Peugeot Rancang Mobil Balap Hybrid Tercepat di Le Mans

Peugeot Rancang Mobil Balap Hybrid Tercepat di Le Mans

Shared by Dapurpacu.id for IIMS

DAPURPACU – Tidak bisa dipungkiri, ajang balap ketahanan mobil 24 jam, Le Mans terus dibidik para pabrikan dalam merancang sebuah kendaraan yang mumpuni, handal namun tetap kencang kala dibutuhkan.

Konsep inilah yang kini tengah dikembangkan oleh Peugeot Global bersama Total untuk membangun mobil yang tidak hanya nyaman, namun juga ‘super kencang (hypercar)’ di 24 hours Le Mans.

Sebagai salah satu peserta ajang balap tersebut, Peugeot dan Total secara resmi mengumumkan proyek Le Mans Hypercar (LMH), di mana untuk musim ini dimasukkan kategori baru yakni mobil hybrid yang akan berlaga.

Para kontestan mengusung teknologi dan akan memperlombakan mobil ‘hypercar’ bermesin hybrid, yang akan diuji ketahananya selama 24 jam nonstop berpacu dalam sirkuit.

Jean Philippe Imparato, CEO Peugeot mengakui bahwa ajang balap Le Mans merupakan kompetisi mobil paling sakral di dunia otomotif hingga sekarang ini. Dan saat ini, tim Peugeot mampu meraih tiga kemenangannya.

“Kemenangan ini menjadi jawaban dari keringat, air mata, dan kebahagiaan dalam semangat tim yang kami bangun bersama dengan Total, yang telah berkolaborasi selama 25 tahun,” ujar Imparato.

Pilihan kategori Hypercar (LMH) memberikan kebebasan bentuk aerodinamika mobil. Dengan dukungan Peugeot Design, Peugeot telah berhasil membangun sketsa dan konsep pertama dari desain Hypercar dari sisi dimensinya.

Dengan konfigurasi mesin reguler dan listrik, mahakarya electric hybrid hypercar Peugeot ini diklaim menghasilkan tenaga 500 kw (667 hp) berpenggerak 4 roda.

Ini semua didapat berdasarkan berbagai fase studi untuk struktur kendaraan, konsep aerodinamis, pilihan arsitektur mesin, hingga keputusan final untuk menentukan kerangka elektrikal yang diaplikasikan dan konsep sistem traksi hybrid.

Dalam urusan ini, seluruh teknisi dari departemen Peugeot Sport terlibat langsung dalam pengembangannya. Keputusan untuk membangun hypercar ini menjadi jawaban atas kendaraan elektrifikasi.

Imparato menambahkan pihaknya kembali ke ajang ini karena ingin menunjukkan pengembangan dunia balap dengan cara yang berbeda, yaitu kendaraan hybrid.

“Peugeot Sport mampu merubah identitasnya dan meluncurkan label kendaraan performa tinggi yang terelektrifikasi,” pungkasnya. [dp/MTH]

Original Article