jangan khawatir dengan durasi pemakian smartphone. Baterai berkapasitas 4.500mAh dapat menemani Anda seharian penuh dalam mengoperasikan Galay A71 Haze Crush Silver ini. Apalagi baterai mendukung sistem pengisian cepat.

Untuk sisi keamanan, Samsung Knox tetap dibenamkan ke dalam smartphone ini. Samsung juga melengkapi sektor keamanan smartphone dengan face recognition dan Fingerprint. Keduanya bisa diakses dari menu settings. Fitur Fingerprint-nya sendiri sudah menggunakan teknologi On-Screen alias dilakukan di atas layar. Deteksi sidik jarinya kini juga cepat.

Untuk performa, kami mengujinya dengan tiga aplikasi benchmark berikut ini.

Kami juga melakukan ujicoba kamera dengan menjepret berbegai kejadian di sekitar. Berikut ini contohnya:

Spesifikasi

Samsung Galaxy A71 Haze Crush Silver memiliki spesifikasi lengkap sebagai berikut:

Kesimpulan

Adanya penambahan fitur Pro Mode dan fungsi sharing yang lebih mudah, menjadi daya tarik tersendiri. Ditunjang dengan ukuran memori besar, prosesor mumpuni, kapasitas storage yang luas, membuat Anda semakin nyaman dalam menggunakan Galaxy A71 Haze Crsuh Silver ini.

Masih menyinggung fitur Pro Mode, Anda bisa mengatur banyak detil untuk mengabadikan sebuah momen. Ini membuat hasil foto bisa sesuai keinginan. Tentunya akan berbeda jika hanya mengandalkan mode otomatis. Hanya dengan satu kali klik saja, Anda sudah bisa mendapatkan hasil kamera yang cukup banyak, mulai dari foto dengan keadaan biasa, monokrom, video pendek, boomerang, hingga fast forward video. Semua bisa dihasilkan dalam satu klik.

Fitur lainnya juga masih menjadi daya tarik tersendiri. NFC salah satunya. Fitur ini cukup bermanfaat bagi Anda yang sudah terbiasa dengan sistem transaksi non tunai. Mengisi dan memeriksa saldo menjadi lebih mudah. Cukup tempelkan kartu elektronik ke bagian belakang smartphone. Dengan fitur-fitur tadi, pantas menyebut Galaxy A71 Haze Crush Silver ini menjadi smartphone terbaik di lini A-Series yang ada saat ini.

Original Article