Penjualan EV Lampaui Diesel Di Eropa, Rekor Nih!

Penjualan EV Lampaui Diesel Di Eropa, Rekor Nih!

Shared by Autonetmagz.com for IIMS

AutonetMagz.com Tahun 2020 telah menjadi tahun yang penuh gejolak bagi pasar mobil secara global, khususnya di Eropa. Dimana penjualan mobil baru turun 29% selama sembilan bulan pertama tahun ini, menjadi 8,54 juta unit. Namun dari turunnya penjualan mobil baru tersebut, mobil bermesin diesel lah yang mengalami pukulan telak dengan hanya menyumbang 24,8 persen dari pangsa pasar pada September. Menariknya, malah penjualan electric vehicle (EV) pertama kalinya lebih baik ketimbang penjualan mobil bermesin diesel, yang selama ini adalah pemain dominan di pasar otomotif Eropa.

Yap, jelas ini merupakan tanda-tanda bahwa Eropa sudah siap untuk berevolusi ke mobil listrik. Menurut data angka JATO pada September 2020, bisa dikatakan revolusi ini sudah dimulai. Dimana data JATO Dynamic untuk 27 pasar di Eropa, menunjukkan bahwa jumlah total mobil berlistrik yang terdaftar pada bulan September (meliputi pure-electric, plug-in hybrid, full hybrid, dan mild hybrid) lebih tinggi daripada jumlah mobil diesel. Akhirnya peralihan dari mesin pembakaran internal, atau disebut sebagai Internal Combustion Engine (ICE) ke EV, sudah terjadi. Ini menandakan perubahan yang signifikan.

EV mencatatkan rekor baik, dengan adanya peningkatan sebesar 139% menjadi 327.800 unit. Hal tersebut membuat EV pertama kalinya menembus angka 300.000 unit dalam sebulan, dan ini adalah kali kedua permintaan EV meningkat lebih dari 20%. Sementara di saat yang sama, permintaan mobil bensin dan diesel sendiri menunjukkan penurunan dua digit dibandingkan dengan September 2019. Dengan pangsa pasar diesel mencatat rekor terendah, hanya 24,8% di bulan September tahun ini. Padahal tepat satu dekade yang lalu, mobil diesel mencatatkan permintaan hingga 50%, sedangkan pangsa pasar untuk EV hanya di bawah 1%.

Jika dilihat secara keseluruhan dalam penjualan terbaik Eropa bulan lalu, Volkswagen Golf memimpin dengan 28.731 unit, diikuti oleh Opel / Vauxhall Corsa dengan 26.269 unit dan Renault Clio dengan 23.986 unit. Untuk segmen hybrid dan mild hybrid, Toyota Corolla mengisi podium pertama dengan mencatatkan 15.093 unit, kemudian Ford Puma dengan 12.251 unit dan Toyota C-HR 11.991 unit. Dalam urutan plug-in hybrid, Mercedes-Benz A-Class yang paling populer dengan 4.782 unit, Volvo XC40 4.036 unit dan Audi Q5 dengan 2.998 unit. Terakhir, untuk si raja mobil listrik jatuh kepada Tesla Model 3 dengan total 15.702 unit, disusul Renault Zoe dengan 11.023 unit dan Volkswagen ID.3 dengan 7.897 unit.

Apa pendapat kalian? Sampaikan di kolom komentar!

Original Article