Produksi Perdana Honda Brio untuk Pasar Ekspor Dimulai

Produksi Perdana Honda Brio untuk Pasar Ekspor Dimulai

[stm_post_title][stm_post_image][stm_post_info]

KARAWANG – PT Honda Prospect Motor (HPM) merayakan hari jadinya ke-20 dengan menggelar seremoni produksi perdana All New Honda Brio untuk pasar ekspor.

Acara seremonial tersebut berlangsung di pabrik HPM, Karawang dan dihadiri langsung oleh Airlangga Hartarto Menteri Perindustrian, Masafumi Ishii Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masayuki Igarashi, Chief Officer for Regional Operations Asia & Oceania, Honda Motor Co.Ltd. sekaligus President and CEO Asian Honda Motor Co., Ltd. Takehiro Watanabe selaku President Director PT Honda Prospect Motor.

Produksi perdana Honda Brio sendiri ditargetkan untuk memenuhi pasar ekspor yang kini tengah digenjot pemerintah, turut membuka langkah Honda untuk melakukan ekspor Honda Brio yang perdana diproduksi khusus untuk pasar luar negeri.

Namun langkah ini bukanlah hal baru bagi PT HPM yang saat ini tengah memperingati hari jadinya ke-20 di Indonesia.

HPM memulai produksi mobil pertamanya pada tahun 2003 setelah mendirikan pabrik di Karawang. Untuk memenuhi permintaan produk Honda yang meningkat di Indonesia, HPM mendirikan pabrik keduanya pada tahun 2012 yang mampu meningkatkan kapasitas produksi menjadi 200.000 unit per tahun.

Saat ini, pabrik HPM memproduksi Honda Brio, Honda Mobilio, Honda BR-V, Honda Jazz, Honda HR-V dan Honda CR-V. Dari tahun ke tahun, HPM juga telah meningkatkan kandungan lokal pada produksinya hingga mencapai 89% pada 2019.

Produksi mobil dari dua fasilitas pabrik Honda tersebut tak hanya memenuhi kebutuhan pasar tanah air saja, melainkan telah memproduksi untuk kebutuhan pasar ekspor ke berbagai negara. Ekspor komponen mobil pertama kali dilakukan melalui PT Prospect Motor sebagai distributor Honda pada tahun 1992 menuju Jepang, Thailand, Malaysia, India, Pakistan, Filipina, Vietnam, Brazil, Argentina, Meksiko dan Taiwan.

Pada 2009, setelah Honda Motor Co., Ltd dan PT Prospect Motor bergabung menjadi PT HPM yang kemudian memulai ekspor mobil secara utuh (Completely Built Up / CBU) dengan model Honda Freed ke Singapura, Malaysia, Thailand dan Brunei Darussalam. Pada tahun 2019, HPM akan memulai ekspor All New Honda Brio secara utuh ke konsumen di Filipina dan Vietnam, ditandai dengan pelepasan produksi pertama yang dilakukan bersamaan dengan seremoni perayaan ulang tahun HPM ke-20.

Saksikan jajaran produk Honda terbaru di ajang Indonesia International Motor Show yang akan berlangsung pada 25 April hingga 5 Mei 2019 di Ji-Expo Jakarta.

[stm_sidebar sidebar=”651″]