Resmi Muncul, Mazda 3 Turbo Bawa Gelegar 250 Tenaga Kuda

Resmi Muncul, Mazda 3 Turbo Bawa Gelegar 250 Tenaga Kuda

Shared by Autonetmagz.com for IIMS

AutonetMagz.com – Tunggu dulu, bukannya kemarin kami bilang bahwa Mazda 3 turbo punya 227 hp? Kenapa sekarang tahu-tahu jadi 250 hp di judul? Sabar, nanti akan dijelaskan, sebab kini Mazda sudah resmi merilis Mazda 3 bermesin 2.500 cc 4 silinder SkyActiv Turbo yang sama dengan Mazda CX-9. Pada Mazda 3 turbo spek Meksiko, mesin in menghasilkan 227 hp dan 420 Nm, tapi itu karena bensin Meksiko menggunakan bensin yang oktannya tidak tinggi-tinggi amat.

Jika diberikan bensin yang oktannya lebih tinggi lagi seperti yang tersedia di pasar Amerika Serikat, tenaga dan torsinya bisa mengalami lonjakan. Makanya, tenaga Mazda 3 turbo saat diberi bensin yang lebih bagus naik jadi 250 hp dan torsinya jadi 434 Nm, alias naik 23 hp dan 14 Nm. Sudah cukup besar, bahkan tidak malu-maluin untuk disandingkan dengan mobil mewah lain yang harganya bisa lebih mahal separuhnya atau bahkan 2 kali lipat.

Untuk penggemar transmisi manual, siap-siap gigit jari karena Mazda 3 turbo hanya tersedia dalam pilihan transmisi 6 percepatan otomatis. Ya, tidak ada manual. Sebenarnya sesuatu yang mengganjal bukan karena tidak ada manualnya, tapi karena transmisi 6 percepatan Mazda sudah mulai terasa agak lamban dibandingkan transmisi otomatis modern lainnya, khususnya transmisi ZF 8HP yang perpindahan giginya bisa lebih cepat, responsif dan halus.

Mazda juga hanya memberikan Mazda 3 turbo dengan penggerak AWD. Kami pernah mencoba mesin ini di CX-9 yang berpenggerak roda depan, dan mobil itu menghasilkan torque steer yang sangat terasa saat melakukan kickdown. Kasarnya, saat mobilnya dibejek, setirnya akan belok sendiri ke kiri atau kanan sendiri karena torsinya terlalu besar untuk mobil penggerak roda depan. Hadirnya penggerak AWD diharapkan bisa mengurangi gejala torque steer secara signifikan.

Kabar terbaru lain soal mobil ini adalah Mazda 3 turbo tersedia dalam bentuk hatchback maupun sedan. Pada Mazda 3 turbo Premium Plus, Mazda akan menambahkan duck tail spoiler (sedan) atau roof spoiler (hatchback), adaptive cruise control yang bisa membuat mobil jaga jarak dan memutar setir sendiri yang kini bisa dipakai saat macet-macetan dan rem otomatis saat mobil maju maupun mundur. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Original Article