Rayakan 5 Tahun Eksistensinya, CARRO Tawarkan Jual-Beli Mobil Bekas Berbasis Teknologi Digital

Rayakan 5 Tahun Eksistensinya, CARRO Tawarkan Jual-Beli Mobil Bekas Berbasis Teknologi Digital

Shared by Drivenhype.com for IIMS

CARRO menjadi pelopor transformasi teknologi digital penjualan mobil bekas secara ‘contactless’. Contoh fiturnya seperti perangkat lock/unlock melalui ponsel yang tersedia untuk mobil yang dijual, dan aplikasi revolusioner yang bebankan biaya premi asuransi mobil berdasarkan seberapa sering konsumen berkendara.

Drivenhype – Pada Kamis (15/10/2020), CARRO, portal jual beli mobil bekas terbesar di Asia Tenggara merayakan ulang tahunnya ke-5. Saat perdana muncul di Singapura pada 2015, CARRO hadir dengan modal awal USD 716.000 dan berintikan dua orang saja. Setahun kemudian, pendiri CARRO Aaron Tan, Aditya Lesmana, dan Kelvin Chng berhasil mengumpulkan dana Seri A sebesar US$5,3 juta dan meningkatkan transaksi perusahaan hingga US $100 juta.

Selama lima tahun terakhir, CARRO menuai banyak kesuksesan di segmen penjualan mobil bekas. Jumlah dan nilai transaksi penjualan terus alami peningkatan. Penjualan meningkat hingga lebih dari 300% hanya dalam tiga tahun sejak perusahaan diluncurkan. CARRO melakukan ekspansi dengan membuka kantor cabang di Thailand, Malaysia, dan Indonesia, dengan perekrutan lebih dari 500 karyawan.

Sejak awal berdiri, CARRO memiliki misi meningkatkan pertumbuhan industri otomotif khususnya pasar mobil bekas di Asia Tenggara. Melalui teknologi, CARRO menciptakan ekosistem saling melengkapi, antara lain showroom, institusi keuangan, hingga konsumen.

“Kami bersyukur CARRO dapat diterima baik. Hingga hari ini ribuan showroom telah bergabung menjadi pengguna aktif, dan CARRO berhasil memfasilitasi terciptanya lebih dari 4.000 transaksi setiap bulannya di pasar Singapura, Malaysia, Thailand dan Indonesia,” ucap Aditya Lesmana, Co-founder CARRO Indonesia.

Aditya Lesmana, Co-founder CARRO Indonesia

Di tengah pandemi Covid-19, CARRO terus berkembang berkat transformasi digital yang dilakukan melalui penerapan penjualan secara contactless. Solusi inovatif ini menjadi ciri CARRO dalam menghadapi tantangan dan kompetisi, serta memudahkan konsumen membeli mobil bekas dengan aman dan nyaman, langsung dari rumah mereka atau melalui aplikasi Tokopedia.

Konsumen dapat melakukan test drive dan membeli mobil secara online tanpa harus melakukan kontak fisik atau bertemu secara langsung dengan penjual. Mereka hanya perlu memilih kendaraan sesuai dengan keinginan, dan CARRO akan mengirimkan mobil langsung ke rumah konsumen.

Inovasi teknologi dan solusi terdepan yang ditawarkan tersebut, membuat CARRO menjadi perusahaan pasar mobil terbesar di kawasan Asia Tenggara dengan transaksi lebih dari US $1 miliar pada 2019, dan satu-satunya portal jual beli mobil bekas berbasis teknologi. Salah satu pencapaian terbesar CARRO adalah peluncuran Automall, showroom mobil bekas bersertifikat terbesar di Indonesia.

Kini terdapat 250 mobil di Automall dapat diperiksa tanpa sentuhan, karena setiap mobil dilengkapi kode QR yang menunjukkan semua informasi kendaraan baik kondisi, fitur, riwayat lengkap, hingga informasi harga dan opsi pembayaran yang sepenuhnya dapat diakses langsung oleh konsumen secara online.

Dalam mencapai sukses tersebut, CARRO mengedepankan standar 5S yakni: safety, savings, standardization, super quality, dan style. Setiap mobil yang dijual harus memenuhi persyaratan ketat CARRO. Di mana mobil tersebut harus melewati 150 titik inspeksi.

Semua mobil yang dijual juga di jamin bebas banjir, bebas kecelakaan, bukan mobil curian, tidak ada kerusakan akibat air atau api, odometer asli, dilengkapi riwayat servis, serta dokumen dan surat-surat lengkap. Hal ini sebagai bukti komitmen CARRO terhadap konsumennya atas kejelasan informasi, transparansi, dan kecepatan mendapat mobil bekas bersertifikat dan berkualitas.

Konsumen CARRO juga dapat menikmati skema eksklusif di mana mereka dapat mengakses layanan purna jual seperti garansi mesin dan transmisi selama 90 hari. Ditambah asuransi 1 tahun, serta kebijakan pengembalian uang 7 hari dan 1 tahun buy-back warranty jika konsumen berencana melakukan upgrade mobil yang sudah dibeli melalui CARRO dengan stok terkini di tahun berikutnya. CARRO juga mengutamakan keamanan dan memungkinkan konsumen membeli asuransi digital melalui platform CARRO.

Dalam rangka merayakan hari jadinya yang ke-5, CARRO meluncurkan fitur baru yang terpasang pada semua mobil bekas di CARRO. Perangkat lock dan unlock jarak jauh inovatif ini, memungkinkan konsumen mengunci dan membuka pintu mobil, bahkan mobil segmen terendah sekalipun, hanya satu ketukan pada aplikasi, sehingga memberi kemudahan akses bagi konsumen.

CARRO juga akan semakin meningkatkan penggunaan teknologi, salah satunya dengan memulai untuk menguji coba aplikasi revolusioner yang membebankan biaya premi asuransi mobil berdasarkan pada seberapa sering konsumen berkendara.

“Pertumbuhan CARRO adalah bukti positif penggabungan teknologi dan sentrisitas konsumen yang menjadi prinsip dasar kami. Dalam lima tahun ini, kami berfokus memastikan konsumen mendapat apa yang mereka butuhkan tanpa harus melalui kesulitan yang biasa dialami saat membeli mobil baru atau bekas. Saat mobil semakin digital, begitu juga perusahaan mobil dan pasarnya. Teknologi adalah masa depan,” imbuh Aditya Lesmana, Co-founder CARRO.

Sebagai rencana kedepan, CARRO bertujuan tumbuh lebih besar dengan memperluas pasar ke seluruh negara di Asia Tenggara, dan membuka setidaknya 10 lagi Automall yang tersebar di pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

Original Article