PPKS Lakukan Uji Jalan Mobil Diesel Gunakan B50

PPKS Lakukan Uji Jalan Mobil Diesel Gunakan B50

[stm_post_title][stm_post_image][stm_post_info]

JAKARTA – Bahan bakar biodisel atau dikenal awal dengan B20 yakni bahan bakar yang memiliki kandungan minyak sawit sebesar 20 persen sebelum diluncurkan pemerintah, tentunya telah melewati masa pengujian.

Lembaga Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) sejak 1990 telah melakukan produksi dan penelitian terhadap biodisel dalam skala laboratorium, hingga pada 2004 pabrik pengolahan mini dengan kapasitas 3 ton biodisel didirkan PPKS. Tak hanya memproduksi biodisel dengan skala kecil, PPKS juga telah melakukan uji jalan kendaraan diesel menggunakan bahan bakar biodisel.

Uji jalan kendaraan tersebut dilakukan dari Medan-Jakarta dan kembali ke Medan dengan menggunakan bahan bakar B10 yaitu uji jalan dari Medan-Jakarta-Medan dengan menggunakan dua jenis kendaraan niaga dan penumpang yang dilakukan pada 2005.

Pengujian lain juga dilakukan secara simultan dimana pada 2007, bahan bakar B10 kembali di uji menggunakan kendaraan penumpang dengan mesin tipe common rail.

menggunakan B10 untuk kendaraan niaga dan penumpang pada 2005. Uji jalan juga dilakukan pada 2007 sejauh 20.000 km dengan menggunakan B10 pada kendaraan penumpang bertipe mesin common rail.

Meningkat dari hasil pengujian yang telah dilakukan, PPKS tahun lalu kembali melakukan pengujian diantaranya dengan menghadirkan kandungan minyak kelapa lebih besar atau dikenal dengan B50. Pengujian dilakukan

Parameter uji jalan terhadap campuran biodiesel B50 meliputi konsumsi bahan bakar, dyno test, emisi gas buang, analisa terhadap tekanan injektor ruang bakar dan uji di dataran tinggi yang memiliki temperatur rendah.

Berdasarkan hasil test di laboratorium terhadap produk biodiesel PPKS, produk tersebut sudah memenuhi SNI No. 7182 tahun 2015, di antaranya adalah kandungan methyl ester mencapai 99% (SNI min.96,5%).

PPKS akan hadir di pameran Telkomsel Indonesia International Motor Show yang akan berlangsung pada 25 April hingga 5 Mei 2019 di Ji-Expo Jakarta.

[stm_sidebar sidebar=”651″]
[stm_post_title][stm_post_image][stm_post_info]

Indonesianmotorshow.com – simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry’s standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book. It has survived not only five centuries, but also the leap into electronic typesetting, remaining essentially unchanged. It was popularised in the 1960s with the release of Letraset sheets containing Lorem Ipsum passages, and more recently with desktop publishing software like Aldus PageMaker including versions of Lorem Ipsum.

[stm_sidebar sidebar=”651″]