Perpres Selesai 5 Maret, Indonesia Siap Masuki Era Mobil Listrik

Perpres Selesai 5 Maret, Indonesia Siap Masuki Era Mobil Listrik

[stm_post_title][stm_post_image][stm_post_info]

JAKARTA – Indonesia akan segera memulai tren mobil listrik mengikuti beberapa negara dunia yang warganya telah banyak menggunakan mobil ramah lingkungan.

Indonesia sendiri akan memulai era mobil listrik dalam waktu dekat, dimana Perpres terkait mobil listrik diperkirakan akan selesai pada 5 Maret 2019. Hal tersebut diungkap langsung Luhut Binsar Panjaitan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman yang telah mengumpulkan beberapa menteri untuk mempercepat realisasi penerbitan aturan mobil listrik.

“Jadi kita bahas masih ada beberapa teknis tadi, masalah Perpres. Tadi masalah wording-wording aja, Kalimat-kalimatnya yang ada pasal ini, pasal itu yang masih kontradiktif,” kata Luhut di kantor Kemenko Kemaritiman, Jakarta beberapa waktu lalu.

Luhut menargetkan draf Perpres mobil listrik akan rampung pada 5 Maret 2019 mendatang. Setelah dimatangkan bersama sejumlah K/L, draf aturan tersebut segera diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Nanti tanggal 5 (Maret) kita finalkan di sini. (Kemudian) dicek lagi, sesudah itu baru diberikan ke Presiden,” ujarnya.

Produsen automotif nasional sendiri mengaku telah siap dengan teknologi mobil listrik untuk masuk ke Indonesia, namun banyak produsen yang masih menunggu draft Perpres mobil listrik yang tengah dibuat pemerintah.

Hadirnya mobil listrik selain akan meningkatkan posisi Indonesia di industri automotif International, mengingat pemerintah terus mendorong produk eksport ke banyak negara. Selain itu kehadiran mobil listrik juga diklaim mampu menghemat devisa hingga Rp 798 triliun.

[stm_sidebar sidebar=”651″]