Pembeda Warna Solid dan Metalik pada Cat Semprot dan Aplikasinya

Pembeda Warna Solid dan Metalik pada Cat Semprot dan Aplikasinya

Shared by Naikmotor.com for IIMS

NaikMotor – Demi menjawab rasa kepo Ditoners, Diton Premium membeberkan beda antara cat warna solid dan metalik. Apasih bedanya? Dan apakah cara pengecatannya berbeda?

PT Difan Prima Paint produsen cat semprot khusus sepeda motor Diton Premium, menjelaskan beda antara warna solid dan metalik terdapat pada efek glitternya. Pada warna metallic, ada efek glitter di dalamnya, sementara untuk warna solid tidak memiliki efek apapun.

Diton Fortune Blue (solid).

Untuk pengecatannya, overall tidak berbeda jauh, namun harus diperhatikan pemilihan warna primer dan finishing-nya. Diton juga memberikan tips atau tutorial cara mengecat media agar warna keluar dengan maksimal.

Diton Piaggio Blue (metallic).

Berikut ini cara pewarnaan media dengan menggunakan cat semprot Diton Premium yang tidak jauh bede antara warna solid maupun metallic:

  • Tutorial pengecatan warna solid (Fortune Blue 9421)
  1. Cat media dengan warna dasar Putih 9102/9103 sebelum dicat dengan warna solid pilihan, karena warna dasar sangat berpengaruh untuk hasil akhir warna
  2. Sebelum pengecatan warna-warna solid, wajib menggunakan warna dasar putih karena jika menimpa warna epoksi, maka warna yang dihasilkan akan jadi lebih gelap
  3. Tunggu kering sekitar 5 menit
  4. Hasil cat di-finishing dengan clear glossy
  • Tutorial pengecatan warna metalik (Piaggio Blue 9185)
  1. Amplas medianya terlebih dahulu, bersihkan dari kotoran dan debu agar permukaannya rata dan halus.
  2. Aplikasikan warna epoksi 9120 Primer Grey dari Diton Premium
  3. Untuk pengecatan Diton Premium seri metalik, warna dasar yang harus diaplikasikan adalah Silver atau Silver Metallic. Teruntuk warna Piaggio Blue yang memiliki unsur metalik, akan lebih baik jika menggunakan Silver Metallic sebagai warna dasarnya agar warna metaliknya lebih terangkat
  4. Tunggu sekitar 5 menit
  5. Lakukan finishing dengan yang Clear 9128

Diton Premium sendiri juga menyediakan 3 pilihan cat semprot Clear, yaitu Clear Glossy, Semi Doff dan Doff. (Litha/Prob/NM)

The post Pembeda Warna Solid dan Metalik pada Cat Semprot dan Aplikasinya appeared first on Naik Motor | Jurnal Pengendara Motor.